Setelah mengalahkan sang raja api, Ozai, di akhir seri Avatar: The Last Airbender, Aang terus melanjutkan tugasnya sebagai seorang Avatar dan terus melanjutkan hidupnya selama puluhan tahun, sampai kemudian dia meninggal. Tanggung jawab menjadi seorang Avatar terkadang membuat mereka harus memiliki umur yang tidak panjang, karena musuh yang dihadapi dan mereka harus mengorbankan nyawa mereka.

Ada beberapa Avatar yang diketahui tewas di usia mereka yang masih muda. Bagaimana dengan Aang? Meskipun secara fisik Aang berusa 12 tahun saat cerita The Last Airbender dimulai, Aang kemudian meninggal di usianya yang ke 66 tahun. Menurut sang kreator, sebenarnya Aang memiliki rentang usia sampai ratusan tahun tapi akibat dia menghabiskan “jatah” usia tersebut di dalam es akhirnya dia meninggal pada usia yang normal.

Aang tidak sendirian. Kuruk, Avatar yang berasal dari suku air, tewas di usianya yang ke 33 tahun. Para Avatar lainnya yang memperlihatkan diri mereka sebagai arwah kepada Aang dan Korra muncul dengan usia mereka yang masih relatif muda. Contohnya adalah Yangchen, dan sang Avatar pertama, Wan.

Meskipun mayoritas Avatar memiliki usia yang cenderung muda, tapi lain halnya dengan Avatar Kyoshi. Selain menjadi Avatar yang paling tinggi, Kyoshi juga diketahui sebagai Avatar dan juga manusia yang paling tua dibandingkan yang lain. Usia Kyoshi adalah 250 tahun ketika dia meninggal. Kyoshi berasal dari kerajaan bumi, dan lahir setelah Kuruk tewas.

Dalam novel prekuel berjudul The Rise of Kyoshi, diketahui bahwa masa kecil Kyoshi sangatlah sulit. Dia ditinggalkan oleh kedua orang tuanya dan dia sendiri bahkan tidak mengetahui bahwa dia adalah Avatar. Salah seorang guru bernama Jianzhu kemudian melatih seseorang yang diduga sebagai Avatar, padahal dia sebenarnya adalah manusia biasa dan merupakan rekan dari Kyoshi.

Jianzhu benar-benar kejam terhadap pria yang merupakan rekan dari Kyoshi tersebut. Dan ketika mengetahui bahwa pria tersebut bukan Avatar yang dimaksud, akhirnya Jianzhu pun membunuhnya. Jianzhu kemudian mengejar Kyoshi. Kyoshi pun kabur dan bergabung dalam sebuah perusahaan pertunjukan untuk menyembunyikan jati dirinya.

Pada akhirnya Kyoshi menghadapi sang master tersebut dan mengaku kepada dunia bahwa dia adalah Avatar. Kyoshi kemudian tumbuh menjadi sosok wanita yang tangguh dan kuat. Dengan kekuatannya, dia mampu mengangkat manusia hanya dengan satu tangannya. Dia juga tidak menunjukan rasa takut ketika menghadapi para petinggi kerajaan bumi, yang penuh dengan korupsi dan keserakahan.

Kyoshi pernah menghadapi Chin the Conqueror dan Earth King. Dia juga kemudian melatih Kyoshi Warrior pertama atau para pejuang Kyoshi juga membentuk Dai-Li. Kyoshi benar-benar memiliki kehidupan yang luar biasa, diisi oleh berbagai pencapaian yang tinggi, salah satunya adalah menjadi salah satu Avatar tertua.

Masih belum diketahui bagaimana kyoshi bisa hidup selama itu, tapi kemungkinan dia mampu untuk membuat dirinya tetap muda. Tapi, kemungkinan Kyoshi belajar teknik memperpanjang usia dari Lao Ge atau Tieguai. Lao Ge merupakan pembunuh yang berusia ribuan tahun – jika tidak ratusan tahun – ketika bertemu dengan Kyoshi.