Nasib tragis harus dialami oleh Kozuki Oden, dimana dia harus tewas akibat eksekusi yang dilakukan oleh Kaido dan Orochi seperti yang diperlihatkan dalam arc Wanokuni. Kozuki Oden merupakan pewaris resmi dari Shogun Wano, yang dipegang oleh klan Kozuki. Ayahnya, Kozuki Sukiyaki, merupakan pemimpin dari Wano dan rencananya kepemimpinan tersebut akan diberikan kepada Oden.

Tapi, Oden muda saat itu lebih memilih untuk berpetualang bersama rekan-rekannya di laut. Dia akhirnya bisa mewujudkan mimpinya untuk pergi dari wilayah Wano setelah bertemu dengan Whitebeard. Dan di tengah-tengah petualangan, Oden bertemu dengan Roger dan membantunya untuk pergi ke pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Oden, secara tidak langsung, membantu Roger mewujudkan mimpinya menjadi raja bajak laut.

Setelah semuanya selesai, Oden kembali ke Wano tapi dia sadar bahwa semuanya tidak sama seperti dulu. Apalagi, setelah dia mengetahui bahwa Orochi sudah mengambil alih kekuasaan, dan Kaido juga sudah berhasil membuat para penduduk Wano menderita. Oden harus berjuang sendiri – dibantu dengan Red Scabbards – untuk menghadapi kekuatan besar mereka berdua.

Sayangnya, Oden harus mengakui kekuatan aliansi Orochi dan Kaido lebih kuat dibandingkan kekuatannya. Oden pun mengakui bahwa dia tidak sanggup melawan mereka berdua, dan baru akan ada kekuatan besar yang datang 20 tahun lagi dimana merekalah yang sanggup untuk menghabisi Kaido dan Orochi. Meskipun begitu, ada sebuah pertanyaan besar yang kemudian muncul yaitu mengapa Oden tidak meminta bantuan kepada rekan-rekannya yang lain?

Jika Oden mau dan bisa meminta bantuan, Oden bisa memiliki satu pasukan penuh milik kelompok Whitebeard. Bahkan, mungkin Whitebeard sendiri yang akan turun tangan langsung. Dia juga bisa meminta bantuan Marco yang cukup dekat dengan sosok Oden dan sangat emosional ketika Oden bergabung.

Jadi, mengapa tidak ada bantuan? Shanks bisa saja muncul, karena sama seperti Marco, Oden juga cukup dekat dengan sosok Shanks. Tapi, Shanks yang dulu bukanlah siapa-siapa. Shanks bisa dibilang baru menjadi seorang Yonko. Meskipun begitu, kalaupun Shanks memutuskan untuk bergabung dalam pertempuran dia memiliki kru yang dahsyat yang bisa bergabung dengan para Red Scabbards.

Rayleigh, yang merupakan tangan kanan dari Roger, bisa juga muncul dan membantu Oden untuk mengalahkan Kaido dan Orochi. Jadi, kemudian pertanyaannya mengapa rekan-rekan dekat Oden tidak datang membantunya? Ada beberapa kemungkinan. Pertama adalah Rayleigh atau Shanks mungkin bukanlah orang dengan tipe yang senang untuk “ikut campur.”

Keterlibatan Rayleigh atau Shanks memerlukan alasan yang kuat. Rayleigh harus “ikut campur” dalam perkembangan Luffy, hal itu semata-mata demi melatih Luffy untuk menjadi penerus raja bajak laut. Shanks datang ke peperangan Marineford bukan untuk ikut campur perang antara Whitebeard dan angkatan laut. Dia justru datang untuk menghentikan perang, karena dia sadar sudah banyak korban yang berjatuhan.

Lagipula, Oden juga tidak ingin usahanya untuk membuka perbatasan Wano dibantu oleh siapapun. Dia ingin melakukannya sendiri, karena menurut Oden ditutupnya perbatasan Wano ada kaitannya dengan klan Kozuki. Setidaknya itulah yang diucapkan oleh Oden kepada Shanks sebelum berpisah di Wano. Bantuan sangat memungkinkan untuk datang, jika Oden memang membutuhkannya. Tapi, Oden lebih memilih untuk menyelesaikan semua masalahnmya sendiri tanpa harus merepotkan orang lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.