Franchise Power Rangers dipenuhi oleh berbagai villain yang sangat memorable, selain para Ranger yang terlibat dalam ceritanya. Meskipun begitu, tidak banyak karakter villain yang mendapakan cerita mendalamseperti halnya Kita. Kiya sang Omega Ranger merupakan salah satu karakter baru di franchise Power Rangers.

Kiya pertama kali muncul sebagai salah satu dari Omega Rangers dan merupakan teman bagi beberapa Rangers lainnya. Tapi, trauma masa lalu akhirnya membuat Kiya memilih jalan yang salah dimana dia sekarang menjadi pengkhianat para Ranger, mirip seperti cerita Tommy Oliver. Berikut berbagai hal yang perlu diketahui dari Kiya.

Siapa Kiya?

Kiya pada awalnya merpakan seorang remaja putri alien yang harus mengalami banyak kehidupan menyedihkan dalam hidupnya. Kiya tinggal bersama keluarganya di planet Khoojdah. Tapi, dengan adanya restrukturisasi universe akibat peristiwa “Shattered Universe” membuat Kira dan ratusan karakter lainnya di seluruh galaksi kini memiliki sebuah kekuatan super, yang terhubung dengan Morphin Grid.

Energi listri yang keluar dari tubuhnya terbukti sangat berbahaya, dimana Kiya membuat seluruh hal yang ada di sekelilingnya beruba menjadi abu – termasuk keluarganya. Dianggap monster, Kiya kemudian pergi dari tempat tinggalnya karena dia selalu diburu. Sampai akhirnya dia kemudian menjadi bagian dari Omega Rangers yang dibentuk oleh sosok misterius, Blue Emissary.

Tidak butuh waktu lama bagi Kiya untuk berteman dengan para Omega Rangers, terutama Trini. Tapi, setelah Kiya ikut membantu menyelamatkan Mighty Morphin Power Rangers dan membantu membebaskan Zed, dia begitu ketakutan ketika melihat Tommy Oliver sebagai Ranger Putih. Karena memiliki kenangan yang sama dengan Jason, Kiya kemudian teringat dengan sosok Lord Drakkon – sosok alternatif dari Tommy yang hampir menghancurkan seluruh universe.

Kiya kemudian menyerang Tommy, tapi berhasil ditahan oleh rekan sesama Omega Rangers sambil juga menjelaskan bahwa mereka membutuhkan Tommy untuk tetap hidup dan Tommy memiliki peluang untuk bisa berubah menjadi lebih baik. Bukannya menenangkan, penjelasan itu justru membuat Kiya marah dan akhirnya menyerangnya sendiri.

Setelah berhasil membunuh Blue Emissary, Kiya kemudian membebaskan Garrison Vox dan Cavorus – makhluk kuang yang memiliki kemampuan yang sama dengan Kiya – dan bertujuan untuk membangun organisasi yang menjadi saingan bagi Power Rangers. Kelompok ini kemudian bernama Anointed, dan perlahan tapi pasti mereka mulai membangun pasukan mereka sendiri dengan merekrut berbagai orang yang memiliki kekuatan super.

Tujuannya dari Anointed hanyalah satu, menghancurkan Power Rangers untuk selama-lamanya. Power Rangers yang dibantu oleh Solar Rangers akhirnya berhasil mengalahkan Anointed, dan menghancurkan kekuatan mereka. Dalam momen terakhir, kiya harus menghadapi sahabatnya sendiri yaitu Trini. Namun, Kiya harus mengakui keunggulan Trini dan harus dikurung di penjara yang sama dengan Garrison Vox.

Sang Ranger Biru

Setelah mendapatkan kekuatan super, Kiya kemudian bergabung dengan tim Omega Rangers. Dan di tim tersebut. Kita menjadi Omega Ranger Blue yang memiliki elemen air. Karena hal inilah, senjata andalan yang digunakan oleh Kiya saat menghadapi musuhnya berjenid tombak bermata tiga alias trident, yang bernama Omega Trident. Dan sama seperti Rangers lainnya, Kiya juga memiliki robot atau Zords yang bernama Blue Omega Zord.

Musuh Para Ranger yang Paling Kompleks

Kebanyakan para villain dalam franchise Power Rangers adalah monster yang mencoba untuk mengambil alih galaksi, termasuk planet Bumi. Namun, dalam komik Power Rangers produksi BOOM! Studios menambahkan berbagai elemen lainnya yang membuat cerita para villain semakin dalam (contohnya adalah Rita Repulsa). Tapi, Kiya berbeda. Dia merupakan sosok yang luar biasa sebagai seorang villain.

Di awal serinya Kiya diperlihatkan sebagai sekutu bagi para Rangers, korban dari keadaan yang memaksanya untuk kemudian menjalani hidup sebagai salah seorang Ranger. Tapi, perlahan Kita memahami betapa berbahayanya para Ranger jika mereka melepaskan potensi terbesarnya. Contohnya adalah Lord Drakkon, yang hampir membuat seluruh universe Power Rangers hancur.

Kiya melihat dirinya sendiri dan Anointed sebagai ‘lawan’ dari para Rangers. Anointed menyadari bahwa para Rangers merupakan kelompok yang rela melakukan apapun untuk tujuan mereka, dan hal itu membahayakan seluruh galaksi. Namun, dibandingkan dengan ikut memiliki keinginan untuk menguasai dunia, Kiya justru menambahkan ironi dengan melakukan hal jahat yang dia anggap sebagai tindakan kepahlawanan.

Saat ini Kiya masih dalam tahanan, dan bisa dipastikan Kiya memiliki rencana untuk membalas dendam atas apa yang dilakukan oleh Para Rangers kepadanya. Hal ini tentunya membuat karakter Kiya menjadi sosok yang lebih kompleks dan lebih menarik.