Thanos merupakan villain utama yang harus dihadapi oleh para Avengers dalam Infinity Saga. Marvel Studios sendiri mulai memperkenalkan sosok Thanos sejak 2012 lalu, dengan memperlihatkan sosok atau wujud yang akan menjadi ancaman besar bagi para Avengers dan umat manusia. Setelah hanya muncul di akhir film, akhirnya Thanos memiliki peran utama di film Avengers: Infinity War dan Endgame.

Meskipun cerita Thanos di Infinity Saga adalah tentang bagaimana sang Titan gila tersebut berusaha untuk mengumpulkan keenam Infinity Stones, ada hal menarik lainnya dari sosok Thanos dalam cerita ini yaitu perubahan desain karakter dari sosok Thanos. Josh Brolin adalah aktor yang memerankan karakter Thanos dan sejak 2012, namun ternyata desain karakter Thanos terus berubah. Berikut adalah penjelasannya.

The Avengers

Kemunculan pertama Thanos di MCU adalah di akhir cerita film The Avengers, tepatnya di mid-credit scene. Setelah The Others berbicara tentang kekuatan yang dimiliki oleh para Avengers, Thanos kemudian berdiri dari kursinya dan tersenyum seolah-olah dia siap untuk menantang para pahlawan terkuat bumi. Penampilan perdana dari Thanos ini benar-benar sangat berbeda dari versi yang baru-baru ini ditampilkan, karena pada saat itu sosok Thanos ditampilkan secara nyata dan bukan dengan CGI.

Damion Poitier merupakan sosok dibalik karakter Thanos pada saat itu dan dia berubah menjadi Thanos hanya dengan bantuan makeup dan hal lainnya. Tidak ada bantuan CGI. Keputusan untuk mengganti Poitier dengan Josh Brolin merupakan alasan utama mengapa struktur wajah Thanos berbeda, antara versi ketika awal dia muncul dan versi saat ini. Dari segi warna kulit pun sangat mencolok dimana warna ungunya cendurung pink atau merah muda.

Guardians of the Galaxy

Penampilan kedua dari Thanos di MCU dilakukan di film Guardians of the Galaxy, dan di film inilah kita pertama kali melihat aksi Josh Brolin berperan sebagai Thanos. Keterlibatan Josh Brolin membuat karakter Thanos berbeda, dimana seluruh karakternya dibuat atau dibentuk oleh bantuan komputer. Pihak Marvel dan James Gunn merekam aksinya ketika dia melakukan dialog.

Hasil dari rekaman tersebut kemudian diolah dan dibuat modelnya dan direplikasi dengan menggunakan CGI. Dengan karakternya yang diperankan oleh Brolin artinya struktur wajahnya juga berubah mengikuti kontur wajah dari Brolin. Tapi, perbedaan yang paling mencolok dari karakter Thanos versi Brolin adalah warna kulitnya yang berubah menjadi violet dengan bayangan ungu. Armor yang dikenakan oleh Thanos juga didesain ulang di film ini, terlihat dari bagian samping helmnya yang berbeda dan seluruh badannya kini tertutupi oleh armor.

Avengers: Age of Ultron

Penampilan Thanos selanjutnya di MCU adalah di mid-credit scene film Avengers: Age of Ultron. Dalam adegan ini kita diperlihatkan ketika Thanos berjalan di suatu lokasi yang misterius dan mengambil Infinity Gauntlet. Thanos juga mengatakan bahwa dia akan mengambil seluruh Infinity Stones yang ada. Penampilan Thanos di film ini terbilang sangat singkat, sama seperti di film Guardians of the Galaxy.

Tidak diketahui apakah saat Brolin merekam dialognya untuk Guardians of the Galaxy, dia juga merekam dialog untuk film ini. Tapi, yang pasti Marvel tidak memberikan banyak perubahan besar kepada karakternya. Perubahan yang mencolok di film ini adalah dimana Thanos mengenakan Infinity Gauntlet. Di film sebelumnya Thanos belum mengenakan benda kosmik ini.

Avengers: Infinity War

Penampilan Thanos mendapatkan sentuhan baru di film Infinity War. Karakter Thanos di film ini semuanya dilakukan oleh Josh Brolin, tentu dengan bantuan komputer. Bedanya, Brolin menggunakan motion capture yang menangkap gerakan Brolin. Dan hasilnya sangat luar biasa, dimana Thanos benar-benar terlihat hidup dan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dengan adanya kostum untuk menangkap gerakan, hal itu memaksa Brolin untuk lebih banyak “beraksi” dibandingkan hanya sekedar merekam dialognya saja. Tapi, untuk secara keseluruhan desain karakternya tetap sama. Yang berbeda adalah perubahan warna kulit. Selain itu, adanya bekas luka di bagian dagu juga menjadi perubahan kecil lainnya.

Avengers: Endgame

Ini adalah penampilan paling baru dari Thanos dan perubahan terakhir terhadap desain karakternya. Di awal filmnya diperlihatkan bahwa di bagian tubuh Thanos terdapat bekas luka bakar, akibat Thanos yang menggunakan Infinity Stones untuk yang terakhir kalinya demi menghancurkan seluruh batu tersebut. Dari segi penampilan juga Thanos tidak lagi menggunakan armornya, dan lebih menggunakan pakaian yang casual karena dia sudah menjadi seorang petani.

Penampilan desain Thanos kemudian kembali berubah saat Thanos versi 2014 muncul. Thanos yang muncul tersebut merupakan versi sebelum dia muncul di film Guardians of the Galaxy. Tapi, yang menariknya adalah desain yang muncul merupakan desain yang sama dalam film Infinity War. Diluar perubahan dari segi fisik, Thanos versi 2014 terlihat pas dengan armor yang dia kenakan dan juga pedang bermata ganda yang dia pakai.