Pedang merupakan salah satu senjata andalan para bajak laut dalam seri One Piece. Ada banyak pedang yang sangat kuat digunakan oleh para bajak laut, meskipun ada juga pedang biasa yang bisa hancur ketika digunakan dalam pertarungan. Salah satu pedang terkuat dalam cerita One Piece adalah pedang Gryphon, pedang dengan mata pisau yang panjang dengan kekuatan yang dahsyat.

Pedang Gryphon bahkan bisa menyaingi pedang naginata milik Whitebeard yaitu Murakumogiri, dan ketika kedua pedang ini saling beradu, langit terbelah menjadi dua. Kedahsyatan pedang ini tidak sampai disitu. Ketika dialiri oleh Haki Shanks, maka pedang Gryphon miliknya bisa dengan mudah menahan serangan pengguna buah iblis Logia, seperti yang dia lakukan ketika menahan serangan Sakazuki demi melindungi Coby.

Sosok Shanks memang menjadi sebuah misteri besar, karena selain kita masih belum mengetahui tentang bagaimana cerita masa lalunya sebelum bergabung dengan Roger dan siapa Shanks sebenarnya – rumornya menyebutkan Shanks adalah bagian dari kaum naga langit – kita juga belum tahu darimana Shanks mendapatkan pedang Gryphon. Apakah Shanks mendapatkan pedangnya ketika dia mulai berpetualang sendiri bersama krunya? Ataukah Shanks mendapatkan pedang tersebut dari seseorang?

Jika dilihat, sebenarnya pedang Gryphon yang digunakan oleh Shanks memiliki kemiripan dengan pedang misterius yang digunakan oleh Roger ketika dia masih hidup. Roger memang sangat jarang menggunakan pedangnya, tapi dia juga pengguna senjata tersebut. Buktinya adalah ketika bertarung melawan Whitebeard dan juga ketika bertarung melawan bajak laut Rocks, Roger menggunakan pedang.

Dari kedua pertarungan epik tersebut bisa Geeks perhatikan bahwa pedang yang digunakan oleh Roger dalam pertarungan tersebut memiliki kemiripan dengan yang digunakan oleh Shanks. Kecuali Shanks memiliki pedang yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan pedang milik Roger, bisa diasumsikan bahwa pedang Gryphon yang ada di tangan Shanks bisa jadi merupakan milik Roger sebelumnya.

Jika memang begitu, apakah artinya Roger memberikan pedang tersebut kepada Shanks sama seperti topi jerami yang dia gunakan? Mengapa Roger tidak memberikan pedang tersebut kepada Rayleigh, yang merupakan tangan kanan Roger dan juga pengguna pedang? Mungkin itu yang akan dijawab di kemudian hari oleh Oda sensei. Tapi, bisa jadi Shanks belum lama memiliki Gryphon tersebut.

Ketika Roger berpisah dengan krunya, setelah menyelesaikan petualangan mereka menuju Laugh Tale, usia Shanks bisa dibilang masih remaja. Rasanya belum cocok atau belum pas jika Shanks diberikan pedang sedahsyat Gryphon – kecuali memang diwariskan sejak awal, misalnya Momonosuke yang diwarisi pedang Ame no Habakiri.

Jadi, kemungkinannya adalah Rayleigh (atau kru lainnya) menyimpan pedang tersebut. Seperti banyak yang dirumorkan, Rayleigh merupakan mentor bagi Shanks. Dia mengajarkan banyak hal mulai dari cara mengendalikan Haki, mengaktifkan Haki, dan juga bisa jadi kemampuan untuk berpedang. Karena dianggap sudah pantas, Rayleigh kemudian memberikan pedang tersebut kepada Shanks.

Jadi, kesimpulannya adalah ada kemungkinan jika pedang Gryphon merupakan milik Gol D. Roger sebelum Shanks menjadi pemilik selanjutnya dari pedang tersebut. Tapi, apakah Shanks memang mendapatkan itu dari Roger atau dari orang lain masih menjadi sebuah misteri. Yang pasti, Shanks sangat beruntung bisa memiliki salah satu pedang paling dahsyat dalam cerita One Piece.