Diantara para Avatar lainnya, seperti Avatar Kyoshi, atau temannya Bumi, Aang merupakan karakter yang memiliki usia layaknya seorang manusia pada umumnya. Aang diketahui meninggal pada usia 66 tahun, setelah seri Avatar: The Last Airbender selesai. Aang meninggal karena ia sudah cukup tua. Katara sendiri hidup satu dekade lebih lama dibandingkan Aang, dan karena usia Aang yang hanya mencapai 66 tahun sayangnya dia tidak pernah bisa melihat cucunya.

Katara dan Aang akhirnya menikah setelah cerita The Last Airbender, dan mereka dikaruniai tiga orang anak. Tapi, sayangnya karena usia Aang yang lebih pendek dari Katara, dia tidak bisa melihat cucunya. Apakah usia Aang benar lebih pendek dari Katara dan Bumi? Beberapa karakter di seri tersebut memang memiliki kesempatan untuk hidup panjang, contohnya Bumi yang berusia lebih dari 100 tahun dan Avatar Kyoshi yang mencapai 230 tahun.

Mengomentari perihal usia, co-creator dari seri The Last Airbender, Bryan Konietzko, menjelaskan dalam salah satu wawancara bahwa, “Mike (Michael DiMartino) dan aku memiliki ide bahwa orang-orang yang memiliki kemampuan Chi yang luar biasa dapat hidup lebih lama.” Apakah artinya kemampuan Chi dari Aang lebih lemah dari Kyoshi atau bahkan Bumi?

Dalam wawancara dengan Wall Street Journal, Michael DiMartino sedikit menjelaskan terkait hal tersebut. “kita harus ingat bahwa dia (Aang) membeku di dalam sebuah es selama 100 tahun. jadi, dia menggunakan seluruh usia Avatar yang dia miliki (untuk bertahan hidup).” Pertarungan melawan raja api Ozai bukanlah satu-satunya pertarungan yang hampir merenggut nyawa Aang.

Dalam sebuah flashback di seri The Legend of Korra, di usianya yang ke 40 Aang pernah bertarung melawan seorang pengendali darah hebat, Yakone, dimana dia bisa mengendalikan darah tanpa perlu adanya bantuan gerhana bulan. Ketika pertarungan tersebut kemampuan Avatar State Aang kembali diaktifkan, saat nyawa Aang berada dalam bahaya.

Kemampuan Avatar State tersebut juga menjelaskan mengapa Aang bisa selamat di dalam es selama 100 tahun. Meskipun saat Aang keluar dari es, usianya sama dengan sebelum dia membeku, kekuatan Chi yang Aang miliki kemungkinan terkuras habis untuk bertahan hidup selama dia menggunakan Avatar State di dalam es. Karena itulah Aang memiliki usia yang lebih sedikit dibandingkan dengan para Avatar sebelumnya.

Tapi, Aang sempat kembali muncul sebagai arwah dalam The Legend of Korra dimana Aang memberikan petunjuk kepada Korra tentang apa yang harus dia lakukan. Aang juga sempat muncul beberapa kali sebelum dia meninggal. Keempat cucunya juga lebih muda dibandingkan Korra, dan sayangnya Aang tidak bisa melihat mereka semua karena sebelum mereka lahir Aang sudah meninggal.

Tapi, meskipun Aang sudah meninggal, dalam mitologi Avatar Aang masih akan tetap hidup sebagai arwah yang mengawasi seluruh dunia. Artinya meskipun tubuhnya meninggal, tapi jiwanya tetap hidup. Meskipun Aang tidak bisa melihat keluarganya secara langsung, Aang masih bisa melihat mereka dari dunia yang lain. Tidak berapa lama setelah kematian Aang, rekannya yang juga kakak Katara, Sokka, juga meninggal dunia. Katara, Toph, dan Zuko berhasil hidup lebih lama dari Aang dan mampu menjadi mentor bagi Korra.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.