Setelah sempat mengalami penundaan selama beberapa kali, akhirnya proyek film solo The Flash mulai bergerak maju. Setelah dikonfirmasi bahwa filmnya akan mengadaptasi cerita populer Flashpoint, beberapa waktu lalu kejutan muncul dengan adanya kabar bahwa Michael Keaton akan kembali berperan sebagai Batman di film tersebut. Jika dilihat dari segi cerita, memang kemunculan Michael Keaton di film tersebut sangat memungkinkan.

Cerita Flashpoint sendiri menggambarkan ketika Barry Allen “mengacak-acak” timeline di DC Universe, setelah dia mencoba untuk menyelamatkan ibunya. Berbagai cerita alternatif pun muncul setelah kejadian tersebut, contohnya adalah Thomas Wayne yang menjadi Batman dan bukan Bruce Wayne. Artinya Flashpoint di film The Flash juga akan memprkenalkan multiverse, yang akan membuka kesempatan untuk berbagai sosok Batman muncul di filmnya. Berikut adalah berbagai versi Batman yang bisa muncul di film The Flash.

Michael Keaton

Michael Keaton dianggap oleh banyak orang sebagai sosok yang sempurna sebagai Batman, saat dia memerankan karakter ini pada 1989. Keaton dikabarkan sedang dalam proses negosiasi untuk kembali berperan sebagai Batman di film The Flash. Jika kabar ini benar, ini akan menjadi sebuah langkah yang cerdas dari DC untuk bisa meraih banyak penonton sama seperti Marvel.

Event Crisis on Infinite Earths dari Arrowverse setidaknya sudah cukup membantu untuk memperkenalkan konsep multiverse, dan hal itu bisa juga membantu memperkenalkan Batman versi Michael Keaton untuk muncul di DCEU karena berdasarkan event tersebut DCEU dan Arrowverse saling terhubung. Kembalinya Keaton ke peran lamanya ini bisa menjadi bukti perubahan baru DC, dan kehadirannya bisa memberikan dampak yang sangat luas bagi DCEU.

Menurut kabar yang beredar, Michael Keaton dikabarkan akan muncul di lebih dari satu film. Hal ini memberikan gambaran bahwa Keaton bisa menjadi sosok sentral di era pasca Flashpoint. Sosok Bruce Wayne versi Michael Keaton juga dikabarkan akan memiliki peran layaknya seorang mentor bagi karakter di multiverse lain. Ini artinya kehadiran Michael Keaton bukan hanya tentang nostalgia semata, melainkan menjadi sebuah petunjuk bagi arah baru DCEU.

Ben Affleck

Selain Michael Keaton, Ben Affleck juga disebut-sebut sebagai sosok Batman yang sempurna karena mulai dari bentuk tubuh sampai cara dia bertarung mirip dengan apa yang ditampilkan Batman di komiknya. Ben Affleck juga pernah beradu peran bersama Ezra Miller dalam film Justice League, dan akan “kembali” dalam Justice League versi Zack Snyder yang tayang di HBO Max pada 2021 mendatang.

Jika kemudian Ben Afflek kembali muncul sebagai Batman dalam cerita Flashpoint, idealnya Ben akan muncul sebagai Batman yang gesit dan kejam seperti yang diperlihatkan di film Batman v Superman, dibandingkan dengan versi Batman yang “lembut” dalam film Justice League versi Joss Whedon. Dengan Snyder yang mengatakan bahwa Superman versi gelap juga akan muncul di film Justice League versinya, artinya film tersebut akan kembali ke “jalur” yang seharusnya yang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari oleh Snyder, dan Batman tersebut bisa (kemungkinan) muncul di film The Flash.

Jeffrey Dean Morgan

Berperan sebagai Thomas Wayne dalam film Batman v Superman, Jeffrey Dean Morgan dianggap sebagai aktor yang tepat untuk berperan sebagai Flashpoint Batman dalam film The Flash. Para fans sendiri sudah sejak 2017 lalu mengkampanyekan JDM untuk berperan sebagai Flashpoint Batman, ketika Geoff Johns mengatakan bahwa film The Flash nanti akan memperlihatkan peran penting dari Batman.

Dan meskipun perubahan besar sudah banyak terjadi sejak 2017 sampai sekarang, kesempatan bagi JDM untuk tampil di film The Flash masih belum tertutup rapat. Cerita Flashpoint bisa menjadi titik balik bagi cerita Batman, dengan sosok Bruce Wayne muda yang dibunuh oleh perampok dibandingkan ayah dan ibunya. Akibat hal tersebut, Thomas Wayne kemudian menjadi Batman.

Batman versi Thomas Wayne jauh lebih brutal dan lebih kejam dibandingkan dengan Batman versi Bruce Wayne, karena Thomas Wayne tidak hanya mengandalkan kemampuan bela diri tapi dia juga menggunakan senjata api. Dan versi brutal inilah yang dirasa pas untuk diperankan oleh Jeffrey Dean Morgan di film The Flash nanti. Sama seperti Keaton, mungkin Morgan bisa muncul di lebih dari satu film. Keinginan dari para fans ini sebenarnya disambut baik oleh Morgan sendiri, yang pernah mengatakan bahwa dia akan dengan senang hati untuk berperan sebagai Thomas Wayne Flashpoint.

Robert Pattinson

Film The Batman akan menjadi reboot dari karakter Batman pada 2021 mendatang dan Robert Pattinson berperan sebagai Bruce Wayne. Meskipun Matt Reeves mengatakan bahwa film ini tidak akan menjadi bagian dari DCEU, seperti film Joker yang disutradarai oleh Todd Phillips, tapi kemungkinan kemunculan Pattinson di film The Flash sangatlah besar. Hal ini karena Flashpoint melibatkan banyak universe.

Kemunculan Battinson (Batman vesi Pattinson) di film The Flash akan memberikan keuntungan bagi WB dan DC Film, dimana film tersebut akan juga “memperkenalkan” Batman terbaru dan membuat publik semakin mengenal sosok Batman. Bukan tidak mungkin jika nanti kita akan melihat skenario dimana Battinson akan meminta petunjuk dan nasihat dari sosok Bruce Wayne lama. Dengan semua kemungkinan yang ada, kita nantikan saja kejutan yang disuguhkan filmnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.