Angkatan laut dan bajak laut merupakan dua kekuatan besar yang ada dalam cerita One Piece, dan merupakan dua dari tiga kekuatan besar yang ada dalam cerita setelah Pemerintah Dunia. Ketika para bajak laut berusaha untuk meraih kebebasannya dan mencari keberadaan harta karun, di sisi lain angkatan laut siap untuk menghadang tujuan para bajak laut tersebut demi terciptanya keadilan dan rasa aman.

Meskipun begitu, ada juga beberapa karakter yang memang bekerja untuk kedua pihak. Ada angkatan laut yang kemudian berubah menjadi bajak laut dan begitu juga sebaliknya. Ada alasan tersendiri mengapa mereka melakukan hal tersebut. Berikut adalah berbagai karakter yang “bermuka dua” dimana mereka bekerja sebagai angkatan laut dan bajak laut.

Coby

Coby pada awalnya merupakan karakter figuran biasa. Dia pertama kali muncul sebagai budak di kapal bajak laut Alvida. Beruntung, dia bertemu dengan Luffy dan berhasil membebaskannya. Coby memiliki mimpi untuk menjadi seorang bajak laut. Pertemuannya yang terakhir dengan Coby adalah ketika di Marineford, dimana Luffy berhasil menghajar Coby.

Coby berhasil membangkitkan Observation Haki miliknya dalam kejadian tersebut, dan dia pun berhasil menghentikan peperangan antara kru Whitebeard dan angkatan laut. Nyawa Cobu hampir melayang akibat Sakazuki, beruntung Shanks si rambut merah berhasil menahan serangan tersebut. Coby selalu berusaha keras untuk bisa berada di level yang sama dengan Luffy, dimana dia bercita-cita untuk menjadi seorang Admiral.

Jango

Jango dulunya merupakan anggota dari kelompok bajak laut Black Cats dan merupakan tangan kanan dari Captain Kuro. Setelah Kuro memalsukan kematiannya, Jango kemudian mengambil alih kelompok bajak laut Black Cats selama tiga tahun. Ketika waktu yang dijanjikan tiba, Jango kemudian melepaskan Black Cats Pirates di desa Syrup dan berusaha untuk membunuh Kaya.

Setelah kekalahan yang dialami oleh Kuro di tangan Luffy, Jango kemudian bekerja untuk pihak angkatan laut dan menjadi anak buah dari seorang kapten angkatan laut yaitu Hina. Jango juga muncul dalam perang besar di Marineford, meskipun dia tidak memiliki peran yang signifikan dalam pertempuran tersebut.

Diez Barrels

Diez Barrels merupakan ayah dari X Drake dan sebuah karakter yang cukup menarik dimana perjalanan hidupnya digambarkan secara jelas oleh X Drake. Diez Barrels dulunya merupakan bagian dari angkatan laut, tapi karena sebuah situasi yang tidak diketahui, Barrels kemudian memutuskan untuk mundur dari angkatan laut dan kemudian dia memilih menjadi seorang bajak laut. Diez Barrels berusaha untuk menukar Ope Ope no Mi yang sempat dicuri oleh Rosinante. Nyawa Diez Barrels harus berakhir di tangan kapten bajak laut Donquixote, Donquixote Doflamingo.

X-Drake

Sama seperti ayahnya, Drake dulunya merupakan angkatan laut sebelum kemudian menjadi bajak laut. Drake kemudian diketahui bergabung dengan bajak laut Beast. Selama kurang lebih dua tahun bergabung, Drake bertambah kuat, dan terbukti dia pun bergabung dengan salah satu dari enam Flying Fighters Kaido lainnya.

Kejutan kemudian muncul di arc Wanokuni, dimana sebenarnya Drake merupakan bagian dari sebuah organisasi rahasia milik angkatan laut bernama SWORD. Drake kemungkinan besar pergi ke Wano dan bergabung dengan Kaido, untuk memata-matai gerak-gerik Kaido. Secara teknis, Drake bisa dibilang masih angkatan laut meskipun tidak resmi.

Caesar Clown

Caesar Clown adalah mantan rekan dari Dr. Vegapunk dan dia adalah ahli dalam berbagai hal senjata kimia yang bisa menghancurkan banyak orang. Mimpi dari Caesar dalah untuk bisa melampaui pencapaian yang diraih oleh Vegapunk dan menjadi ilmuwan paling hebat di dunia. Setelah peristiwa besar yang terjadi di Punk Hazard, Caesar kemudian pergi dari angkatan laut dan bergabung dengan kelompok Kaido untuk mencari perlindungan.

Caesar menghabiskan banyak waktunya di Punk Hazard, tempat dimana gas beracun SAD diproduksi. setelah ditangkap dan ditawan oleh kelompok Topi Jerami, Caesar akhirnya dibebaskan saat arc Whole Cake Island. Sampai saat ini, keberadaan dari Caesar Clown tidak diketahui.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2