Era baru artinya teknologi baru. Hal ini juga diterapkan di perangkat permainan game konsol dari dua perusahaan terkemuka, Micrsoft dengan Xbox Series X dan Sony dengan PlayStation 5. Sudah sejak beberapa tahun yang lalu, kedua konsol ini saling berperang satu sama lain, berusaha untuk menguasai pangsa pasar para pecinta game.

Sebagian fans memilih Xbox dan sebagian lainnya memilih PlayStation, tentunya dengan berbagai pertimbangan masing-masing. Misalnya spesifikasi dari konsol tersebut, berbagai permainan yang eksklusif untuk konsol tersebut, bahkan sampai berbagai fitur dan keunik dari kendali (controller) yang digunakan di masing-masing konsol tersebut. Tahun 2020 akan kembali menjadi tahun persaingan bagi kedua perusahaan tersebut dengan masing-masing meluncurkan konsol generasi terbaru mereka, Xbox Series X dan PlayStation 5.

Keduanya tentu memberikan hal yang baru kepada para fans mereka masing-masing, tapi jika dibandingkan, mana diantara kedua konsol ini yang paling unggul? Untuk segi desain, keduanya sama-sama sudah menerapkan desain yang baru. Dengan konsep yang futuristik, menjadikan desain untuk kedua konsol generasi terbaru ini akan terasa beda dengan konsol lainnya.

PS5 lebih memiliki keunikan daripada Xbox dari segi desain, dengan bentuk yang mirip seperti cangkang dengan ada sayap kecil dan berwarna putih, semakin memperkuat kesan futuristik dan kesan “konsol generasi terbaru.” Di sisi lain, Xbox Series X memiliki bentuk yang lebih sederhana (bahkan sangat sederhana), dengan bentuk besar kotak tinggi ke atas konsol ini terlihat seperti sebuah PC tower atau sebuah komputer pribadi dibandingkan konsol game.

Untuk segi pengendalian (controller), Xbox Series X lebih cenderung bermain aman, dengan mengadaptasi sebagian besar konsep dari kendali Xbox One tentunya dengan berbagai perubahan dan penyesuaian di beberapa bagian. Kelebihan dari kendali Xbox Series X sendiri adalah mampu kompatibel dengan berbagai perangkat, seperti telepon pintar dan komputer.

Kendali PS5, yang juga disebut DualSense, coba menghadirkan sesuatu yang baru (meskipun tetap mengadaptasi desain dari kendali PS4). Kendali untuk PS5 juga masih menerapkan yang menjadi keunggulan di kendali sebelumnya, seperti kendali gerakan (motion control). Dengan tampilan yang menarik dan berbagai fitur baru yang disuguhkan, rasanya sulit untuk menentukan pemenang untuk kendali secara keseluruhan.

Satu-satunya hal yang membedakan antara kedua konsol ini adalah berbagai game eksklusif yang bisa dimainkan. PS5 sudah memiliki sederet game-game keren dan menarik yang siap dimainkan, seperti Ratchet and Clank, Demon’s Souls remake, Horizon Forbidden West, dan juga Spider-Man: Miles Morales. Game-game ini tentunya akan menjadi magnet yang akan menarik para calon pembeli dan juga para fans setia konsol PlayStation.

Bagaimana dengan Xbox Series X? Konsol ini memiliki beberapa game unggulan yang siap dimainkan seperti Scorn, The Medium, dan Halo Infinite. Jadi, meskipun sangat sulit untuk menentukan siapa yang lebih unggul dari kedua konsol ini, PlayStation 5 merupakan juaranya dilihat dari banyaknya game eksklusif yang bisa dimainkan oleh para fans dibandingkan konsol Xbox Series X.

Harga jual kemungkinan akan menjadi sebuah permasalahan untuk kedua konsol ini. Dengan berbagai teknologi yang ada, harga untuk kedua konsolnya bisa dibanderol dengan nilai yang cukup tinggi. Tapi, rasanya hal ini tidak akan menghalangi fans dari kedua konsol untuk membeli konsol game generasi terbaru tersebut. Jadi, kalian mau beli yang mana Geeks?