Siapa yang tidak kenal dengan karakter Superman. Karakter pahlawan dari DC Comics ini merupakan salah satu karakter pahlawan DC paling populer di dunia, dengan kekuatannya yang sangat dahsyat. Bisa dibilang, Superman hampir tidak bisa dikalahkan kecuali mereka yang tahu bagaimana caranya melemahkan kekuatan Superman dan memanfaat kelemahan tersebut untuk kemudian mengalahkannya.

Superman memang dikenal sebagai karakter paling kuat di seluruh DC Universe, dengan segudang kemampuannya yang populer. Seperti penglihatan X-Ray, heat vision atau sinar panas yang keluar dari matanya, dan tentunya yang paling jelas terlihat adalah Superman tahan terhadap hampir semua serangan. Tapi, mungkin sebagian Geeks tidak tahu bahwa Superman memiliki kemampuan lainnya yang jarang diketahui. Apa saja?

Super Face Lift

Selalu menjadi hal yang menarik untuk melihat bagaimana sebuah karakter tumbuh, berkembang, dan berubah dari masa ke masa. Superman di era Golden Age memiliki sebuah kemampuan yang sangat unik, tapi juga berguna. Kemampuan ini hanya diperlihatkan sekali ketika dia tinggal bersama sosok alien misterius. Kemampuan tersebut adalah berubah wujud atau biasa dikenal sebagai shapeshifting.

Dalam ceritanya, Superman menggunakan kemampuan berubah wujud tersebut untuk merubah wajah dan tubuhnya agar sama seperti spesies alien yang tinggal bersamanya. Ini merupakan sebuah taktik infiltrasi atau penyusupan yang sangat luar biasa, jika digunakan dalam berbagai misi lainnya. Satu hal negatif dari kemampuan ini adalah bagaimana cara Superman melakukannya, yang bisa dibilang sangat aneh.

Microscopic Vision

Penglihatan merupakan salah satu bagian penting bagi Superman. Penglihatan X-Ray dan heat vision merupakan sebuah kemampuan yang terlalu “mencolok” untuk digunakan dalam sebuah pertarungan. Tapi, jangan khawatir, Superman memiliki kemampuan penglihatan lainnya yang bisa digunakan untuk sebuah skenario yang sangat spesifik yaitu Microscopic Vision atau penglihatan mikroskopik.

Taktik untuk menggunakan penglihatan ini mungkin tidak selamanya membantu, tapi Superman bisa melihat sesuatu dalam level molekul dan membuat sebuah analisis yang tidak bisa dilakukan oleh mata manusia biasa. Mungkin karena tidak terlalu membantu Superman dalam bertarung, kemampuan ini jarang diperlihatkan lagi di berbagai komik DC.

Time Travel Throw

Superman adalah seorang superhero yang luar biasa kuat. Bahkan, saking hebatnya kemampuan dan kekuatan dari Superman, hal kecil yang dia lakukan bisa berdampak besar terhadap sesuatu. Seperti misalnya ketika dia bersin, sebuah planet bisa saja hancur. Dan apa yang dia lakukan juga nyatanya bisa merusak ruang dan waktu.

Dalam Superman #127, diperlihatkan Superman bertarung melawan seekor kera raksasa bernama Titano. Yang menarik adalah Titano memiliki kemampuan untuk mengeluarkan sinar Kryptonite yang membuat Superman kesulitan mengalahkannya. Tapi, Superman kemudian menemukan celah dan berhasil melemparnya dengan sangat jauh. Bukan ke luar Amerika atau sampai ke luar angkasa, Superman melemparkan sampai ke masa lalu dimana dia berasal. Sebuah kekuatan yang cerdas sebenarnya, jika saja dia menggunakannya ketika melawan Lex Luthor.

Mind-Wipe Lip Lock

Komik Superman sudah menghadirkan berbagai cara untuk membuat identitas rahasia dari Clark Kent tetap aman, dan tetap membuat hubungannya dengan Lois Lane berjalan dengan baik. Tapi, ternyata bukan hanya komik yang pernah menghadirkan berbagai kisah menarik untuk hal tersebut, animasinya pun ternyata memiliki cara sendiri. Contohnya adalah kemampuan untuk menghapus memori seseorang yang dicium oleh Superman. Inilah cara yang dilakukan oleh Superman untuk membuat Lois Lane kehilangan kecurigaannya bahwa Clark adalah Superman.

Universal Language

Biasanya, kekuatan Superman selalu berkaitan dengan otot, kehancuran, dan hal lainnya yang sangat dahsyat. Tapi, ada juga kemampuan dari Superman yang tidak ada kaitannya dengan otot atau apapun itu, dan justru ada kaitannya dengan bagaimana dia berkomunikasi dengan yang lain. Salah satu kemampuan khusus Superman adalah dia bisa berbicara bahasa apapun. Selain tinggal di bumi, Superman juga sering pergi ke planet lain yang ada di alam raya DC, dan untuk berkomunikasi dengan ras alien lainnya, Superman tidak akan kesulitan karena kemampuan ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2