Meskipun sempat menuai kegagalan di beberapa tahun kemarin, DC Film mulai kembali bangkit dengan berbagai fim mereka seperti Aquaman dan Wonder Woman. Hal itu membuat pihak WB dan DC Film kembali optimis dengan berbagai proyek mereka. Salah satu proyek film yang masuk daftar kerja mereka adalah Black Adam, film sekuel dan prekuel dari Shazam! yang akan dibintangi oleh Dwayne Johnson.

Berdasarkan laporan yang beredar, film ini dikabarkan akan menghadirkan salah satu kelompok tertua di DC Universe, yaitu Justice Society of America. Kelompok ini menjadi wadah bagi Black Adam pasca event Crisis. Selain Black Adam, sosok anggota JSA yang dikabarkan akan muncul di filmnya adalah Atom Smasher. Siapa sebenarnya Atom Smasher? Berikut penjelasannya.

Keluarga Atom

Diciptakan oleh Roy Thomas, Jerry Ordway, dan Mike Machlan, Albert Rothstein pertama kali muncul dalam komik All-Star Squadron #25 pada 1983. Albert merupakan anggota dari kelompok Infinity,Inc., yang merupakan bagian kelompok penting bagi Justice Society sama halnya seperti Teen Titans bagi Justice League. Keluarga Atom merupakan salah satu keluarga lintas generasi di Justice Society.

Rothstein merupakan anak kesayangan dari Golden Age Atom Al Pratt dan cucu dari sosok villain bernama Cylotron. Sebebelum menggunakan nama Atom Smasher, dia menggunakan nama julukan Nuklon. Rothstein memiliki kemampuan untuk memanipulasi kepadatan atom, merubah ukurannya dan kekuatannya. Meskipun ada darah kriminal dalam keluaranya dan juga sering dirundung di sekolah, Al Pratt memiliki rasa hormat terhadap Justice Society.

Nuklon sempat menjadi bagian dari Justice League sebelum kemudian tim ini mendapatkan “perombakan” oleh Grant Morrison pada 90an, yang mengakibatkan Nuklon keluar dari tim ini. Tapi, dia kemudian bergabung dengan Justice Society yang baru, dimana dia mengganti nama Nuklon. Dengan menggunakan kostum baru yang mengkombinasikan keluarga Atom dari Golden Age dan Silver Age, Alberth Rothstein kemudian menggunakan nama Atom Smasher.

Black Atom

Atom Smasher dulunya sempat menjalin pertemanan dengan sosok pahlawan lainnya Damage, dan sempat menjalin hubungan romantis dengan Stargirl meskipun hanya bertepuk sebelah tangan. Namun, masa-masa indah tersebut harus berakhir ketika ibu dari Al mengalami kecelakaan pesawat dan meninggal. Al kemudian mengetahui bahwa peristiwa tersebut merupakan skenario yang dibangun oleh seorang kelompok teroris bernama Kobra.

Albert yang marah kemudian menghabisi nyawa dari sang supervillain, Extant. Dan hal mengerikan yang dilakukan oleh Atom Smasher semakin menjadi-jadi ketika musuh dari Shazam, Black Adam, bergabung dengan JSA. Atom Smasher dan Black Adam kemudian menjadi persahabatan yang mendalam. Mereka sama-sama memiliki visi yang sejalan, mengenai aturan JSA terhadap para villain.

Keduanya kemudian pergi dari JSA dan membentuk tim sendiri, dengan menerapkan kekuatan penuh terhadap siapapun yang menghalangi jalan mereka. Hubungan persahabatan yang mendalam dari keduanya membuat Black Adam kemudian menghancurkan Kobra untuk al, sedangkan Al sendiri membunuh sosok diktator di Khandaq.

Pada akhirnya Atom Smasher kembali ke JSA tapi hubungan pertemanannya dengan Black Adam tidak lagi seperti tahulu dimana Al mencoba untuk tidak terjebak dengan cara mengerikan yang dilakukan oleh Black Adam. Al kemudian menjadi orang terdepat yang menghadapi Black Adam mewakili JSA, contohnya dalam cerita World War III dimana Al kalah.

Atom Smasher merupakan orang yang pada akhirnya berhasil meyakinkan Black Adam untuk mengembalikan kekuatannya kepada Shazam. Dan sejak saat itu, Atom Smasher jarang lagi muncul. Atom Smasher kemudian diperlihatkan kembali dalam Doomsday Clock, setelah Doctor Manhattan berhasil mengembalikan Justice Society.