Sony sebelumnya telah secara resmi mengkonfirmasi akan adanya fitur backwards compatibility di PS5, yang berarti para pemain dapat memainkan deretan game PS4 di konsol baru tersebut. Tetapi ternyata ada sebuah rumor bahwa rencana Sony jauh lebih ambisius dari hal tersebut. Rumor tersebut menyebutkan bahwa PS5 dapat memainkan game-game dari jaman PS1, PS2, dan PS3. Yang menarik, ada sebuah paten baru yang telah menjelaskan bagaimana backwards compatibility bekerja.

Pada dasarnya, Sony membuat cara yang efektif untuk membuat tiruan dari game lamanya dan menyimpannya di cloud. Menurut paten tersebut, game dapat dijalankan di mesin virtual dengan menirukan sistem operasinya dan itu semua terhubung dengan setiap konsol gamenya, yang dapat memberikan pemain akses ke game lawas tersebut dengan menggunakan PS5.

Presiden Sony juga pernah berkata bahwa pengguna tidak perlu untuk membeli aksesoris tambahan jika ingin menggunakan fitur backwards compatibility. Namun, para pemain harus berlangganan layanan seperti PlayStation Now untuk dapat merasakannya. Game-game tersebut nantinya dapat tersedia secara online, dan hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk memainkan game lawas tersebut. Layanan tersebut saat ini juga menawarkan kesempatan bagi pemain untuk melakukan streaming game PS3, dan menambahkan game PS2 dan PS1.

Namun masih belum diketahui apakah akan muncul sistem yang nantinya dapat mengenali apakah pemain sudah memiliki game original sebelumnya sehingga pemain dapat mengaksesnya secara gratis atau mereka akan menerapkan sistem yang berbeda. Yang jelas, para pemain dapat memainkan game-game lawas tanpa adanya kaset, sehingga hal tersebut dapat memudahkan mereka. Juga masih belum diketahui apakah hal ini juga diterapkan pada konsol-konsol pesaing Sony seperti Xbox Series X, dan yang lainnya.