Transformers merupakan salah satu franchise robot aksi terbesar saat ini. Seri Transformers sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak 1980an, dimana seri kartunnya begitu populer pada zaman dulu. Hasbro kemudian melihat kesempatan besar untuk memperkenalkan mainan Transformers kepada generasi baru, melalui cara yang unik yaitu melalui film. Dan hasilnya bisa dilihat sampai saat ini, dimana Transformers populer di hampir seluruh dunia.

Dengan perjalanan cerita yang sudah lebih dari 20 tahun, tentunya ada banyak cerita yang muncul dalam franchise ini. Salah satunya adalah cerita tentang kematian paling tragis yang pernah dialami oleh para robot-robot tersebut. Dan berikut adalah kematian Transformers paling tragis dalam film.

Ratchet

Ratchet merupakan sahabat dari Ironhide dan merupakan robot medis bagi para autobot. Hal tragis yang harus dia alami adalah ketika dia melihat banyak sekali rekan-rekan Autobot tewas di depan matanya, karena harus bertarung melawan musuh. Ironisnya, tidak ada robot medis lain yang bisa membantu ketika dia dalam keadaan sekarat. Tapi, setidaknya sebelum dia tewas, Ratchet sempat memberikan serangan balik kepada Decepticon.

Kematian Ratcher pernah terjadi di film The Transformer: The Movie yang tayang pada 1986 dan juga film Tranformers: Age of Extinction. Dalam film di tahun 1986, tubuh Ratchet dan Ironhide harus hancur akibat serangan Decepticon. Sedangkan dalam film Michael Bay, kematiannya terkesan “biasa” padahal karakternya merupakan salah satu karakter utama di Autobots.

Prowl

Setelah Brawn terbunuh oleh Decepticon, Prowl kemudian memutuskan untuk membalas dendam atas kematian rekan-rekannya di tangan para Decepticon. Sayangnya, rencana balas dendam tersebut berujung pada kematiannya sendiri, dimana dia terkena tembakan dari Decepticon. Yang tragisnya adalah entah untuk alasan apa para animator filmnya justru menampilkan secara jelas bagian wajah dari Prowl.

Hal itu tentunya menghadirkan sebuah horor yang mengerikan ketika nyawa perlahan menghilang dari tubuh robotnya. Momen ini menjadi salah satu momen yang kurang mengenakan dan bukan sesuatu yang tepat jika kemudian akan ditampilkan kepada para penonton yang berusia muda.

Ultra Magnus

Ultra Magnus merupakan salah satu teman lama dari Optimus Prime. Dia merupakan kandidat terkuat untuk menjadi pemimpin para Transformers, tapi ternyata dia tidak terpilih. Dia tidak memiliki penerus yang kemudian melanjutkan cita-citanya, dan inilah yang membuat kematian dari Ultra Magnus terasa begitu menyedihkan di filmnya.

Dia mencoba untuk menggunakan Matrix of Leadership untuk menyelamatkan Cybertron, tapi nyatanya itu belum cukup karena Matrix of Leadership ternyata memang ditakdirkan bukan untuk Ultra Magnus. Kematiannya terasa sia-sia dan Leader of Matrix pun kemudian dicuri oleh Galvatron. Beruntung, Ultra Magnus berhasil dibangkitkan kembali di akhir filmnya.

Brawn

Secara umum, kematian yang dialami Brawn memang tidak terlalu brutal. Jika dibandingkan dengan bagian dada Ratchet yang meledak, serangan laser yang mengenai tubuh Brawn sepertinya masih cukup “normal.” Tapi, ada hal lainnya yang cukup signifikan dalam kematian Brawn. Dia adalah Autobots yang pertama kali terbunuh di filmnya.

Biasanya Decepticon dan Autobots saling serang satu sama lain, dan kerusakan yang ada di tubuhnya bisa segera diatasi dan diperbaiki di akhir cerita. Jadi, kematian yang dialami oleh Brawn cukup mengejutkan banyak fans. Kematian Brawn inilah yang kemudian menjadi titik perubahan dalam franchise Transformers.

Ironhide

Sama seperti Prowl, Ironhide merupakan salah satu orang kepercayaan dari Optimus Prime. Dia sering menjadi pengawal pribadi bagi Optimus Prime. Dengan kepercayaan tersebut, tidak jarang Optimus memberikan misi berbahaya kepada Ironhide dan Prowl seperti tugas untuk pergi ke Autobot City untuk mendapatkan kotak Energon demi mengembalikan Moonbase, dan mendapatkan suplai kekuatan yang cukup untuk mengambil alih Cybertron.

Bisa ditebak, di tengah perjalanan pesawat yang digunakan oleh Ironhide justru diserang oleh para Decepticon, dan Ironhide melihat dengan mata kepalanya sendiri rekannya tewas. Ketika Megatron hendak menggunakan kapal yang ditumpangi Ironhide untuk menghindari musuh di Autobot City, Ironhide masih sempat menggunakan sisa tenaga terakhirnya untuk mencegah hal tersebut, sebelum kemudian dia ditembak di kepala.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2