Terbang merupakan salah satu kemampuan penting dalam cerita seri Dragon Ball Z dan juga Dragon Ball Super. Hampir semua pertarungan para karakter terjadi di udara, contohnya adalah pertarungan antara Goku dan Vegeta. Selain di atas tanah, pertarungan mereka juga sebagian besar dilakukan di udara sambil terbang. Kemampuan ini tidak digunakan dalam Tournament of Power, karena dilarang dan akan membuat peserta didiskualifikasi.

Sejak seri Dragon Ball Z dimulai, terbang sudah menjadi sebuah kekuatan atau kemampuan yang umum dipraktikan oleh para pertarung. Sangat jarang seorang petarung tidak memiliki kemampuan ini. Semua orang mulai dari Yamcha sampai Goten bisa melakukannya. Tapi, memang ada juga beberapa karakter yang tidak bisa dan tidak menguasai teknik ini, diantaranya adalah Master Roshi dan Yajirobe.

Kekuatan Master Roshi tentunya tidak bisa dianggap remeh, bahkan dialah yang melatih Goku kecil bersama Krilin. Tapi, kemudian mengapa Master Roshi tidak memiliki kemampuan untuk terbang? Videl, yang notabene adalah manusia biasa, bahkan mampu belajar untuk terbang dari Gohan hanya dalam satu episode saja. Jadi, jika Videl saja bisa melakukannya, maka bisa dipastikan Master Roshi pun bisa menguasainya hanya dalam waktu yang singkat.

Tapi, kembali ke pertanyaannya, mengapa Master Roshi tidak bisa terbang? Jawabannya adalah karena dia sedari awal memang tidak tertarik untuk mempelajari teknik terbang. Alasan Master Roshi untuk tidak mempelajari kemampuan terbang bisa jadi ada kaitannya dengan cerita originnya. Dalam seri pertama Dragon Ball, diperlihatkan bahwa Tien dan Choaotzu yang pertama kali menggunakan kemampuan terbang.

Tien dan Chiaotzu merupakan murid dari Master Shen, yang merupakan rival dari Master Roshi. Master Shen adalah orang yang diketahui mengembangkan kemampuan terbang tersebut, dan sejak saat itu kemampuan terbang “ditiru” oleh Goku dan yang lain. Tapi, ketika Master Roshi pertama kali melihat kemampuan ini, dia menyebutkan bahwa kemampuan terbang sebagai kemampuan “overrated” atau kemampuan yang terlalu dibesar-besarkan.

Goku dan yang lain melihat berbagai keuntungan besar dari mempelajari teknik terbang ini, dan oleh karena itulah dia mulai serius menguasai teknik terbang. Sedangkan Master Roshi, sepertinya tetap pada pendiriannya. Hal ini wajar, mengingat rivalitas diantara Master Shen dan Master Roshi. Tapi, mungkin ada benarnya juga Master Roshi tidak mempelajari kemampuan terbang.

Pada dasarnya, Master Roshi cinta ketenangan dan dia lebih senang tinggal di Kame House dan tidak melakukan perjalanan apapun. Lain halnya dengan Goku, Vegeta, dan para Z Fighter lainnya yang sangat terbantu dalam pertarungan, dengan menguasai teknik terbang. Bagi Master Roshi, terbang tidak pernah menjadi sebuah teknik yang dia butuhkan sedari awal.