Arc Wanokuni memang menjadi sebuah arc yang menarik sampai sejauh ini, dengan berbagai keunikan dari wilayahnya dan juga berbagai hal mengejutkan yang disampaikan dalam cerita. Para fans diajak untuk melihat sebuah wilayah yang sudah lama tertutup dari dunia luar, dengan tidak adanya informasi apapun yang yang masuk atau keluar dari wilayah tersebut.

Salah satu keunikan yang ada di arc Wanokuni ini adalah adanya tema “penyamaran” yang diaplikasikan kepada beberapa karakter. Menyamar sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi beberapa karakter tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi dirinya – dan identitas aslinya – dari kekejaman sosok penguasa Wano yaitu Kurozumi Orochi.

Sejauh ini ada lebih dari lima karakter yang memiliki alias/penyamaran/memiliki identitas rahasia yang sudah diungkapkan di arc ini. Siapa saja?

Shimotsuki Yasuie

Pertama adalah sang Daimyo wilayah Hakumai, yang juga merupakan sekutu dari Kozuki Oden yaitu Shimotsuki Yasuie alias Tonoyasu. Dulu, Yasuie merupakan sosok yang disegani bahkan dia merupakan orang yang sangat baik kepada Orochi dengan mau meminjamkan uangnya. Sampai kemudian Orochi mencuri uang simpanan milik Yasuie yang merupakan uang simpanan wilayah Hakumai.

Sebenarnya, Yasuie sudah menaruh curiga kepada Orochi bahwa dia bukanlah sosok yang baik. Dan akhirnya kekhawatiran tersebut benar ketika dia berkuasa dan menindas rakyat Wano. Akhirnya dia pun menyamar menjadi sosok Tonoyasu dan menghibur warga yang kesusahan sambil juga membantunya. Sampai kemudian dia harus dieksekusi

Ashura Doji

Ashura Doji merupakan mantan penguasa di wilayah Kuri, sebuah wilayah di Wano yang tidak memiliki aturan hukum. Kozuki Sukiyaki pun sudah lepas tangan untuk mengurusi wilayah tersebut, sampai kemudian Oden menghabisi semua samurai anak buah Ashura Doji, bahkan Ashura Doji sendiri berhasil dikalahkan. Oden kemudian menjadi penguasa disana dan Ashura Doji jadi salah satu pengikut Oden.

Ketika Oden tewas, Ashura Doji sempat melakukan penyerangan ke wilayah Onigashima bersama ribuan samurai lainnya. Sayangnya, rencana tersebut gagal total karena kekuatan mereka tidak cukup kuat. Akhirnya Ashura Doji menggunakan nama lain untuk melindungi dirinya yaitu Shutenmaru, sambil menunggu Red Scabbards lainnya yang pergi ke masa depan. Ashura Doji adalah salah satu Red Scabbards yang tidak dikirim ke masa depan oleh Toki.

Gyukimaru

Sosok Gyukimaru sempat muncul beberapa kali dalam cerita. Dia digambarkan sebagai pelindung sebuah tempat yang berupa makam dari Shimotsuki Ushimaru. Dia akan menyerang siapapun yang mencoba untuk mencuri pedang milik Ushimaru. Tapi, ternyata Gyukimaru bukanlah manusia melainkan sosok Onimaru, rubah ajaib yang menjadi teman dari Ushimaru selama hidup.

Kamazo the Manslayer

Killer merupakan sosok karakter yang memperlihatkan bagaimana dia begitu setia kepada Kidd. Demi menyelamatkan Kidd yang ditahan, Killer rela untuk menerima tawaran dari Kaido dan Orochi untuk mengkonsumsi buah iblis Smile yang hasilnya dia berubah sangat drastis. Dia selalu tertawa tidak peduli situasinya. Selain itu, dia juga sempat mengganti identitasnya menjadi Kamazo the Manslayer.

Kozuki Hiyori

Selain Momonosuke, Oden dan Toki juga memiliki seorang anak perempuan bernama Kozuki Hiyori. Dia merupakan adik dari Momonosuke, dan ketika Toki mengirimkan Momonosuke ke masa depan, Hiyori tidak ikut bersamanya. Dia pun tumbuh dewasa, sambil menyimpan dendam yang mendalam terhadap Orochi. Akhirnya dia pun menggunakan identitas lain agar bisa mendekati Orochi, yaitu dengan menggunakan nama Komurasaki. Dia merupakan wanita penghibur nomor satu di Wano. Tapi, sayangnya Hiyori sudah tidak lagi berada di istana karena diusir oleh Orochi. Keberadaan Hiyori juga sudah diketahui oleh Orochi.

Denjiro

Denjiro merupakan salah satu anggota dari Red Scabbards yang pernah diselamatkan oleh Oden dari serangan dewa gunung. Setelah kejadian itu, Denjiro dan juga Kinemon kemudian mulai menjadi pengikut pertama Oden. Denjiro begitu menghormati dan mengaggumi Oden, sampai-sampai kematian yang dialami Oden membuat Denjiro sangat bersedih. Kesedihan itu ternyata mengubah wajahnya, dan dibandingkan yang lain, Denjiro adalah sosok Red Scabbards yang paling berdedikasi dengan menyamar menjadi kepala keamanan Orochi di Wano dengan menggunakan identitas Kyoshiro selama 20 tahun.

Kanjuro

Salah satu anggota dari Red Scabbards yang juga “berdedikasi” kepada tuannya, hanya saja tuannya adalah Kurozumi Orochi bukan Oden. Kanjuro menyamar menjadi anggota Red Scabbards selama 20 tahun lebih untuk menjadi mata-mata bagi Oden dan Kaido, sampai kemudian terungkap bahwa Kanjuro ternyata masih merupakan bagian dari klan Kurozumi.

Para Bajak Laut

Kru bajak laut juga banyak yang menyamar di arc ini, misalnya Zoro yang menggunakan nama Zorojuro dan sanji yang bekerja sebagai tukang makanan. Robin juga menyamar bersama Hiyori sebagai Geisha atau wanita penghibur demi mendapatkan informasi mengenai Orochi. Yang paling mengejutkan adalah sosok X Drake yang ternyata merupakan pemimpin dari organisasi rahasia angkatan laut, SWORD.

Scratchmen Apoo juga ternyata adalah pengkhianat bagi para supernova lainnya yang ternyata dia adalah bagian dari kru bajak laut Kaido. Yang terbaru adalah kita diperlihatkan sosok Yamato, yang merupakan anak Kaido. Sejauh ini tidak banyak informasi yang kita dapatkan dari Yamato, apakah dia adalah benar sekutu bagi Luffy atau hanya merupakan jebakan seperti Apoo. Kita nantikan saja kelanjutannya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.