Salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh para pegulat WWE adalah menghadapi sebuah sistem yang ada, dan terkadang sistem tersebut justru tidak berpihak kepada sang pegulat itu sendiri. WWE merupakan sebuah industri, dimana semuanya diperhitungkan demi keuntungan meskipun ada embel-embel “sports entertainment” atau olahraga hiburan. Contoh nyata dari hal ini adalah adanya beberapa pegulat yang dipecat karena alasan yang konyol dan tidak masuk akal. Siapa saja? Berikut ulasannya.

Konnan

Dipecat karena membuat mood pimpinan hancur? Hal ini pertama terjadi kepada Konnan alias Max Moon. Konnan sempat berselisih paham dengan pemimpin WWE, Vince McMahon serta beberapa staff lainnya, dan hal itu membuat karirnya hancur. Dalam podcast Keepin It 100, Konnan mengungkapkan mengapa dirinya tidak senang dengan kostum yang dia kenakan di awal karirnya sebagai pegulat WWE.

Menurutnya, kostum yang dia gunakan mirip seperti yang digunakan oleh pegulat legendaris Jepang, Jushin “Thunder” Liger. Coba untuk protes kepada pimpinan, Vince sempat mengaku tidak mengenal Liger sampai kemudian Konnan mengatakan bahwa ia pernah melihat Vince berfoto dengan Liger di salah satu majalah. Sepertinya Vince tidak senang dengan hal itu yang membuat Konnan kemudian dipecat.

Buff Bugwell

Bukan sebuah hal dan fenomena yang aneh jika seorang ibu menelpon ke sekolah atau kantor untuk memberi tahu perihal anaknya yang sakit. Tapi, ada suatu masa ketika apa yang dilakukan oleh ibu tersebut justru membawa petaka. Pada 2001, Judy Bagwell “meneror” kantor WWF terkait anaknya, Buff Bugwell.

Judy Bagwell melakukan komplain terkait masalah promosi anaknya yaitu Buff Bugwell. Komplain tersebut menjadi puncak kekesalan WWF, dimana kemudian Buff Bugwell dipecat. Dan yang lebih parah lagi, Buff Bagwell justru menciptakan masalah lain di dalam dan di luar ring. Tapi, permasalahan utama yang membuat karirnya hancur adalah ibunya yang tidak pernah berhenti mengurusi masalah anaknya.

Emma

Kesalahan sedikit saja memang bisa membuat karir seseorang hancur. Tapi, bagaimana jika kesalahan itu bukan kita yang membuatnya. Emma adalah salah satu contoh dari hal ini. Pada Juli 2014 lalu, Emma dipecat karena kasus “mencuri bungkus iPad” di pusat perbelanjaan Walmart di Hartford, Connecticut. Emma kemudian ditangkap polisi dan dihukum untuk melakukan kegiatan sosial selama satu hari.

Dan seperti biasa, WWE selalu menghindari berita buruk (bad press) yang bisa menghancurkan citra mereka seperti kasus Emma. Tidak lama setelah itu, Emma kemudian dipecat dari WWE. Namun, fakta mengejutkan muncul dimana salah seorang karyawan Walmart mengatakan bahwa ada kesalahan dari pihaknya, yang artinya Emma tidak mencuri bungkus iPad tersebut namun kesalahan ada pada pihak Walmart yang teledor untuk tidak mengeceknya. Emma kemudian kembali direkrut setelah banyaknya protes yang dilakukan oleh para fans.

Daniel Bryan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kesalahan sekecil apapun akan berakhibat fatal bagi karir kita. Pada 7 Juni 2010, Daniel Bryan yang sedang bertarung keluar dari ring dan menampilkan sesuatu yang sangat “luar biasa.” Bryan mencekik ring announcer bernama Justin Roberts dengan dasinya sendiri. Momen ini memang tidak direncanakan sebelumnya.

Namun, yang menarik perhatian banyak orang adalah bagaimana sikap dari WWE yang menganggap apa yang dilakukan Bryan sebagai tindakan yang terlalu barbar. Bryan kemudian dipecat oleh WWE empat hari setelahnya dengan alasan “terlalu berbahaya.” Apa yang dilakukan oleh Bryan memang sangat mengkhawatirkan apalagi WWE kemungkinan trauma dengan tragedi Chris Benoit. Tapi, banyak orang tidak menyangka sikap yang diambil oleh WWE tersebut.

Dawn Marie

Diperlakukan tidak adil adalah hal yang harus dihadapi oleh Dawn Marie. Becky Lynch baru-baru ini mendapatkan banyak sekali reaksi positif dan pesan-pesan yang suportif atas kehamilannya. Pihak WWE juga senang dimana dia akhirnya membangun sebuah keluarga kecil dengan sesama pegulat, Seth Rollins. Semua orang kemudian memberikan selamat atas apa yang dialami oleh Bex.

Tapi, apa yang diterima oleh Becky tidak dirasakan oleh Dawn Marie pada 2005 silam. Percaya atau tidak, Marie dipecat dari WWE dengan alasan dia hamil. Kontraknya bersama WWE seketika selesai ketika pihak WWE mengetahui tentang anak dari Marie. Dia sempat mengajukan tuntutan kepada pengadilan pada 2006, tapi kemudian semuanya diselesaikan di luar pengadilan pada 2007.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2