Phasing

Phasing merupakan sebuah kemampuan khas yang sebenarnya lebih cocok untuk seorang dengan kekuatan untuk bisa berlari cepat, seperti the Flash. Phasing merupakan sebuah kemampuan yang sangat kuat dimana penggunanya bisa bergetar dengan sangat cepat seperti sebuah frekuensi sehingga molekul dalam dirinya bisa melewati sebuah objek.

Kemampuan ini merupakan sesuatu yang bisa menyelamatkan nyawa dalam berbagai situasi dan bagi Superman, meskipun dia jarang menggunakan teknik ini dia pernah satu atau dua kali menggunakan kemampuannya. Pada dasarnya Superman merupakan karakter yang cepat, dengan adanya kekuatan ini membuat Superman menjadi tidak terhentikan. Hal inilah yang membuat Superman bisa memperlambat gerakan dari Doomsday.

Re-Construction Vision

Film Superman IV – The Quest For Peace merupakan salah satu film Superman yang cukup “unik.” Dalam film ini, diperlihatkan superman harus menghdapi ancaman dari salah satu villain klasik yaitu Nuclear Man. Salah satu momen yang paling menyita perhatian dari film ini adalah ketika Nuclear Man berhasil merusak dan menghancurkan sebagian dari tembok besar Tiongkok.

Superman yang mengetahui hal ini langsung terbang kesana dan menembakan sebuah sinar. Yang menarik, sinar tersebut justru membangun kembali bagian yang rusak dan mengembalikan semuanya seperti semula. Kemampuan ini tentu sangat luar biasa, karena akan sangat berguna untuk semua pertarungan yang terjadi di tengah-tengah kota. Sayangnya, kemampuan ini tidak pernah diperlihatkan lagi.

Super Imagination

Kemampuan ini bisa dibilang merupakan “kelanjutan” dari apa yang diperlihatkan oleh Superman sebelumnya, sebelum kemudian diperlihatkan dalam komik Superman Annual #2. Sebelumnya, Superman bertarung melawan seekor kera raksasa dengan kekuatan Kryptonite bernama Titano. Sebelum Superman mengirimnya ke masa lalu, dia sempat melihat takdir dari makhluk tersebut dan melihat apa yang terjadi di masa lalu.

Karena level kekuatan ini dianggap terlalu ekstrem, Superman Annual #2 kemudian menjelaskan kemampuan tersebut sebagai “Super-Imagination,” yang mana membuat Superman bisa melihat secara jelas kemungkinan yang terjadi, seperti sebuah mimpi.

Electric Superman

Electric Superman Blue dan Red mungkin masih merpakan kekuatan Superman yang banyak para fans ingat, tapi mungkin mereka berharap Superman tidak memiliki kemampuan ini. Electric Superman sendiri muncul setelah sebuah periode yang menyakitkan dalam cerita “Death of Superman.” Ada banyak sekali ambisi dalam perubahan radikal Superman ini, dan rasanya juga perubahan ini dianggap tidak perlu, apalagi DC sudah memiliki kemampuan yang mengandalkan listrik dan kecepatan yaitu The Flash.

Mini-Superman

Superman memiliki versi mini? Hal ini pernah terjadi di masa lalu, dan kemampuan ini sepertinya memang dihadirkan bukan untuk menjadi kemampuan utama bagi Superman melainkan hanya untuk hiburan saja. Dengan kemampuan ini, Superman bisa menembakan dirinya sendiri versi kecil dari tangannya untuk menyelamatkan permasalahan yang ada di Metropolis, ketika kekuatannya terkuras habis.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.