Ada sebuah lelucon di kalangan para pecinta buku komik dan juga penggemar DC Comics, khususnya Batman, yaitu siapapun yang menjadi Robin – atau sidekick dari Batman – pasti akan mengalami nasib sial. Memang lelucon tersebut ada benarnya, karena semua yang pernah menjadi Robin pasti mengalami nasib sial baik itu Dick Grayson, Jason Todd, atau bahkan anaknya sendiri yaitu Damian Wayne.

Cerita tentang kematian Robin juga coba dihadirkan di film Batman v Superman: Dawn of Justice yang disutradarai oleh Zack Snyder, dan bagian dari DCEU. Bagi banyak fans, kematian Robin menjadi salah satu nilai menarik dari film ini khususnya dari segi marketing. Tapi, sayangnya karena tidak dijelaskan versi Robin yang mana yang tewas di film tersebut, para fans kemudian mulai berspekulasi.

Sebagian besar mengatakan bahwa Robin yang tewas adalah Jason Todd, generasi kedua Robin. Tapi, Snyder kemudian mengkonfirmasi bahwa Robin yang tewas di film Dawn of Justice adalah Dick Grayson alias Robin generasi pertama. Kematian Robin merupakan salah satu peristiwa yang ikonik dalam komik Batman, dimana setelah kematian Dick Grayson, titel Robin kemudian diwariskan kepada Jason Todd.

Sayangnya, Jason Todd juga mengalami nasib yang sama dengan Dick Grayson meskipun Jason sempat dibangkitkan kembali melalui Lazarus Pit dan menggunakan identitas Red Hood. Kematian Robin benar-benar membuat Bruce Wayne menderita, karena momen tersebut terus menghantui hidupnya. Dan ini juga yang coba diangkat dalam film produksi Zack Snyder tersebut. Meskipun filmnya tidak berfokus pada kematian dari Dick, ada beberapa informasi penting yang diperlihatkan tentang kematiannya.

Detail pertama yang diketahui dan paling jelas adalah kematian Dick Grayson versi DCEU disebabkan oleh Joker. Dalam sebuah wawancara, Snyder menjelaskan bahwa Dick tewas sekitar 10 tahun yang lalu sebelum cerita Dawn of Justice dimulai, yang mana kematian Robin tersebut menambahkan beberapa konteks dari momen yang ada di timeline DCEU.

Snyder bahkan menggambarkan Joker sebagai sosok yang masih muda ketika dia membunuh Dick Grayson, yang artinya kemungkinan peristiwa tersebut terjadi di awal kemunculan Joker dan Batman. Joker ingin memberikan pesan tentang siapa yang harus bertanggung jawab atas kematian Dick Grayson, karena sosok tersebutlah (Bruce Wayne) yang memberikan Dick Grayson kostum untuk beraksi.

Tapi, masih belum diketahui bagaimana Joker membunuh Robin atau apa yang dilakukan oleh Joker untuk membunuh Robin. Dalam film Suicide Squad dijelaskan bahwa Harley Quinn juga terlibat dalam kematian Dick, tapi hal tersebut tidak sesuai dengan timeline di DCEU. Setelah kematian Robin, rasa kehilangan benar-benar berdampak sangat hebat kepada Batman.

Kematian Dick juga yang memaksa Batman untuk memilih jalur yang lebih gelap, yang diperlihatkan oleh Batman dalam film Batman v Superman. Dengan disimpannya kostum (dan sepeda) dari Dick Grayson di Batcave, hal itu dilakukan untuk mengingat kegagalan yang sudah dia buat dan memotivasinya agar dia tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Rencana besar dari Snyder untuk DCEU terpaksa harus berantakan setelah dia mundur dari proyek film Justice League, informasi lainnya mengenai kematian Robin mungkin akan segera kita ketahui. Karena, menurut Snyder film Justice League versinya akan memasukan beberapa detail lain tentang kematian dari Robin dan bagaimana hal tersebut berakibat kepada Batman. Apapun informasi yang diberikan Zack Snyder tentang Dick, sayangnya pihak WB ataupun DC Film tidak memiliki rencana apapun untuk menghadirkan sosok Robin di kemudian hari. Padahal, mereka bisa saja mengembangkan cerita Nightwing untuk proyek selanjutnya.