Salah satu film orisinal Netflix, The Old Guard, akhirnya resmi dirilis pada Jumat kemarin. Disutradarai oleh Gina Prince-Bythewood, The Old Guard merupakan film adaptasi dari seri komik dengan judul yang sama karangan Greg Rucka dan Leandro Fernandez dan dirilis pada 2017 silam.

Charlize Theron, Matthias Schoenaerts, Marwan Kenzari dan Luca marinelli menjadi bintang utama dalam filmnya dengan memerankan karakter utama Andy, Joe, Nicky, dan Booker. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk bisa bertahan hidup lebih lama dari manusia lainnya dan memiliki healing factor layaknya para mutan. Andy merupakan yang paling tua diantara mereka berempat dengan usia sudah lebih dari 6000 tahun.

Penjelasan Akhir filmnya

Penyamaran tim Old Guard harus terbongkar terbongkar ketika Copley mengkhianati mereka. Copley bekerja sama dengan seorang villain bernama Merrick, seorang CEO perusahaan obat yang menginginkan rahasia keabadian dari Old Guard. Setelah kejadian itu, mereka kemudian kabur sampai akhirnya mereka bertemu “orang baru” bernama Nile Freeman, seroang anggota marinir Amerika.

Nile kemudian diajak bergabung oleh Andy, meskipun pada awalnya ada penolakan tapi pada akhirnya Nile mau bergabung dengan mereka. Masalah datang ketika Copley berhasil menangkap Nick dan Joe. Andy dan Booker kemudian berusaha membebaskan Nick dan Joe dengan mencari keberadaan Copley. Situasi semakin runyam ketika ternyata Booker bekerja sama dengan Copley untuk menjebak Andy, dan Andy kehilangan healing factor yang dia miliki.

Nile, yang sebelumnya sempat menolak untuk bergabung dalam misi, kemudian pergi menemui Copley untuk mencari keberadaan Andy dan yang lain. Merasa bersalah, Copley akhirnya membawa Nile ke kantor Merrick. Setelah melumpuhkan para penjaga, Nile pun akhirnya bisa membebaskan rekan-rekannya. Selain itu, Nile berhasil membunuh Merrick dengan melompat dari lantai paling atas.

Hubungan Booker dan yang lain kemudian dibahas setelah semuanya selesai. Andy dan yang lain sepakat untuk memberikan Booker hukuman, yaitu tidak ada bantuan selama 100 tahun. Disaat semuanya nampak baik-baik saja, ternyata ada ancaman baru muncul.

Kemunculan Quynh

Kejutan muncul di akhir cerita, dimana Quynh muncul di apartemen milik Booker. Menurut berbagai flashback yang ada dan cerita yang disampaikan oleh Nick dan Joe, Quynh adalah mantan rekan (“kekasih”) dari Andy. Seperti yang selalu Andy sampaikan di narasinya, dia merupakan yang tertua diantara yang lain. Andy sudah hidup selama lebih dari 6000 tahun, dan ada masa dimana dia merasa sendirian.

Sampai kemudian dia memimpikan sosok Quynh, seorang wanita dengan kemampuan yang sama dengannya. Selama ratusan dan ribuan tahun mereka menjalani hidup bersama bahkan mereka berperang bersama-sama, membela berbagai suku dan kaum yang ada. Sampai suatu ketika, mereka ditangkap karena dianggap sebagai penyihir – mereka menjalani hukuman gantung dan tidak mati.

Para penduduk desa kemudian memutuskan untuk memisahkan Quynh dan Andy, karena dianggap terlalu kuat. Mereka kemudian memutuskan untuk membuang Quynh ke laut dengan dimasukan ke dalam kurungan. Selama lebih dari 5000 tahun Quynh harus menanggung rasa sakit yang berulang-ulang karena tenggelam di dasar laut.

Apa artinya?

Tidak ada yang menduga bahwa Quynh akan muncul di akhir cerita. Karena dalam visual flashback yang ditampilkan di filmnya, diperlihatkan bahwa Quynh tenggelam di dasar laut dan harus mati-hidup-mati-hidup di dalam kurungan. Dengan kemunculan Quynh di akhir ceritanya, bisa dipastikan bahwa akan ada sekuel dari The Old Guard di kemudian hari. Tapi, tentunya kita harus menunggu konfirmasi dari pihak Netflix atau pihak lainnya.

Greg Rucka sendiri sebenarnya merilis seri sekuel dari komik sebelumnya yaitu The Old Guard: Force Multiplied yang dimulai pada Desember 2019 dan berakhir pada Mei 2020 kemarin. Artinya, Gina memiliki materi yang bisa diadaptasi ke dalam sekue, jika kemudian memang sekuelnya akan dibuat. Dan kemungkinan besar Quynh akan menjadi villain di film sekuel nanti.

Dalam cerita Force Multiplied, Quynh (yang dalam komiknya bernama Noriko) memang berhasil kembali hidup dan adegannya sesuai seperti di akhir filmnya. Noriko kemudian meneror para Old Guard dan juga tentunya Andy. Noriko berharap membalas dendam atas apa yang dia lakukan dulu. Apakah skenario ini akan kemudian diaplikasikan di sekuelnya? kita nantikan saja ya Geeks!