Franchise Avengers sudah banyak menghadirkan keseruan dan juga cerita yang menarik, termasuk pertarungan antara para pahlawan terbaik Marvel. Mulai dari pertarungan Iron Man vs Captain America, sampai Thor vs Hulk. Para penonton disuguhkan sebuah pertarungan yang sangat luar biasa dan sangat memorable.

Kejadian unik juga tidak jarang muncul, contohnya adalah ketika Captain America mampu mengangkat Mjolnir milik Thor. Thor sendiri sudah sejak lama menduga bahwa Steve memiliki kemampuan untuk mengangkat Mjolnir, dan hal itu terbukti di akhir film Avengers: Endgame. Tapi, bagaimana jika Mjolnir yang digunakan oleh Captain America dan Stormbreaker yang dipakai Thor diadu?

Penggunanya

Captain America merupakan salah satu karakter yang memimpin para pahlawan di MCU. Steve berkembang dari seorang pemuda biasa, menjadi sosok pembela kebenaran dengan bantuan teknologi serum mutakhir. Dengan kemampuan yang dia miliki tersebut, Steve memutuskan untuk menolong orang lain dan tidak terlalu memperdulikan kehidupan pribadinya. Meskipun dia memiliki kemampuan manusia super, pada dasarnya dia adalah manusia biasa yang rentan terhadap serangan.

Thor, di sisi lain, adalah seorang dewa. Para penduduk Asgard memang ditakdirkan memiliki kelebihan dan kekuatan, yang tidak dimiliki oleh para manusia biasa. Sama seperti Steve, Thor juga mengalami perkembangan karakter yang signifikan. Sejak dia diusir ke bumi dan bertemu dengan Jane Foster, Thor tumbuh menjadi sosok yang tidak lagi keras kepala dan rela mementingkan orang lain.

Kekuatan Mjolnir dan Stormbreaker

Mjolnir sendiri diwariskan oleh ayah dari Thor, Odin, kepada siapapun yang dianggap pantas untuk palu tersebut. Dan hanya beberapa orang saja yang bisa mengangkat Mjolnir. Mjolnir memberikan tambahan tenaga kepada Thor, begitu juga Mjolnir bisa dipanggil kapan saja tidak peduli seberapa jauh palu tersebut berada. Satu hal yang tidak dimiliki Mjolnir adalah daya tahan. Meskipun palu ini terbuat dari material yang sama dengan Stormbreaker, Mjolnir bisa dengan mudah dihancurkan oleh Hela.

Yang paling menakjubkan adalah ketika Thor melempar Stormbreaker, dan senjata ini dapat membelah serangan Infinity Stones Thanos kemudian menancap di dada Thanos. Hal tersebut menunjukan bahwa Stormbreaker merupakan senjata yang dahsyat, dengan mampu melakukan apa yang belum tentu dilakukan oleh Mjolnir. Di film Endgame pun, Thor dengan mudah memenggal kepala Thanos menggunakan Stormbreaker hanya dengan satu tebasan.

Dengan bantuan dari Eitri dan juga Groot, akhirnya terciptalah Stormbreaker. Kapak besar ini disebut-sebut merupakan senjata seorang raja, dan merupakan paling kuat di Asgard. Bahkan, Stormbreaker dikatakan bisa memanggil Bitfrost. Contohnya adalah ketika mereka pergi ke Wakanda dengan memanggil Bitfrost melalui Stormbreaker.

Kekuatan Penggunanya

Captain America tidak diragukan lagi merupakan salah satu karakter terkuat di MCU, seperti yang diperlihatkan di film The Avengers dimana dia bisa bertahan dari kekuatan Mjolnir dengan menggunakan tamengnya ketika Thor menyerang Cap. Kemampuannya untuk bisa mengangkat Mjolnir menunjukan bahwa Steve memiliki kekuatan layaknya para dewa, ditambah dengan teknik bertarungnya yang juga luar biasa.

Tapi, seperti yang dijelaskan sebelumnya, Thor adalah seorang dewa dan dia juga merupakan penduduk Asgard. Artinya dia memiliki kelebihan dalam masalah kekuatan dibandingkan manusia. Belum lagi Thor mampu memanggil petir, meskipun hal tersebut tidak menambah kemampuan bertarungnya, namun kekuatan ini bisa menjadi senjata andalan untuk menghadapi manusia bahkan Captain America.

Jadi, pemenang dari pertarungan ini adalah Thor. Captain America mungkin memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki oleh Thor, dan begitu juga sebaliknya. Captain America mungkin merupakan Avengers pertama, tapi meskipun dia bersenjatakan Mjolnir, rasanya sulit bagi Captain America untuk menghadapi seorang dewa seperti Thor.