Dengan masifnya perang puncak di arc Wano, mengundang pertanyaan besar tentang siapa lagi sosok yang akan datang ke Onigashima. Sebelumnya, banyak fans memprediksi jika berbagai karakter kuat akan muncul dan membantu Luffy (atau terlibat dalam perang tersebut). Shanks, Blackbeard, Sakazuki, sampai Garp menjadi beberapa nama yang diprediksi akan ikut muncul di perang tersebut.

Tapi, ada juga nama yang sebelumnya diprediksikan akan muncul, akhirnya benar terjadi yaitu Marco. Selain nama yang disebutkan di atas, Marco juga sempat diprediksikan akan muncul. Meskipun sempat menolak, pada akhirnya Marco berangkat menuju Wano bersama Izo dan Nekomamushi. Mereka kemudian bertemu dengan sebagian Red Scabbards seperti Inuarashi, Kiku, Raizo, Kawamatsu dan lainnya.  Ada beberapa detail yang menarik perhatian para fans, disaat Marco dan Izo datang menuju Wano, yang mengisyaratkan bahwa di arc Wanokuni ini akan muncul satu karakter baru (atau lama). Di chapter 982, kita melihat seseorang yang mengenakan Kimono dengan motif garis berada di kapal yang sama dengan Marco. Banyak yang kemudian mengira bahwa itu adalah Izo, dilihat dari cara berbicaranya dan respon dari Marco yang mengindikasikan bahwa mereka memang memiliki koneksi yang sama dengan Wano.

Tapi, kemudian di chapter terbaru kita kemudian melihat desain dari kimono yang digunakan oleh Izo dan ternyata berbeda jauh dengan sosok yang ada di kapal bersama Marco. Itu artinya Marco dan Izo serta Nekomamushi bisa jadi berada di kapal yang berbeda. Izo juga rasanya tidak mungkin memiliki dua kimono dalam sekali bepergian dan menggantinya di tengah-tengah perjalanan.

Artinya, ada sosok lain yang juga memiliki koneksi dengan Wano dan dekat dengan Oden yang akan ikut bertempur demi melindungi apa yang ditinggalkan oleh Oden. Sosok ini tahu bahwa dia akan menghadapi Kaido, dan Yonko tersebut juga memiliki nama-nama kuat yang siap melindunginya. Kemudian juga ada sosok lainnya diantara Jinbe, Robin, dan para Samurai lainnya yang melihat eksekusi Momonosuke.

Jika dilihat dari pola pakaian yang digunakan oleh sosok tersebut, dia sangat mirip dengan seseorang yang juga muncul di gambar sampul chapter 631. Sosok misterius tersebut berambut panjang dan sepertinya kenal dengan sosok Crocus.  Jika dilihat dari sosoknya, dan jika benar pria di kapal yang bersama Marco adalah orang yang sama dengan pria yang muncul di chapter 631, pria misterius tersebut kemungkinan adalah Shiki.

Shiki tentunya mengenal Marco, sebagai anak buah dari Whitebeard yang dulu pernah menjadi rekannya saat masih menjadi kru bajak laut Rocks. Hal itu kemudian bisa menjelaskan mengapa Marco terdengar akrab dengan sosok misterius ini. Tapi, bisa jadi juga Oda akan memperkenalkan karakter baru yang memang belum pernah muncul sebelumnya.

Jika benar sosok misterius tersebut adalah karakter baru, tentunya hal ini akan menarik. Itu artinya kabar tentang aliansi Yonko Kaido dan Big Mom sudah terdengar sampai ke penjuru lautan. Dan kabar tersebut membuat sosok misterius ini terpaksa harus bergerak, untuk ikut campur dalam pertempuran. Masih belum diketahui apa motivasinya bergabung bersama Marco dan yang lainnya, apakah memang dia merupakan sahabat Oden, sosok yang pernah ditolong Oden, atau memiliki dendam kepada Kaido dan Big Mom. Kita nantikan saja kelanjutan kisahnya di chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.