Setelah kemunculan Yamato di chapter 983 kemarin, para fans langsung melakukan spekulasi tentang sosok Yamato. Misalnya, mengapa hubungan Yamato dan Kaido yang merupakan ayahnya tidak berjalan dengan baik. Apakah Yamato merupakan anak dari Oden, dan masih banyak teori lainnya. Yang pasti adalah kesimpulannya Yamato memang memiliki hubungan yang buruk dengan sang ayah, Kaido.

Hal ini bisa dilihat dari borgol yang masih menempel di lengannya, saat menolong Luffy. Banyak yang menduga bahwa sebelum Luffy muncul di Onigashima, Yamato berada di dalam penjara. Setelah mendengar kabar Luffy ada di pulau tersebut, Yamato kemungkinan melarikan diri dari kurungannya dan kemudian pergi mencari Luffy.

Teori yang juga tidak kalah populer adalah Yamato yang merupakan penggemar dari Kozuki Oden, dan ingin merubah Wano sesuai dengan keinginan Oden. Hal inilah mungkin yang menjadi alasan mengapa Yamato menunggu Luffy sekian lama dan mencarinya, juga mengapa dia tidak setuju dengan semua yang dilakukan oleh Kaido. Tapi, Yamato sepertinya tidak bisa bergerak sendirian.

Yamato kemudian mendapatkan bantuan dari pihak lain, yang bisa jadi sosok tersebut adalah X Drake. Seperti yang kita tahu, Drake merupakan ketua dari organisasi rahasia angkatan laut, SWORD, yang memang bertugas untuk mengawasi aktifitas Kaido di Wano dan menangkapnya (atau mungkin membunuhnya). Rencana tersebut semakin berjalan sempurna ketika Drake mengetahui bahwa Luffy ada di Onigashima.

Dengan kemunculan Luffy, rencana kerja sama Yamato dan Drake untuk menghabisi Kaido bisa semakin tinggi peluang keberhasilannya. Tapi, bukan berarti peluang untuk gagal juga kecil. Untuk semakin melancarkan rencananya, Yamato kemungkinan sudah bertemu dengan Jinbei dan Robin dan menjelaskan rencana yang selama ini dia bangun.

Bagaimana dengan Drake? Yamato sengaja tidak terlalu banyak bertemu dengan Drake agar tidak memunculkan kecurigaan. Drake sengaja melakukan semuanya secara diam-diam agar rencananya tidak gagal. Mungkin ini bisa jadi alasan juga mengapa Oda Sensei “menyembunyikan” sosok Drake setelah chapter 979. Dia bahkan tidak mengatakan apapun ketika Kaido ingin Flying Six mencari anaknya.

Hal itu bisa menjadi petunjuk lain jika X Drake memang bekerja sama dengan Yamato. Drake juga bisa jadi adalah orang yang membebaskan Yamato dari tahanan, ketika Drake tahu bahwa Luffy sudah ada di Onigashima. Dia membiarkan Yamato memainkan “perannya” dalam rencana tersebut. Oda mungkin akan menghadirkan sosok Drake yang sebenarnya di tengah-tengah pertempuran puncak, yang akan mengejutkan semua orang.

Bagaimana dengan teori Queen yang mengincar nyawa Drake? Mungkin Queen sudah tahu tentang Drake, tapi bisa jadi Queen juga belum tahu siapa Drake sebenarnya. Meskipun Queen tahu Drake adalah mata-mata angkatan laut, Queen kemungkinan besar tidak mengetahui kerja sama yang dia lakukan dengan Yamato. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.