Dalam cerita Naruto, membesarkan ninja generasi baru membutuhkan sosok guru yang sangat hebat. Tak satu pun dari mereka yang memiliki metode mengajar yang sama dengan yang lain, bahkan diantaranya memiliki cara mengajar yang terlihat kejam. Namun berkat ajaran guru-guru itu, pahlawan seperti Minato, Jiraiya, dan Naruto dapat berkembang. Tentunya guru merupakan sosok penting dalam cerita Naruto. Berikut kami pilih 10 guru terbaik yang berhasil melatih muridnya hingga sukses, siapa saja mereka?

Orochimaru

Secara teknis, Orochimaru adalah guru yang hebat. Dia dapat menggabungkan ilmu pengetahuan dan pelatihan fisik kepada murid-muridnya hingga muridnya menjadi sosok yang kuat, bahkan lebih kuat dari Orochimaru sendiri. Dengan hasil didiknya, Mitsuki yang juga merupakan anaknya menjadi salah satu ninja muda yang sangat kuat, di mana mampu mengaktifkan Sage Mode sebelum lulus akademi Ninja. Namun, Orochimaru kehilangan banyak poin sebagai guru terhebat karena Orochimaru di beberapa kesempatan mengorbankan muridnya, demi tujuan yang lebih besar. Orochimaru pun mengajarkan muridnya dengan cara yang kejam, dan tidak aman.

Kakashi

Tim 7 milik Kakashi mungkin menjadi tim terkuat di Konoha. Hal itu terjadi karena Kakashi memiliki pengaruh yang besar di dalamnya. Cara mengajar Kakashi terbilang unik karena ia selalu “cuek”, dengan tidak memperhatikan sesi pelatihan murid-muridnya. Bahkan ia pernah mengabaikan masa pelatihan Sakura. Tak jarang, Kakashi menempatkan murid-muridnya dalam situasi berbahaya yang belum pernah mereka alami sebelumnya. Ia selalu mengajarkan untuk saling bekerja sama antar anggota tim. Bahkan Kakashi memasukan rival abadi yaitu Naruto dan Sasuke dalam satu tim, yang pada dasarnya dilakukan demi kekompakan tim tersebut.

Asuma

Guru yang satu ini adalah shinobi kuat dan anggota klan Sarutobi. Ia adalah Asuma, sosok yang santai namun dapat mengajar muridnya dengan efektif. Berkat didikannya, Shikamaru menjadi seorang ahli taktik dan seorang pemimpin. Tetapi karena hal tersebut, murid-murid yang lain dianggap terlalu bergantung dengan Shikamaru. Asuma pun tidak pernah membicarakan keburukan salah satu muridnya yang lain yaitu Choji. Padahal Choji terkenal lambat, dan membutuhkan makanan ekstra setiap selesai pelatihan.

Minato

Minato memiliki timnya sendiri ketika ia masih menjadi seorang Jonin. Tim tersebut terdiri dari Kakashi, Obito Uchiha, dan Rin. Berkat ajaran Minato, masing-masing anggota dari timnya rela mengorbankan diri mereka demi kebaikan yang lebih besar. Rin contohnya yang mengorbankan hidupnya demi melindungi desa, dan Obito yang mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Kakashi. Meskipun Obito akhirnya kehilangan kendali dirinya sendiri akibat Zetzu putih, tetapi sebelum kejadian itu, tim Minato adalah salah satu tim yang diperhitungkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2