Arc Wanokuni digadang-gadang akan menjadi arc terbesar dalam sejarah One Piece, setidaknya untuk saat ini. Hal ini disampaikan langsung oleh sang kreator yaitu Eiichiro Oda, yang mengatakan bahwa peristiwa di Wano akan jauh lebih besar skalanya dan lebih masif dibandingkan dengan apa yang terjadi di Marineford. Dan sejauh ini, tensi dan cerita di arc Wano memang terus meningkat di beberapa chapter terakhir.

Sejauh ini, berbagai hal yang sudah menjadi bukti bagaimana dahsyatnya peristiwa di Wano adalah berhasilnya Luffy dan aliansinya pergi menuju Onigashima, bagaimana Kaido dan Big Mom menyatukan kekuatan mereka, bergabungnya Marco dalam pertempuran ini, dan yang paling baru adalah kematian Orochi di tangan Kaido. Hal ini kemudian membuat para fans penasaran tentang sosok yang berpotensi akan ikut terlibat dalam perang di Wano demi bisa melampaui peristiwa Marineford.

Tapi, ada hal yang perlu dipahami dalam pertempuran di Marineford. Pertama, peristiwa di Marineford berfokus pada pertempuran satu orang Yonko (Whitebeard) melawan seluruh kekuatan angkatan laut. Yonko yang lain (Kaido) hampir saja ikut bertarung dalam pertempuran tersebut sebelum kemudian dihentikan oleh Yonko lainnya (Shank). Shanks juga berhasil menghentikan perang tersebut. Pertempuran tersebut berakhir dengan kematian seorang Yonko dan kebangkitan Yonko baru (Blackbeard).

Sejauh ini konflik di Wano menghadirkan dua orang Yonko yang menggabungkan kekuatan. dan kali ini, angkatan laut yang berpotensi akan terlibat dalam perang ini jauh lebih besar (CP0, SWORD, Kizaru). Di waktu yang sama, dua Yonko lainnya sedang melakukan hal tidak diduga – Shanks pergi menemui Gorosei untuk membicarakan seorang bajak laut dan tidak diketahui apa langkah selanjutnya. Blackbeard mulai bergerak setelah membaca tentang hasil perundingan Reverie.

Jadi, bagaimana peristiwa yang terjadi sekarang kemudian digunakan sebagai “bahan bakar” untuk membuat cerita Wano menjadi lebih besar dari Marineford? Berikut ada beberapa cara. Pertama, meskipun sudah ada dua Yonko yang terlibat dalam cerita, Blackbeard memiliki cukup alasan untuk ikut camput dalam pertempuran ini. Kita mengetahui bahwa Blackbeard masih terus memburu buah iblis kuat dan dimana lagi tempat paling baik untuk mencari buah iblis zoan selain dalam pertempuran di Onigashima?

Tapi, Wano sepertinya terlalu berbahaya untuk orang seperti Blackbeard. Dan saat inilah dua sosok baru dari krunya bergabung: Kuzan dan Gecko Moria. Blackbeard bisa saja menghabisi Moriah pada saat itu dan mengambil buah iblisnya, tapi Moriah bisa saja membuktikan bahwa dia berguna dengan pergi ke Wano dan mengambil buah iblis Zoan terkuat sebagai pertukaran atas nyawanya. Lagipula, Moriah mungkin bisa membalas dendam kekalahan puluhan tahun lalu dari Kaido.

Di sisi lain, Kuzan merupakan seseorang yang belum bisa dipercaya sepenuhnya oleh Blackbeard. Sehingga dia kemungkinan akan mengirimkan Kuzan dalam sebuah misi, untuk membuktikan kesetiaannya. Misalnya dengan mencari keberadaan Poneglyph. Sejauh ini, Kuzan merupakan kru Blackbeard yang paling kuat, dan mengirimkan Kuzan ke pertempuran Wano sepertinya merupakan tindakan yang tepat.

Peristiwa Marinefrod terdapat seorang pengkhianat, yaitu Squard. Dan di Wano adalah banyak sekali pengkhianat yang kemudian bisa mengungkapkan dirinya. Mungkin di pertempuran ini Kuzan akan membuktikan bahwa dirinya adalah seorang anggota SWORD. Kedua, seberapa besar kekuatan dari angkatan laut yang akan terlibat dalam perang Wano? SWORD dan CP0 mungkin akan terlibat dalam perang ini, dengan adanya fakta bahwa Drake merupakan anggota SWORD dan ada anggota CP0 yang membeli senjata kepada Orochi dan Kaido.

Tapi, pihak angkatan laut sendiri kemungkinan akan datang setelah semuanya berakhir sambil juga kita mengetahui siapa saja Shichibukai yang tertangkp dengan senjata baru yang digunakan angkatan laut. Dan ada kemungkinan juga Big Mom belum akan kalah atau tewas di Wano, dia akan kembali pergi mengejar Luffy yang pergi ke Elbaf.

Ketiga, tindakan apa yang dilakukan oleh Blackbeard dan Shanks? Dengan adanya kabar bahwa Alabasta dalam masalah setelah Reverie, mungkin Blackbeard akan pergi ke sana untuk mengambil Pluton atau Poneglyph. Di sisi lain, setelah gagal mendapatkan dukungan dari Gorosei. Shanks memiliki dua piliha: 1. Menghentikan sendiri Blackbeard 2. Mendeklarasikan bahwa dia adalah sekutu bagi Luffy dengan harapan Luffy akan berhasil mengalahkan Kaido.

Shanks tentunya masih memiliki waktu dan cara untuk menghentikan Blackbeard sendiri. Tapi mungkin Shanks memilih untuk tidak melakukannya. Jika semua skenario ini benar terjadi, maka ucapan Oda Sensei akan terbukti karena dunia akan terkejut dengan apa yang terjadi di perang ini. satu Kaido tewas (Kaido) dan dua  Yonko baru muncul (Luffy dan Blackbeard), sedangkan Yonko lainnya dalam krisis (Big Mom).

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.