Cameo di Solo: A Star Wars Story

Penampilan Maul di film Solo: A Star Wars Story, menjadi “update” terbaru dari kabar Darth Maul setelah cukup lama menghilang. Memang penampilan Maul di film ini tidak terlalu banyak dan signifikan, mengingat dia hanya menjadi cameo saja. Tapi, adegannya memperlihatkan apa yang sudah dia lakukan selama bertahun-tahun setelah dia pergi dari Mandalore.

Hiro Studios

Setelah Qi’ra berhasil membunuh Dryden Vos dan mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di Crimson Dawn, dia kemudian memberikan laporan tersebut kepada pemimpin operasinya yang tidak lain adalah Maul. Mereka berencana untuk mengkambing hitamkan Becket dan Han atas kematian Vos. Maul dan Qi’ra juga kemudian merencanakan sebuah rencana baru.

Artinya, jika kemudian terdapat sekuel bagi film Solo atau spinoff Star Wars lainnya ada kemungkinan Qi’ra dan Maul akan menjadi antagonis utama. Masih belum diketahui apakah Crimson Dawn adalah “sekuel” dari Shadow Collective. Yang pasti dia terus beraliansi dengan pihak yang dia anggap bisa membantunya memenuhi ambisinya: membunuh Obi-Wan.

Star Wars Rebel & dan Akhir Cerita Maul

Maul juga sempat muncul dalam cerita Star Wars Rebel, yang bersetting beberapa tahun sebelum cerita A New Hope. Maul diperlihatkan bertemu dengan kru the Ghost, di planet Malachor selagi mereka mencari sebuah senjata yang bisa menghancurkan para Sith di planet itu.

Dengan rencana untuk memanipulasi mereka, Maul kemudian berteman dengan sosok Ezra Bridger, seorang padawan muda. Ezra kemudian membantu Maul menemukan Sith Holocron. Merasakan adanya koneksi kuat dengan sang padawan, akhirnya Maul berencana untuk membuat Ezra menjadi penerusnya. Dan rencana Maul untuk memanipulasi kru the Ghost pun gagal, namun beruntung Darth Vader muncul dan akhirnya Maul bisa kabur.

Maul kemudian kembali menemui kru the Ghost, dan mengajukan kerja sama untuk mengkombinasikan Holocrons para Jedi dan Sith dan mengungkapkan rahasia mereka. Maul berhasil menipu Ezra untuk membimbingnya menuju Obi-Wan, dan memberikan gambaran bahwa Obi-Wan masih hidup. Maul kemudian mengajak Ezra ke Dathomir, dimana dia kembali menggunakan pengamatannya untuk mencari keberadaan Obi-Wan. Dan dengan bantuan para Nightsisters, Maul akhirnya bisa menemukan lokasi pasti keberadaan Obi-Wan yang ternyata ada di Tatooine.

Sayangnya, Maul gagal untuk menemukan Kenobi. Dan akhirnya Maul menggunakan cara terakhir yaitu menjadikan Ezra sebagai umpan hidup. Merasakan Ezra dalam bahaya, Kenobi kemudian keluar dari persembunyiannya. Maul juga kemudian menunjukan dirinya dan pertarungan pun kembali terjadi. Meskipun terjadi sangat singkat, pada akhirnya Kenobi yang berhasil menang dengan menghujamkan lightsaber ke dada Maul.

Hiro Studios