Di chapter 984 kemarin, kita akhirnya mengetahui bahwa Yamato pernah memiliki koneksi dengan Ace. Sehingga, ada kemungkinan jika Yamato tahu tentang sosok Luffy dari Ace. Dan satu hal yang menarik untuk diperhatikan adalah Ace dan Yamato dulu kemungkinan pernah bertarung, dan menunjukan kemampuan masing-masing. Hal ini diketahui dari ucapan Yamato kepada Luffy ketika Luffy menyerangnya.

Tapi, pertanyaannya kemudian mengapa Yamato dan Ace saling bertarung? Apakah mereka berdua sebelumnya berselisih paham tentang sesuatu? Ataukah ada hal lain yang memicu pertempuran tersebut? Ace datang ke Wano di usianya yang masih muda, ketika dia masih berusaha untuk membangun namanya sendiri di lautan, ketika dia masih belum bergabung dengan kelompok Whitebeard.

Di Wano, sejauh ini Ace diketahui bertemu dengan beberapa orang yaitu Tama dan Yamato. Bagi Tama, Ace adalah sosok kakak yang selalu memberikannya kebahagiaan di tengah hidupnya yang sangat susah. Tama sering bermain bersama Ace dan mengagumi sosoknya, bahkan Tama bermimpi untuk ikut berpetualang bersama Ace. Ace kemudian berjanji untuk kembali ketika Tama sudah dewasa dan menjadi Kunoichi yang hebat. Sayangnya, mimpi itu tidak bisa terwujud.

Bagi Yamato, Ace dulu bisa jadi adalah musuh. Ace pasti bercerita banyak kepada Yamato ketika mereka bertemu, termasuk misinya untuk membunuh Whitebeard. Karena itulah dia kemudian memulai petualangannya. Tapi, Yamato mengetahui bahwa Whitebeard merupakan kapten dari sosok idolanya, yaitu Kozuki Oden. Hal ini dia ketahui dari buku catatan harian yang dia simpan.

Mengetahui hal tersebut, Yamato dan Ace pun bertarung. Bagi Yamato, dia bertarung melawan Ace semata-mata demi melindungi mantan kapten dari sosok idolanya. Dia berpikir apa yang akan dilakukan oleh Oden, yaitu melindungi kaptennya seperti yang dia lakukan ketika menyerang Roger. Apakah Ace yang menang? Atau Yamato yang menang? Hal itu masih belum diketahui.

Tapi, jika dilihat dari level kekuatan pada saat itu, kemungkinan Yamato yang menang. Yamato dilatih oleh sang ayah, Kaido, untuk bertarung. Sehingga level kekuatannya sangat tinggi jika dibandingkan dengan Ace sebelum bergabung dengan Whitebeard. Ace berkembang secara perlahan, dan puncaknya adalah ketika dia bergabung dengan Whitebeard. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Yamato atau Ace yang menang dalam pertempuran tersebut?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.