Setelah penantian panjang para pengguna Indihome dan Telkomsel, yang merupakan bagian dari perusahaan telekomunikasi Telkom Group, resmi membuka blokir akses mereka untuk platform streaming Netflix. Hal ini tampaknya disambut baik para pengguna Indihome dan Telkomsel yang sejak lama menunggu dibukanya blokir ini.

Berdasarkan pantauan Greenscene, sebagian pengguna IndiHome dan Telkomsel telah bisa mengakses platform streaming tersebut sejak Selasa, 7 Juli 2020, sekitar pukul 12.30 WIB. Topik mengenai dibukanya akses Netflix juga mulai ramai mewarnai timeline twitter dan “Indihome” menjadi trending topik di platform social media ini.

Disamping itu, isu mengenai dibukanya blokir Netflix oleh Indihome telah mencuat beberapa waktu lalu. Tepatnya setelah Hooq, layanan streaming video yang didukung Telkom resmi menutup layanan mereka. Disinyalir ditutupnya layanan Hooq karena kurangnya tayangan original yang justru menjadi daya tarik bagi Netflix.

Setelah beberapa waktu, akhirnya Telkom melalui rilis resminya mengkonfirmasi bahwa perusahaan tersebut telah mencabut blokir Netflix pada Selasa (7/7). Artinya seluruh provider internet dibawah naungan perusahaan ini seperti Telkomsel, IndiHome, dan Wifi.id, sudah bisa mengakses Netflix.

Disampaikan oleh Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, Telkom menyatakan bahwa mereka mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia. Kemungkinan besar pendekatan yang dimaksud adalah komitmen Netflix yang bersedia untuk menyediakan tools untuk pembatasan akses atas ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

Dengan dibukanya akses blokir ini, diprediksi pengguna Netflix di Indonesia akan semakin melonjak, mengingat popularitas yang semakin tinggi dan akses yang semakin mudah. Apalagi saat ini Netflix terus menerus mengeluarkan tayangan original yang berkualitas baik itu film atau pun series. Belum lagi sekuel dari judul-judul populer seperti Stranger Things, The Witchers, Money Heist dan lainnya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berlangganan Netflix?