Joker merupakan salah satu bebuyutan dari Batman, tapi meskipun begitu Joker pernah menjadi musuh bagi para pahlawan DC. Kegilaan dan kecerdasan yang dia miliki menjadi salah satu alasan mengapa Joker menjadi villain paling mengerikan dan mematikan. Meskipun pada dasanya Joker merupakan manusia biasa tanpa adanya kekuatan super, tapi dia pernah mengalahkan makhluk kosmik kuat yaitu Darkseid.

Hal ini terjadi dalam cerita “Emperor Joker” dimana dalam ceritanya, diperlihatkan bahwa Joker mampu menang melawan penguasa planet Apokolips tersebut. Bagaimana cara Joker melakukan hal tersebut?

Emperor Joker

Cerita Emperor Joker sendiri dimulai oleh salah satu entitas terkuat di DC Universe yaitu Mr. Mxyzpltk. Dia merupakan karakter yang berbeda dengan karakter DC lainnya, karena karakter ini berasal dari dimensi kelima. Dengan kekuatan yang dia miliki, mengubah realita sesuai yang dia inginkan menjadi sebuah tugas yang sangat mudah. Biasanya dia melakukan hal tersebut demi sebuah lelucon belaka. Dan hal inilah yang kemudian memulai cerita Emperor Joker.

Ketika berkeliling dunia, Mxyzplltk menmukan Joker yang terkurung di Arkham. Dengan manipulasi yang dilakukan oleh Joker, Mr. Mxyzpltk kemudian memberikan 1% dari kekuatannya. Kekuatan tersebut tentunya menjadi tambahan yang luar biasa bagi Joker untuk mengalahkan Batman. Tapi, nyatanya kekuatan baru Joker tersebut tidak hanya digunakan untuk mengalahkan Batman melainkan juga mengalahkan Mxyzpltk.

Joker kembali memanipulasi sosok Mxyzpltk, dimana dia berhasil mendapatkan seluruh kekuatan yang dimiliki karakter tersebut. Dengan Joker memiliki kekuatan Mxyzpltk, dia kemudian mengubah bumi menjadi sesuai dengan gambarannya, membunuh musuh-musuhnya dan mengubah para pahlawan bumi menjadi sosok yang komikal. Untuk menghentikan ulah Joker, para entitas kosmik kemudian berkumpul tapi justru mereka mendapatkan serangan dari Joker.

Bagaimana Joker Mengalahkan Darkseid?

Pertemuan yang dilakukan oleh the Quintessence – aliansi para pahlawan terkuat seperti Ganthet, Shazam, Zeus, Phantom Stranger, dan Highfather – kemudian diadakan di luar angkasa. Ancaman dari Joker benar-benar sangat serius, sampai-sampai Darkseid harus pergi menemui kelompok tersebut meskipun sebenarnya Darkseid tidak menaruh rasa hormat kepada mereka.

Mengetahui bahwa Joker akan melepaskan potensi penuh dari Equation, Darkseid kemudian memberikan saran untuk menyerang Joker. Dia meminta Quintessence untuk tidak mencegahnya menyerang Joker demi bisa mengalahkan ancaman seluruh dunia tersebut dan menyelamatkan alam raya DC. Sayangnya, Joker mengetahui rencana Darkseid tersebut dan akhirnya mereka dirubah menjadi sosok komikal.

Cahaya hijau kemudian muncul di belakang Darkseid, yang ternyata adalah Joker. Joker mengejek Darkseid yang gagal untuk mendapatkan Anti-Life Equation sebelum Joker yang mendapatkannya dan mengendalikan pikiran Darkseid. Joker kemudian meninggalkan Darkseid di tengah-tengah sepinya angkasa luar.

Darkseid bukanlah satu-satunya entitas kosmik yang bisa dikalahkan oleh Joker, tapi hal ini memberikan petunjuk bahwa Darkseid tidak sekuat yang kita kira. Dari sekian banyak makhluk kosmik yang ada, hanya satu yang mampu untuk menahan pengaruh dari Joker yaitu The Spectre, yang pada saat itu terhubung dengan arwah dari Hal Jordan.

Terlepas dari usahanya dan ambisinya untuk melawan pengaruh Joker dan menghentikan kegilaan yang dia lakukan, nyatanya kekuatan Mr. Mxyzpltk masih diluar kemampuan sang penguasa Apokolips. Darkseid sendiri hanya muncul di beberapa bagian cerita saja, dan kemungkinan dia menjadi gila akibat terkena Anti-Life Equation itu sendiri.