Sejak pertama kali diperkenalkan di MCU, Thor terus mendapatkan cara baru bagaimana menggunakan dan mengendalikan kekuatan yang ada dalam dirinya sebagai sang dewa petir. Kita sudah melihat bagaimana Thor mengerahkan seluruh kemampuannya untuk melindungi bumi dan Asgard, dari berbagai serangan dan ancaman yang datang seperti contohnya Thanos dan pasukannya.

Tapi, sebenarnya apa yang ditampilkan oleh Thor di MCU masih belum sempurna, alias kekuatan yang sebenarnya dari Thor masih belum diperlihatkan. Dalam cerita komiknya, Thor merupakan sosok dewa petir yang sangat tangguh. Dengan menggunakan Mjolnir, dia bisa melakukan banyak hal seperti mengendalikan cuaca. Level kekuatannya pun sangat luar biasa, sehingga tidak semua orang bisa mengalahkan Thor (bahkan melukainya).

Kekuatan yang paling hebat dari diri Thor sebenarnya adalah mampu mewarisi tahta kerajaan Asgard dari sang ayah, Odin, dan juga memiliki dan mengendalikan kekuatan terkuat yaitu Odinforce. Odinforce merupakan sumber kekuatan misterius yang digunakan oleh para raja Asgard, dan dianggap sebagai kekuatan sihir paling kuat yang pernah ada.

Odinforce bisa digunakan untuk menembakan ledakan energi, memindahkan orang lain, dan bahkan pernah digunakan untuk membantu Loki untuk menghancurkan tameng Captain America. Odinforce juga merupakan sumber kekuatan dari berbagai senjata terhebat di Asgard, contohnya adalah Gungnir, tombak mistikal yang digunakan oleh raja Asgard dan the Destroyer.

Meskipun tidak pernah diperlihatkan secara eksplisit, sebenarnya Odinforce pernah beberapa kali muncul di berbagai film MCU tanpa fans sadari. Contohnya dalam film The Avengers, ketika kita melihat Loki berhadapan dengan Agent Coulson, senjata legendaris yang ada di tangan SHIELD sebenarnya terbuat dari sisa-sisa armor the Destroyer, yang artinya ada kekuatan Odinforce di dalamnya.

Dalam film Thor: The Dark World, sang All-Father Odin, yang kemudian menggunakan Odinforce untuk menghancurkan pasukan Dark Elves yang berhasil masuk ke ruang trofi Asgard. Kemudian di filmnya juga diperlihatkan ketika sang ratu, Frigga tewas, Odin kembali menggunakan kekuatan sihir (yaitu Odinforce), untuk merubah tubuh istrinya menjadi sebuah energi dan menyatu dengan Odinforce.

Odin juga melakukan hal yang sama ketika dia meninggal dalam film Ragnarok, dimana dia menyatu dengan Odinforce itu sendiri. Meskipun Odinforce memang berhasil diperkenalkan di MCU, tapi mereka tidak memperlihatkan apa yang seharusnya terjadi seperti di komik. Odinforce merupakan kekuatan ajaib yang bisa digunakan oleh raja Asgard.

Meskipun Thor kemudian menjadi raja Asgard, setelah sang ayah meninggal, tidak pernah ada konfirmasi ataupun tidak pernah ada informasi apapun tentang Thor yang mewarisi Odinforce, sebagai pemimpin dari Asgard. Bahkan, tidak diketakui juga apakah Valkyrie mewarisi Odinforce setelah Thor menyerahkan kekuasaan New Asgard kepadanya.

Ada kemungkinan di kemudian hari Thor akan menggunakan (atau mendapatkan) senjata legendaris Gungnir dan menggunakan Odinforce. Atau bisa jadi dia kemudian berubah menjadi sosok King Thor seperti yang diperlihatkan di komiknya untuk kemudian mendapatkan kekuatan Odinforce. Apakah Thor akan diperlihatkan menggunakan Odinforce di film Love and Thunder? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.