Tony Stark adalah salah seorang anggota pendiri Avengers, dan salah satu karakter terkaya di Marvel Comics. Tetapi mungkin banyak diantara kalian yang bertanya-tanya tentang berapa banyak total kekayaannya. Pertama kali ditampilkan dalam komik Tales of Suspense #39, Stark telah menjadi karakter penting di Marvel Comics sejak tahun 1963. Diciptakan oleh Stan Lee, Larry Lieber, Don Heck, dan Jack Kirby, Tony Stark telah berevolusi menjadi salah satu bintang di MCU.

Memiliki sifat sombong dan sangat percaya diri, Tony telah berkutat dalam sebuah industri alat pertahanan. Dalam sebuah perjalanan saat akan melakukan uji coba sebuah teknologi baru, Tony Stark ditangkap oleh teroris. Saat kejadian penangkapan tersebut, Tony terkena pecahan peluru yang pada akhirnya bersarang di dadanya, dan perlahan mulai membunuhnya. Setelah ditugaskan oleh para teroris yang menyekapnya untuk menciptakan sebuah senjata, Stark mampu membangun armor tempurnya secara diam-diam, yang pada akhirnya armor tersebut ia gunakan untuk melarikan diri. Sejak terbebas, kiprah Tony dalam dunia bisnis semakin memuncak.

Menurut Money.com, total kekayaan bersih Tony Stark diperkirakan mencapai $12,4 miliar. Itu sudah cukup baginya untuk mengalahkan sosok elit lainnya dalam buku komik seperti Bruce Wayne, Charles Xavier, dan Emma Frost. Namun, dalam memberikan penilaian terhadap karakter fiksi terkaya, Forbes memberikan penilaian yang berbeda, dimana Forbes menyebut kekayaan Tony Stark sebesar $ 9,4 milliar, dan menempatkannya di nomor lima dalam daftar karakter fiksi terkaya menurut Forbes.

Laporan tersebut terbukti dari komik Iron Man Vol. 4 #7 yang mencatat bahwa Stark adalah orang terkaya ke-36 di dunia (di Earth-616 yang menjadi universe utama Marvel). Kekayaan Stark berasal dair beberapa sumber, terutama dari warisan besar yang ia terima setelah ayahnya yaitu Howard Stark meninggal. Setelah kematian orang tuanya di tangan Hydra, Tony mengambil alih kuris pimpinan Stark Industries, di mana ia melanjutkan warisan ayahnya dalam mengembangkan teknologi pertahanan.

Meskipun karakternya dimulai sebagai seorang playboy yang mementingkan diri sendiri, Tony Stark kemudian berevolusi menjadi seorang pria yang mencoba mengubah dunia menjadi lebih baik. Berkat kekayaannya tersebut, ia dapat membeli deretan mobil sport, membuat robot yang dapat membantu tugas-tugasnya, dan tentu saja membangun armor Iron Man yang bernilai jutaan dolar.