Di chapter 981 kemarin, kita dikejutkan dengan kemunculan Marco yang akhirnya ikut bergabung dalam pertempuran di Onigashima. Seperti yang kita tahu, Marco sempat menolak ajakan Nekomamushi untuk pergi ke Wano. Marco merasa dia harus melindungi desa Sphinx, yang merupakan kampung halaman Whitebeard. Namun, entah alasan apa yang kemudian merubah pikiran Marco.

Setibanya Marco di Wano, dia sempat menyingung tentang adanya bayangan aneh di wilayah Onigashima dan dia akan mencoba mencari tahu bayangan apa (atau siapa). Banyak yang kemudian berspekulasi tentang siapa sebenarnya sosok bayangan tersebut. Ada yang beranggapan bahwa bayangan yang dimaksud Marco adalah Perospero, yang sebelumnya sudah di kalahkan di air terjun pintu masuk Wano.

Jika memang itu adalah Perospero rasanya tidak masuk akal jika Marco hanya kembali untuk menghajar Perospero dan kembali lagi ke pulau, kemudian kembali lagi ke untuk menghajar Perospero, karena hal ini tentunya akan memakan waktu dan tenaga. Hal ini kemudian memunculkan spekulasi lainnya tentang bayangan apa atau siapa yang dimaksud oleh Marco.

Jika berbicara mengenai bayangan, kemungkinan hal ini ada kaitannya dengan sosok Blackbeard dan juga Gecko Moria. Moria sebelumnya diceritakan diserang oleh kelompok Blackbeard, yang membuat Absalom harus tewas dan buah iblis miliknya kemudian menjadi milik Shiliew. Blackbeard juga sempat mengajak Moria untuk bergabung tapi masih belum diketahui apa jawabannya.

Apakah ada kemungkinan jika Bajak laut Blackbeard pergi menuju Wano, bersama dengan Moria, untuk membalas dendam dan bertarung melawan Kaido? Apakah bayangan tersebut adalah Blackbeard atau Gecko Moria? Moria sendiri memang memiliki sejarah pertemuan dengan Kaido, dimana mereka pernah bertarung di Wano, dan Moria sendiri kalah.

Jadi, alasan untuk kedatangan Moria menuju Wano untuk balas dendam rasanya masuk akal. Apakah artinya kabar tentang penyerangan Luffy terhadap aliansi Kaido dan Big Mom sudah terdengar sampai ke luar Wano? Dengan semua Calamities atau anak buah Kaido dan seluruh aliansinya kini sudah berkumpul di satu tempat, sudah saatnya bagi arc Wano ini untuk memperlihatkan kepada para pembaca chapter yang impresif dan sangat luar biasa.

Lagipula, Eiichiro Oda sebelumnya mengatakan tentang arc Wano yang akan sangat masif dan membuat pertempuran di Marineford menjadi pertempuran yang kecil. Dan di arc ini juga dikabarkan akan menjadi arc yang penting. Apakah Blackbeard dan Moria juga akan menghajar Luffy yang ada disana, jika memang mereka benar pergi ke Onigashima, masih belum diketahui. Yang pasti musuh mereka sama untuk saat ini, yaitu Kaido.

Jika memang Blackbeard dan Moria benar datang menuju Onigashima, pertempuran ini perlahan akan meningkat intensitasnya. Dan juga hal ini akan menjadi sebuah tambahan yang tidak terduga untuk Luffy. Seperti pepatah mengatakan bahwa “musuh dari musuh adalah teman” mungkin diaplikasikan dalam pertempuran ini. Apakah Kaido akan menghadapi beberapa orang sekaligus selain Luffy? Lalu, siapa lagi yang akan datang ke pertempuran ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.