Kejutan dan kejutan, Oda Sensei terus memberikan kejuatan besar kepada para pembaca setia dari One Piece. Chapter 983 memberikan kejutan besar kepada para fans, dengan kemunculan sosok Yamato yang merupakan anak dari Kaido. Karena sosoknya yang misterius, banyak para fans yang kemudian berspekulasi tentang siapa Yamato sebenarnya. Dan di chapter 984 ini, kejutan besar kembali muncul yang “mengguncang” seluruh fandom One Piece. Lalu, apa saja yang dibahas di chapter 984? Berikut beberapa poinnya.

Kekuatan Buah Iblis Zoan Dinosaurus

Jika berbicara mengenai kekuatan, khususnya kekuatan fisik, memang pengguna buah iblis tipe Zoan memiliki keunggulan dibandingkan pengguna buah iblis lainnya. Pengguna buah iblis tipe Zoan sudah terbukti mampu unggul dalam masalah daya tahan dan kekuatan. Contohnya adalah Jack the Drought yang bisa menghancurkan satu kota dengan mudah, dan mampu bertarung melawan suku Mink sendirian dan menang.

Dan contoh yang paling baru adalah Ulti, yang merupakan salah satu dari Flying Six. Ulti merupakan pengguna buah iblis tipe Zoan dengan model Pachycephalosaurus, dimana bagian kepalanya menjadi salah satu keunggulan dari dinosaurus jenis ini. Tapi, meskipun Ulti terkena serangan Thunder Bagua dari Yamato, teknik tersebut ternyata tidak berpengaruh banyak kepada Ulti. Dia memang sempat tidak sadarkan diri, tapi kemudian kembali sadar seakan-akan tidak ada apa-apa. Kekuatan dari Zoan dinosaurus ini bahkan diakui oleh anak buah Kaido sendiri.

Nasib Momonosuke

Momo diculik oleh Kanjuro setelah dia mengakui bahwa pengkhianat diantara Red Scabbards adalah dirinya. Momo kemudian dibawa oleh Kanjuro ke wilayah Onigashima, dan sempat berusaha untuk kabur dengan menggunakan pisau. Sayangnya, usaha tersebut diketahui oleh Kanjuro dan terpaksa dia harus menerima siksaan. Yang jadi fokus adalah bagaimana cara menyelamatkan Momo.

Momo akan dieksekusi oleh Kaido dan juga Orochi. Ironisnya, Nico Robin, Jinbei, Denjiro, dan para samurai lainnya yang merupakan pengikut Momo dan Oden ada di bawah membaur dengan anak buah Kaido lainnya. Seperti yang dikatakan oleh Jinbei, mereka tidak boleh gegabah demi penyamaran mereka tidak terbongkar. Jinbei meyakini bahwa para Samurai dan Law akan datang menyelamatkan Momo. Posisi mereka sendiri sudah ada di bagian belakang Onigashima.

Bagaimana jika mereka tidak datang? Ada dua skenarionya. Pertama adalah Jinbei dan yang lain terpaksa membongkar identitas mereka. Kedua, seperti yang ditulis di artikel sebelumnya, Momo akan berubah menjadi seekor naga dan melarikan diri. Dibandingkan dengan skenario pertama, skenario kedua lebih memungkinkan. Tapi, yang jadi pertanyaan besar adalah dengan kondisi Momo yang kritis, apakah dia sanggup untuk berubah?

Yamato Adalah Putri Kaido

Bukan tanpa alasan Eiichiro Oda memiliki julukan ‘raja twist.’ Oda Sensei selalu berhasil menggiring pembacanya untuk memikirkan sesuatu yang memang menjadi rencananya, tapi kemudian dugaan itu diputar balikan 180 derajat. Itulah yang terjadi dengan cerita Yamato, dimana sudah dari chapter-chapter sebelumnya para pembaca digiring untuk percaya bahwa Yamato adalah anak laki-laki dari Kaido.

Tapi, kejutan kemudian muncul bahwa sebenarnya Yamato adalah wanita dan dia adalah penggemar dari sosok Oden. Dia bukanlah Kozuki Oden yang menyamar atau pun sosok lainnya. Seperti yang diprediksi di artikel sebelumnya, Yamato muncul pada saat proses eksekusi Oden. Dia juga terinspirasi untuk melanjutkan perjuangan Oden untuk membuka perbatasan Wano. Dan yang paling penting adalah tanpa Kaido ketahui, Yamato menyimpan catatan harian dari Oden.