Sharingan merupakan Kekkei Genkai dari klan Uchiha dan merupakan salah satu dari tiga Doujutsu terkuat dalam franchise Naruto. Dengan memiliki kekuatan untuk bisa menghasilkan ninjutsu, genjutsu, dan taijutsu, bahkan bisa menirukan kemampuan sebuah teknik, kemampuan mata ini menjadi salah satu kemampuan yang sangat mengerikan  dalam ceritanya. Contoh nyata dari hal ini adalah Hatake Kakashi dan Sasuke.

Tapi, meskipun Sharingan adalah merupakan salah satu kekuatan terkuat dalam franchise Naruto, tidak semua karakter bisa menggunakannya secara baik. Ada beberapa karakter yang dianggap tidak mampu menggunakan kekuatan Sharingan secara maksimal. Siapa saja? Berikut adalah pembahasannya.

Danzo Shimura

Danzo merupakan pemimpin dari pasukan ninja khusus desa Konoha Anbu, dan merupakan seorang villain yang sangat dibenci karena usahanya untuk merebut kekuasaan Konoha. Dialah yang bertanggung jawab atas kematian klan Uchiha, sampai akhirnya dia tewas di tangan Sasuke. Setelah pembantaian klan Sasuke, Danzo kemudian menanamkan beberapa Sharingan di tubuhnya, termasuk Sharingan miliki Shisui.

Tapi, karena Danzo bukanlah keturunan dari klan Uchiha, Danzo bukanlah pengguna doujutsu Sharingan yang baik seperti klan Uchiha lainnya (atau karakter yang lebih mahir). Meskipun mampu mengakses ke berbagai kekuatan yang sangat dahsyat, seperti Izanagi, sayangnya Danzo tidak mampu memaksimalkan kekuatan tersebut dan menjadi salah satu pengguna Sharingan terburuk.

Sarada Uchiha

Sarada Uchiha merupakan anak dari pasangan Sasuke dan Sakura, yang mewarisi kekuatan dari kedua orang tuanya termasuk Sharingan. Meskipun kemampuan Sharingan Sarada bisa dibilang cukup baik, tapi kemampuannya belum mendekati Sasuke atau Itachi pada usia yang sama dengan Sarada. Perlu dicatat, bahwa artinya bukan berarti Sarada lemah atau dia tidak akan bisa berkembang. Di kemudian hari, mungkin dia akan menjadi pengguna Sharingan terhebat yang pernah ada. Tapi, untuk seorang Genin, Sarada adalah pengguna Sharingan yang paling lemah.

Tajima Uchiha

Tajima Uchiha merupakan pemimpin klan Uchiha saat zaman dahulu, dan merupakan ayah dari Madara Uchiha. Tajima diketahui memiliki kemampuan Sharingan yang cukup kuat untuk bisa menandingi kekuatan Butsuma Senju dalam pertarungan. Sayangnya, Tajima tidak memiliki kemampuan khusus atau yang spesial. Dan bahkan kemampuannya jauh lebih lemah dibandingkan anaknya. Oleh karena itulah dia masuk sebagai salah satu pengguna Sharingan terburuk.

Zetsu

Zetsu mendapatkan akses untuk menggunakan kekuatan Sharingan dan Mangekyo Sharingan ketika perang besar ninja keempat, dengan mengambil alih tubuh Obito. Meskipun Zetsu mampu mengendalikan Obito sepenuhnya, dia tidak bisa menghadirkan jutsu yang sama efisienya seperti Obito. Terbukti dari Obito yang sempat memberikan perlawanan. Sedangkan Zetsu, meskipun dia memiliki seluruh kemampuan Obito, nyatanya dia tidak mampu memaksimalkan kemampuan Sharingan Obito dengan baik.

Burung Gagak Itachi

Itachi Uchiha mempercayakan burung gagak kesayangannya dengan mata Shusui Uchiha beberapa waktu setelah dia memutuskan untuk bunuh diri. Meskipun begitu, kemampuan burung gagak Itachi nyatanya masih belum bisa menyamai kekuatan dari Manda (siput milik Tsunade) dan juga Gamabunta (katak milik Jiraiya).

Akibat level chakra yang terlalu emah, burung gagak Itachi ini hanya bisa melakukan Kotoamatsukami sekali dalam beberapa tahun, memperlihatkan bahwa kemampuan mata Shusui nyatanya kurang begitu maksimal diberikan kepada burung gagak ini.