Arc Wanokuni bisa jadi merupakan arc terakhir dalam cerita Yonko Saga. Tapi, sejauh ini baru dua Yonko saja yang terlibat dalam cerita konflik di Wano yaitu Kaido dan Big Mom, termasuk juga Luffy beserta krunya dan seluruh aliansinya. Lalu, bagaimana dengan dua Yonko lainnya yaitu Blackbeard dan Shanks? Apakah mereka juga kemungkinan akan terlibat dalam pertempuran ini?

Blackbeard sepertinya lebih senang untuk memperhatikan peristiwa ini dari jauh, melakukan observasi dan bersenang-senang. Mungkin dia juga sadar bahwa kekuatannya masih belum cukup kuat untuk bertarung melawan sekian banyak musuh, ditambah lagi dia harus menghadapi dua orang Yonko sekaligus di satu tempat. Blackbeard adalah orang yang rasional dan penuh strategi, jika kemungkinan dia akan kalah bisa jadi dia tidak akan terlibat dalam pertarungan tersebut.

Bagaimana dengan Shanks? Shanks merupakan salah satu karakter yang sangat diharapkan untuk bisa ikut bergabung bersama Luffy menghadapi Kaido dan Orochi serta Big Mom. Luffy saat ini masih kekurangan pasukan, dengan perbandingan yang sangat jauh. Meskipun beberapa karakter kuat sudah muncul seperti Marco dan Izo, tapi kemunculan Shanks tentunya bisa membalikan keadaan.

Karena itulah para fans berharap Shanks bisa muncul dan ikut bertempur bersama Luffy. Tapi, kemungkinan Shanks juga tidak akan pergi ke Wano. Jika Shanks muncul sebagai kejutan di akhir peperangan, maka momen itu akan mengulang momen yang sama dengan perang besar di Marineford. Oleh karena itulah Shanks kemungkinan tidak akan pergi kesana.

Lagipula, Shanks sebelumnya diperlihatkan pergi ke Mary Geoise untuk menemui Gorosei. Dia hendak mendiskusikan tentang seorang “bajak laut tertentu” yang dianggap sangat berbahaya. Sampai saat ini kita tidak mengetahui atau tidak ada petunjuk tentang siapa sosok yang dimaksud oleh Shanks. Tapi, banyak yang menduga jika Blackbeard adalah sosok tersebut.

Dengan asumsi bahwa bajak laut yang dimaksud adalah Blackbeard, Shanks kemungkinan akan mengibarkan bendera perang terhadap Blackbeard. Im juga sepertinya tidak terlalu menyukai sosok Blackbeard, terbukti dari foto posternya yang disobek bersama dengan foto Luffy. Berdasarkan hal ini, kemungkinan Shanks akan mendapatkan bantuan dari pihak angkatan laut.

Apakah pertempuran antara Shanks dan Blackbeard akan segera terjadi setelah arc Wanokuni? Bisa jadi. Dan jika memang pertempuran tersebut akan segera terjadi setelah arc ini, mudah-mudahan Eiichiro Oda memberikan gambaran atau memperlihatkan sedikit (lebih baik semuanya) tentang pertempuran tersebut, dan bukan hanya sekedar disampaikan melalui cerita. Jika Shanks dan Blackbeard memang jadi bertempur, menurut kalian siapa yang akan menang Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.