Konohagakure atau yang biasa dikenal sebagai desa Konoha dikenal sebagai salah satu desa tersembunyi yang ada di franchise Naruto. Selain itu, Konoha juga menjadi setting utama dalam franchise ini. Selain menjadi rumah bagi Naruto dan Boruto, banyak juga shinobi-shinobi hebat dan kuat lahir dari desa ini.

Konoha merupakan salah satu desa populer sejak awal seriesnya, dan kepopuleran Konoha semakin berkembang pesat dalam seri sekuelnya yaitu Boruto: Naruto Next Generation. Desa Konoha sendiri didirikan oleh dua orang shinobi, yaitu Hashirama Senju (yang dikenal sebagai “dewa para shinobi”) dan Madara Uchiha. Di sepanjang seriesnya, desa Konoha menjadi salah satu desa yang paling banyak penghuninya. Jadi, wajar jika banyak ninja jenius lahir di desa ini.

Yang menarik adalah hampir semua ninja-ninja terkuat di franchise Naruto lahir atau berasal dari desa Konoha. Bisa jadi ini merupakan bentuk perwujudan dari warisan Will of Fire (semangat yang membara/semangat yang berapi-api), yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai sebuah kebudayaan. Will of Fire sendiri merupakan sebuah filosifi kehidupan yang dibuat oleh Hashirama yang terinspirasi dari apa yang dipercaya oleh Asura Otsutsuki, dimana dipercaya bahwa cinta adalah kunci dari perdamaian.

Will of Fire menjadi sebuah motivasi bagi para shinobi Konoha untuk berlatih lebih keras dan lebih giat untuk kemudian bisa menjadi pelindung bagi desanya. Melalui metode latihan ini, mereka tumbuh menjadi seorang shinobi yang kuat dan handal untuk bisa melindungi siapapun atau apapun yang mereka sayangi dan terciptalah sebuah perdamaian.

Madara dan Obito Uchiha, keduanya merupakan shinobi yang berasal dari Konoha. Mereka hampir saja menghancurkan seluruh universe Naruto melalui perang besar ninja keempat. Dalam pertempuran tersebut, seluruh bangsa dan desa bersatu untuk membentuk sebuah aliansi shinobi dan berusaha mengalahkan kedua Uchiha. Berkat bantuan Naruto, dan para Kage lainnya yang kembali dibangkitkan untuk perang ini, akhirnya perang tersebut berhasil mereka menangkan.

Itachi dan Sasuke juga menjadi contoh lainnya bagaimana Konoha memiliki shinobi yang dahsyat. Itachi merupakan mantan anggota Akatsuki, yang bertugas untuk menangkan para bijuu dari jinchruriki mereka. Sosok Itachi semakin ditakuti oleh semua orang dan dianggap berbahaya, setelah dia berhasil membunuh Mizukage dari Kirigakure.

Di sisi lain, Sasuke juga tidak kalah menakjubkan. Dia pernah menyerang Killer Bee – jinchuriki monster ekor delapan – serta menyerang para Kage dari berbagai desa yang ada. Tidak lupa juga Sasuke berhasil membunuh Danzo. Setelah perang besar ninja keempat, Sasuke kemudian mengumpulkan para bijuu yang lepas tersebut untuk kemudian ditempatkan dalam sebuah genjutsu miliknya.

Selain klan Uchiha, Konoha juga memiliki shinobi hebat lainnya yaitu tiga sanin legendaris Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru. Masing-masing memiliki cerita yang unik dan juga mengerikan. Orochimaru kemudian membentuk sebuah desa yang disebut Otogakure, demi melancarkan semua usahanya untuk menguasai seluruh teknik ninja. Orochimaru bertanggung jawab atas banyak hal, diantaranya adalah kematian Blue B dan Hokage ketiga.

Jiraiya di sisi lain menjadi seorang petualang, sambil membuat sebuah buku mesum dan Tsunade menjadi sosok yang sering mabuk-mabukan dan berjudi sebelum kemudian dia menjadi Hokage kelima. Konoha juga memiliki shinobi yang kuat dan hebat, meskipun kurang dikenal. Contohnya adalah Sakumo Hatake, yang merupakan ayah dari Kakashi Hatake.

Kemudian Minato Namikaze sang Hokage keempat dan juga ayah dari Naruto. Minato diketahui pernah membunuh 1000 shinobi dalam waktu singkat dan memenangkan perang untuk Konoha.Menjadi rumah bagi para shinobi hebat memanglah sebuah prestasi yang sangat dahsyat. Tapi, hal ini juga sepadan dengan resiko yang harus dihadapi oleh mereka. Sudah tidak terhitung berapa banyak dan berapa kali Konoha menjadi target penyerangan. Meskipun begitu, dengan semangat Will of Fire mereka akan melakukan apapun untuk melindungi Konoha. Siapa shinobi terhebat dari Konoha favorit kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.