Tony Stark adalah salah satu pahlawan yang paling lama muncul di MCU. Ia telah ada sejak film Iron Man pertama yang rilis tahun 2008, dan namanya semakin tenar setelahnya. Terhitung, Tony Stark muncul di sembilan film MCU, tetapi sekarang ceritanya telah usai. Setelah perjalanannya yang panjang, Iron Man diceritakan mati di Avengers: Endgame, di mana ia menggunakan Infinity Stones demi mengalahkan Thanos dan pasukannya.

Walau telah melakukan banyak hal baik, tetapi Tony Stark juga bertanggung jawab atas beberapa hal buruk yang terjadi. Dalam sebagian besar kasus, aksi heroiknya terjadi karena kecerobohan yang ia lakukan. Jadi bisa dibilang bahwa selain sebagai pahlawan, Tony Stark juga memiliki peran dalam menciptakan villain di MCU. Berikut adalah villain di MCU yang “dibuat” oleh Tony Stark.

Iron Monger

Tony Stark sebenarnya “membantu” menciptakan villain pertama yang ia hadapi di MCU yaitu Obaja Stane alias Iron Monger. Awalnya Stane adalah pemimpin Stark Industries pasca meninggalnya orang tua Tony. Tapi kemudian Tony mengambil kendali Stark Industries setelah ia berusia 18 tahun, dan akhirnya mendepak Stane dari jabatan pimpinan Stark Industries. Karena hal tersebut, Stane membenci Tony, hingga akhirnya Stane menyewa Ten Rings untuk menculik Tony. Setelah Tony menciptakan arc reactor dan armor Iron Man untuk melarikan diri dari gua tempat ditahan, Stane berhasil mendapatkan sisa-sisa dari armor tersebut. Berkat itulah Stane berhasil membangun setelan Iron Mongernya, dan bertarung dengan Iron Man.

Whiplash

Setelah menjadi Iron Man, Tony pernah menciptakan villain lain yaitu Anton Vanko alias Whiplash. Sebelumnya, Ayah Anton Vanko yaitu Ivan Vanko pernah bekerja dengan Howard Stark, di mana ialah sosok yang merancang arc reactor. Tetapi Ivan tidak pernah diakui sebagai perancang arc reactor. Begitu Tony dikenal sebagai pahlawan super dan Ivan meninggal dunia, anaknya yaitu Anton Vanko membuat replika arc reactor dan membuat beberapa peningkatannya sendiri. Upaya awal Anton untuk membunuh Tony gagal. Namun setelah kegagalan tersebut, Anton memperbaiki desainnya yang membuatnya semakin kuat. Anton mampu memperbaiki desainnya setelah ia menerima ejekan saran dari Tony, saat Tony berhasil mengalahkannya.

Aldrich Killian

Tony Stark juga bertanggung jawab atas terlahirnya sosok villain bernama Aldrich Killian. Tony dan Killian pertama kali bertemu pada malam tahun baru tahun 1999. Ketika itu, Killian ingin bertemu Tony untuk membahas investasi Advanced Idea Mechanics. Tony berjanji untuk menemuinya di atap, tetapi pada kenyataannya Tony tak ingat janji tersebut. Killian ditinggalkan sendirian dan membuatnya menjadi sangat membenci Tony. Lebih dari satu dekade setelah pertemuan mereka, Killian mulai menghancurkan kehidupan Tony dan menyutikkan dirinya dengan formula Extremis untuk menjadi lebih kuat. Formula Extremis  dibuat oleh Maya Hansen dengan bantuan Tony. Saat menghadapi Killian, Tony bahkan membutuhkan seluruh armor Iron Mannya.

Ultron

Diantara semuanya, Ultron adalah salah satu villain yang secara langsung dibuat oleh Tony. Tony dan Banner mendesain Ultron menggunakan kekuatan Mind Stone. Tujuan dibuatnya Ultron adalah untuk melindungi umat manusia dari berbagai ancaman, termasuk ancaman yang belum mereka sadari. Tapi, Ultron dengan kepintarannya menyadari bahwa ancaman terbesar bagi manusia adalah manusia itu sendiri. Setelah awalnya hanya menjadi A.I. yang canggih, Ultron kemudian menggunakan robot Iron’s Legion milik Tony sebagai inangnya. Kemudian Ultron mulai menyusun rencana untuk menjatuhkan Avengers dan “menyelamatkan bumi”. Meskipun Avengers mampu menghentikan Ultron, tetapi Vision lah yang berhasil benar-benar mengalahkannya. Peristiwa itulah yang menyebabkan Tony pensiun dari Iron Man.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2