Harus diakui bahwa kerugian yang harus dialami oleh industri film layar lebar dan bioskop akibat dari pandemi COVID-19 menjadi “ladang uang” bagi mereka yang begerak di industri streaming. Disney Plus, Apple TV Plus, menjadi pesaing baru di bisnis ini meskipun HBO Max dan Netflix tetap menjadi penguasa untuk bisnis streaming. Bahkan, sejak pandemi ini, Netflix semakin gencar untuk mempromosikan diri.

Netflix terus menginvestasikan sejumlah besar uang yang mereka miliki untuk mendanai berbagai proyek film dan series orisinal mereka. Dan hasilnya, setiap bulan ada puluhan film baru yang dirilis oleh situs streaming tersebut untuk berbagai genre, tidak terkecuali untuk genre horror. Berikut adalah daftar film horror yang akan tayang di Netflix.

Black Mirror: Bandersnatch

Film Black Mirror: Bandersnatc dirilis pada 2018 silam dan menjadi titik awal bagi penulis Charlie Brooker untuk menerjemahkan konsep “pilih petualangan anda sendiri” menjadi sebuah film. Secara singkat film ini menggabungkan dua elemen, yaitu permainan video game dan juga film. Film ini cukup unik karena bukan sebuah adaptasi dari game populer, dan justru dua unsur tersebut digabungkan.

Filmnya sendiri berkisah tentang seorang programer permainan video bernama Stefan Butler, dimana dia mencoba untuk mengaplikasikan konsep novel “pilih petualangan anda sendiri” ke sebuah permainan game. Namun, apa yang dia bayangkan di awal nyatanya tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Permainan tersebut justru menjadi mimpi buruk bagi si pembuatnya.

Cam

Horror dengan perpaduan teknologi mungkin sudah jarang diaplikasikan dalam berbagai proyek film. Tapi, Cam memberikan nuansa baru terhadap genre ini dengan memberikan sentuhan modern yang bisa relate dengan kehidupan di masa sekarang. Film Cam sendiri berkisah tentang sosok Alice, yang diperankan oleh Madeline Brewer, seorang remaja putri yang bercita-cita untuk menjadi seorang camgirl (gadis yang melakukan pertujunkan di depan kamera, biasanya bermain game atau sekedar bercerita).

Tapi, kejadian horror mulai menerpa Alice ketika tanpa disadari ada kembaran dari Alice yang mencoba untuk meretas komputer Alice. Sosok tersebut kemudian mulai berperan sebagai Alice dan “mencemarkan” nama Alice sambil juga memberikan kengerian kepada Alice. Disutradarai oleh Daniel Goldhaber, atmosfer yang dibangun oleh film ini benar-benar terasa. Penampilan Brewer pun patut diacungi jempol.

The Perfection

Meskipun baru dirilis di platform Netflix sekitar tahun lalu, The Perfection dianggap sebagai salah satu film horor orisinal terbaik sampai saat ini di paltform tersebut. filmnya sendiri mengeksplor cerita tentang hubungan antara Charlotte dan Lizzie, yang keduanya sama-sama merupakan musisi Charlotte merupakan pemusik handal dan Lizzie adalah penerusnya.

Kelebihan dari film ini adalah bagaimana Richard Shepard berhasil bermain-main dengan prediksi para penonton, dan kemudian melakukan twist. Hal tersebut menjadi salah satu elemen menarik dari filmnya yang membuat film ini menarik dan unik.

Ravenous

Film dengan unsur zombie di dalamnya memang tidak akan pernah berhenti untuk menarik minat para penonton. Contohnya adalah seri The Walking Dead, film Z Nation, Train to Busan, bahkan game fenomenal The Last of Us. Hal ini coba untuk diangkat dalam film Ravenous yang diarahkan oleh Robinm Aubert. Meskipun terdapat elemen zombie, Robin tetap memberikan sentuhan yang baru dan lain.

Di sebuah desa terpencil yang sangat jauh di wilayah Quebec, Kanada, terdapat sebuah kelompok kecil manusia. Mereka adalah orang-orang yang selamat dan bersembunyi di sebuah hutan untuk menghindari serangan zombie. Meskipun set up ceritanya terdengar familiar, Robin Aubert tetak memberikan beberapa pembeda dibandinkan dengan film-film lainnya.

Apostle

Sebagian Geeks mungkin ada yang mengenal soso Gareth Evans, tapi mungkin juga ada yang tidak kenal. Dia adalah sutradara dari dua film The Raid, yang sangat populer bukan hanya di Indonesia melainkan sampai ke luar negeri khususnya Hollywood. Setelah sukses dengan proyek film thriller action, proyek sukses Evans lainnya adalah Apostle yang kental dengan nuansa horror.

Filmnya sendiri berkisah tentang seorang pria bernama Thomas Richardson, yang pergi sendirian ke sebuah pulau terpencil bernama pulau Welsh (Welsh island) demi menyelamatkan adiknya yang diculik dan ditawan oleh sekelompok orang yang mengerikan. Sama seperti film The Raid, film ini juga dipenuhi oleh berbagai adegan yang penuh darah.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.