Para fans DC Comics dan Batman benar-benar terkejut dengan kabar yang muncul pada Jumat kemarin, dimana Matt Reeves akan menjadi sutradara bagi sebuah serial spinoff dari film yang sedang dia garap saat ini, The Batman. Serial spinoff yang belum diketahui judulnya tersebut akan berfokus pada kepolisan kota Gotham dan berbagai masalah yang mereka hadapi seperti korupsi dan berbagi villain dengan superpower.

Meskipun belum diketahui judul dan plotnya, para fans banyak yang menduga jika spinoffnya nanti akan mengadaptasi seri komik Gotham Central. Gotham Central merupakan sebuah penggambaran sempurna untuk layar kecil yang akan menjadi pendamping cerita Batman di layar lebar. Jika franchise layar lebarnnya berfokus dari sudut pandang Batman, maka seri Gotham Central akan dilihat dari sudut pandang kepolisian kota Gotham dan bagaimana mereka mengatasi masalah tanpa bantuan Batman.

Seri komiknya sendiri dikerjakan oleh Greg Rucka dan Ed Brubaker, dan mengisahkan tentang kegiatan kepolisian kota Gotham selama 24 jam, siang dan malam. Para pembaca akan diperkenalkan dengan para karakter utamanya dalam sebuah cara yang luar biasa. Contohnya dalam cerita “In the Line of Duty,”yang diawali oleh sebuah kasus penculikan.

Namun, kedua petugas kepolisian Gotham dibuat terkejut ketika ada Mr. Freeze yang menyerang mereka. Salah satu dari mereka akhirnya harus tewas di tangan Mr. Freeze. Satu orang yang selamat, Marcus Driver, adalah salah satu karakter utama dalam cerita. Dia adalah polisi yang tidak percaya kepada Batman dan tidak senang dengan Batman yang justru membawa petaka dengan menjadikan Gotham sebagai sarang para villain.

Driver berusaha menutup kasus partner lamanya, dengan mendapatkan partner baru yaitu Detektif Romy Chandler. Cerita tentang hubungan pertemenan mereka sebagian besar diperlihat saat bagian siang (shift siang). Shift kedua atau shift malam, karakter dan cerita pun berubah. Bukan lagi Driver dan Chandler, melainkan Renee Montoya.

Di komik Gotham Central ini, kita juga akan melihat bagaimana cerita Renee Montoya yang sudah tidak percaya kepada kepolisian Gotham dan akhirnya mengikuti jejak Batman sebagai vigilante, dengan menggunakan nama The Question. Partner dari Montora adalah Crispus Allen, yang mungkin sudah tidak asing di telinga Geeks yang mengikuti cerita Gotham di Fox.

Cerita “Half a Life” menghadirkan perjuangan dari Montoya menghadapi tekanan di kesatuannya. Seluruh kepolisan kota Gotham sudah mengetahui orientasi seksual dari Renee Montoya adalah penyuka sesama jenis. Sambil menahan diri dari olok-olok rekan kerjanya dan juga tekanan dari berbagai sisi, Renee tetap harus dihadapkan dengan masalah besar yang berkaitan dengan sosok Two-Face.

Peran Crispus Allen juga memiliki kesamaan dengan Montoya, dimana sering kali berurusan dengan rekan-rekan kepolisiannya yang sangat korup. Ketika dia sudah tidak percaya lagi kepada kepolisian, Allen kemudian bertindak sendiri dengan menggunakan kostum dan menggunakan nama samaran The Spectre. The Spectre dan The Question merupakan dua karakter vigilante yang belum pernah muncul dalam versi adaptasi live-action.

Meskipun TV series Gotham sudah memberikan kita gambaran bagaimana masa-masa kelam Gotham sebelum kelahiran Batman, tapi cerita Gotham Central yang mencoba untuk mengangkat cerita dari sudut pandang kepolisian Gotham dibuat semirip mungkin dan serealistis mungkin dengan kegiatan asli pihak kepolisian yang semuanya berdasarkan prosedur yang ada.

Spinoff ini bisa memberikan sebuah angin segar kepada para fans yang sudah lama ingin disaksikan oleh para fans. Spinoff ini juga tentunya akan memberikan warna bagi franchise Batman, dimana ini akan menjadi adaptasi live-action modern pertama di franchise Batman yang dilihat dari sudut pandang kepolisian kota Gotham.