Serial SpongeBob SquarePants melakukan debutnya di Nickelodeon pada tahun 1999, dan sejak itu serialnya menjadi salah satu yang paling laku di Amerika. SpongeBob dan kawan-kawan bahkan telah melanjutkan petualangannya dalam tiga buah film. Hingga saat ini,  belum ada tanda-tanda bahwa serial SpongeBob SquarePants akan segera berhenti.

Serial SpongeBob SquarePants menceritakan petualangan sang karakter utama bernama SpongeBob dan teman-temannya di kota Bikini Bottom. Teman-temannya yang terkenal adalah Patrick Star, Shandy Cheeks, dan Squidward. Selama lebih dari 10 musim berjalan, para penonton pernah diperlihatkan tentang keluarga SpongeBob. Diantara keluarga SpongeBob yang paling berkesan adalah neneknya, yang dikenal sebagai Grandma SquarePants.

Penampilan pertama nenek Spongebob terjadi di musim kedua, tepatnya dalam episode berjudul Grandma’s Kisses. Di dalam episode tersebut, SpongeBob mengunjungi neneknya. Yang menarik, kita diperlihatkan bagaimana nenek SpongeBob memperlakukan SpongeBob layaknya anak-anak dengan memberikan kue dan membacakan buku anak-anak. Sang nenek kemudian menyuruh SpongeBob bekerja hingga akhirnya, sang nenek mencium dahi SpongeBob sehingga meninggalkan bekas ciuman di dahinya. Adegan tersebut memang ikonik, dan membuat banyak orang berharap agar nenek SpongeBob dapat kembali suatu saat nanti. Namun ternyata, ia tak pernah diceritakan muncul kembali.

Bersama dengan Mermaid Man dan Bernacle Boy, nenek SpongeBob adalah salah satu karakter yang dipensiunkan dalam serial SpongeBob SquarePants. Marion Ross, aktris yang menjadi pengisi suara nenek SpongeBob telah pensiun dari dunia televisi pada tahun 2018, dan tim di belakang serial SpongeBob SquarePants akhirnya memutuskan juga untuk mempensiunkan karakter itu. Tapi walau tidak pernah muncul dalam serial utamanya, beberapa kali nenek SpongeBob pernah disebutkan, atau juga tampil secara offscreen di luar serialnya. Sang nenek pernah muncul dalam film pendek What Else Can a Krabby Patty Do?, di mana dalam film tersebut ia muncul tanpa memiliki dialog. Dia juga pernah disebutkan dalam salah satu episode di musim keenam berjudul No Nose Knows dan Squid Noir di musim kesebelas.

Walau penampilan nenek SpongeBob sangatlah singkat, tetapi penampilan perdana sekaligus terakhirnya (dalam serial utama SpongeBob SquarePants) meninggalkan kesan yang lebih besar, daripada orang tua SpongeBob dalam semua penampilan mereka yang juga singkat. Mungkin keputusan untuk mempensiunkan nenek SpongeBob adalah keputusan yang bijak ketika sang pengisi suaranya juga memutuskan untuk pensiun.