Marvel

‘Iron Man’ Batsuit – Harley Quinn

Di musim perdana seriesnya, Bruce diperlihatkan terluka parah. Waytech akhirnya membangun sebuah armor khusus yang tetap bisa membantu Bruce menjalankan tugasya.  Dia kemudian membangun sebuah armor, yang bisa dikatakan mirip dengan armor Iron Man (hanya saja bertema kelelawar). Armor ini memiliki seorang kecerdasan buatan wanita bernama Monica, yang membantu Bruce mengalahkan penjahat termasuk Bane.

Sayangnya, meskipun armor ini memiliki banyak fitur dan senjata juga Batman sempat unggul di awal pertarungan, pada akhirnya Bane berhasil mengalahkan Batman. Bane melakukan sebuah momen yang ikonik dimana dia mematahkan salah satu tulang Buce. Jika dalam komiknya Bane mematahkan tulang belakang batman, di series ini Bane mematahkan kaki Batman.

Augmentation Armor – Batman And Robin

Armor ini bisa dibilang menjadi armor yang tidak terlalu banyak diketahui oleh banyak orang, dibandingkan dengan berbagai armor yang ada di daftar ini. Dalam ceritanya, Batman dan Robin dihadapkan pada seorang villain bernama Terminus. Dia sangat kuat berkat supersuit yang dia kenakan. Sadar bahwa dia kalah dalam masalah kekuatan, Batman akhirnya mengambil armor yang dia sebut Augmentation Suit yang dia simpan di dalam Batmobile.

Seperti biasa, armor ini memiliki tema kelelawar dengan mata yang merah menyala dan logo kelelawar. Armor ini memberikar Bruce keleluasan untuk bergerak dan melakukan gaya bertarung yang bias adia lakukan, meskipun dengan adanya berbagai tambahan di sekitar armornya. Armor ini memberikan tambahan tenaga dan kekuatan kepada Bruce. Selain itu, ketika mengenakan armor ini Batman bisa terbang. Baru setelah mengenakan Augmentation Armor, Terminus berhasil dikalahkan oleh Batman dan menghentikan nuklir yang mengarah ke Gotham.

Justice Buster – Batman: Endgame

Geeks tentunya familiar dengan cerita bahwa Batman memiliki sebuah rencana terstruktur bagaimana caranya mengalahkan setiap anggota dari Justice League. Rencana tersebut sengaja dia buat, karena Batman meyakini dengan kekuatan yang mereka miliki mereka berpotensi untuk menjadi jahat. Dan akhirnya armor ini pun dibuat untuk menghadapi kekuatan Justice League.

Dalam komiknya diceritakan jika Joker berhasil menginfeksi seluruh Justice League dengan racun yang dia buat. Dan untuk menghadapi para Justice League yang terkena racun Joker tersebut, Batman kemudian mengaktifkan Justice Buster. Armornya benar-benar sangat tangguh, kencang, dan kuat serta  memiliki perlengkapan teknologi lengkap. Menurut Bruce, biaya untuk membuat armor ini lebih mahal dari dana militer 60% negara di dunia jika disatukan.

Hellbat Armor – Batman and Robin

Seperti  yang disebutkan sebelumnya, Batman selalu mempersiapkan semuanya. Dia selalu memposisikan dirinya berada dalam situasi dimana dia tidak akan mampu menghadapi ancaman yang besar seperti saat menghadapi Doomsday, Bizzaro, atau Darkseid. Beberapa anggota Justice League bahkan membantu Bruce membangun armor ini.

Contohnya Superman menggunakan material yang diambil dari inti matahari, Wonder Woman meleburnya di gunung Olympus, Cyborg menyatukannya, dan Flash juga Aquaman melindunginya dengan kecepatan dan air yang sangat dingin, serta Green Lantern yang memberikan jubah yang bisa berubah bentuk, dan membuat Batman bisa terbang.

Armor ini memang badass dan pernah digunakan oleh Bruce ketika menyelamatkan Damian yang diculik oleh Darkseid di Apokolips. Meskipun armor ini sangat luar biasa, ada “harga” yang harus dibayar oleh Bruce. Semakin lama Bruce mengenakan armor ini semakin berkurang energi kehidupan dari diri Bruce, dengan kata lain armor ini membuat usia Bruce berkurang. Oleh karena itu, Bruce hanya menggunakannya beberapa kali saja ketika situasi benar-benar genting.

Final Bat-Suit – Justice League

Mengenakan armor ini, Bruce benar-benar berubah menjadi seorang dewa. Ketika Bruce bertemu dengan sosok World Forger yang berasal dari dimensi lain, dia kemudian membentuk sebuah singgasana yang terbuat dari sebuah material unik bernama Element X. Element X memiliki kemampuan untuk bisa melihat hati orang lain dan merubahnya menjadi kenyataan.

Batman tidak senang jika hanya duduk dan melihat apakah seseorang jahat atau tidak. Batman kemudian membangun sebuah armor yang terbuat dari kursi Element X, mengubahnya menjadi senjata. Armor dari Element X yang ditingkatkan lagi bukan hanya membuat Bruce bisa melihat niat dari orang lain, tapi merubah niat tersebut dan menulis ulang. Dari segi desain, armor ini terlihat sangat fantastis dan berbeda dari armor Batman pada umumnya, dengan warna putih dan emas.

Dark Knights Return Armor

Kostum exosekeleton ini merupakan konsep yang menjadi cikal bakal seluruh armor yang ada di daftar ini. Kostum ini muncul dalam cerita Dark Knight Returns yang ditulis oleh Frank Miller. Armor ini sengaja dibuat untuk satu tujuan, membunuh Superman. Bruce sadar bahwa pada akhirnya, dia dan Superman akan menjadi manusia terakhir di bumi. Oleh karena itulah Bruce harus mempersiapkan segalanya.

Bruce sadar bahwa dia tidak akan menang melawan Superman, sehingga dia membangun armor yang setidaknya bisa menyamai kekuatan Superman dan bertahan cukup lama untuk menjalankan rencananya yaitu memalsukan kematiannya. Armor ini memiliki semua fasilitas untuk membantu Bruce menghadapi Superman, dan hasilnya luar biasa. Superman berhasil ‘babak belur’ dihajar oleh Batman. Batman gagal untuk membunuh Superman, dia berhasil menyampaikan pesan bahwa dialah manusia pertama yang pernah mengalahkannya dan memintanya untuk pergi.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.