Game terbaru dari Sucker Punck Production, Ghost of Tsushima, menghadirkan nuansa Jepang kuno kepada para pemain, tepatnya pada 1274 ketika bangsa Mongolia menginvasi Jepang. Sebagai seorang samurai terakhir di pulau Tsushima, Jin Sakai, memiliki misi untuk mengusir kaum Mongol dan menyelamatkan wilayahnya dari para penjajah. Dengan Menguasai kemampuan berpedang dan bagaimana untuk “menghilang” Jin meneruskan titel sebagai Ghost of Tsushima.

Ghost of Tsushima membawa para pemain untuk menjelajahi wilayah pulau Tsushima, tapi seiring dengan banyaknya misi baru, hal itu akan membuat para pemain kesulitan. Masing-masing musuh baru, membutuhkan teknik yang berbeda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Geeks memenangkan pertempuran.

Jelajahi Pulau Tsushima

Game ini sangat menitik beratkan pemain untuk mengeksplor wilayah Tsushima, dan bagaimana mereka akan mengeksusi misi mereka. Apakah akan terburu-buru, yang dibarengi dengan resikonya, atau bersabar dan mengedepankan elemen stealth atau senyap. Meskipun ada banyak misi sampingan yang bisa dipilih, kalian tidak perlu mengambil misi tersebut.

Cukup dengan berjalan-jalan dan mengeksplorasi berbagai peta baru akan membuat kekuatan Jin bertambah. Hal ini juga akan membuat Jin menghindari musuh dengan mudah. Pemandian air panas bisa menambah health kita dan kuil memberikan jimat perlindungan yang meningkatkan kemampuan kita.

Sama seperti game bertema oper-world lainnya, peta di game ini akan tertutup di awal gamenya. Tapi, ada beberapa cara untuk membuka wilayah tersebut. pertama adalah dengan menggunakan Traveler’s Attire yang diberikan oleh pedagang di Survivor Camp di bukit Jade (Jade Hills). Hal itu akan membuka 10% dari seluruh peta. Semakin kita mengeskplor dan mendekati sebuah rahasia, controller kita akan bergetar.

Melakukan peningkatan atas pakaian yang digunakan akan membuka 30% dari keseluruhan perta. Membebaskan kota yang dikuasai Mongolia dan menghancurkan benteng-benteng pertahanan mereka dari dalam menjadi cara lain untuk mengeksplor peta. Ini akan menjadi sesuatu yang berguna bagi para pemain dalam menaklukan misi.

Tingkatkan Kemampuan Stealth

Di awal permainan, Jin merupakan seorang samurai yang sangat bergantung kepada kemampuan berpedangnya, tanpa memperdulikan bagaimana caranya untuk menyerang secara senyap. Tapi, seiring berjalannya misi Jin akan mendapatkan kemampuan stealth yang bisa digunakan untuk menyerang musuh dari kegelapan dan menakut-nakuti musuh dengan menjadi Ghost of Tsushima. Bom asap dan kunai dipergunakan dalam kemampuan ini.

Meskipun pertarungan pedang menjadi bagian terbesar dari gamenya, para pemain juga dituntut untuk bijak dalam menggunakan kemampuan ninja dari Jin. Menggunakan teknik senyap sebelum masuk dalam area pertempuran akan mempengaruhi hidup dan mati. Mengendap-endap ke dalam benteng dan menghabisi mereka dari belakang, menjadi hal yang disarankan.

Jangan Lupa Untuk Mengubah Stances

Ada empat Stance yang bisa dikuasai oleh para pemain, pertama adalah Stone stance. Stone Stance merupakan pedang biasa yang digunakan di awal pemainan dan memiliki kelebihan ketika menghadapi musuh yang menggunakan pedang. Tapi, setiap kali kita berhasil mengalahkan para pemimpin pasukan Mongolia dan berhasil mengobservasi musuh, kita mendapatkan kesempatan untuk meraih Stance lainnya.

Pertama adalah Water Stance, dimana ketika para pemain menggunakan Stance ini kita bisa menghadapi musuh yang menggunakan tameng. Stance ini mempermudah kita untuk menghancurkan pertahanan mereka. Kemudian ada Wind Stance, dimana dengan menggunakan Stance ini kita bisa dengan mudah menghadapi musuh yang menggunakan tombak.

Terakhir adalah Moo Stance, dimana Stance ini memberikan kekuatan yang sangat luar biasa kepada Jin untuk bisa menghadapi musuh  yang memiliki brute force atau kekuatan fisik yang dahsyat. Dengan menguasai keempat Stances ini. tentunya akan mempermudah kita untuk menghadapi musuh.

Gunakan Pakaian Yang Tepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ghost of Tsushima memberikan kebebasan para pemain untuk bereksplorasi dan menentukan sendiri bagaimana cara untuk menyelesaikan misi. Meskipun setiap pemain memiliki gaya bertarung masing-masing, tapi ada baiknya jika pemain memanfaatkan pakian yang telat disediakan.

Misalnya Traveler’s Attire memberikan Jin gambaran peta yang lebih luas, kemudian Ronin Attire membuat Jin sulit untuk dideteksi musuh, dan Samurai Clan Armor memberikan perlindungan lebih dari damage yang diderita oleh Jin. Geeks bisa menggunakan strategi untuk menggunakan Traveler’s Attire untuk masuk ke dalam benteng musuh, dan kemudian menggantinya dengan Ronin Attire untuk merangsek ke dalam, dan menggantinya dengan Samurai Clan Armor.

Tapi, tentunya Ghost of Tsushima tidak hanya menyuguhkan empat outfit itu saja. Karena, game ini menyediakan banyak outfit yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan dan gaya bermain para pemainnya.