Marvel Cinematic Universe sudah memperkenalkan kepada kita berbagai makhluk kosmik yang luar biasa dalam Infinity Saga, seperti Thanos dan Ego. Tapi, komik Marvel tentunya memiliki segudang Entitas  kosmik lainnya yang masih belum dimunculkan di MCU. MCU sendiri saat ini kabarnya akan memfokuskan Phase 4 untuk mengangkat tema kosmik, dimulai dengan perilisan film Eternals.

Cerita kosmik MCU memang dipenuhi oleh berbagai entitas-entitas yang sangat dahsyat dan juga kuat. Jika Marvel Studios mau, bisa saja entitas tersebut dimunculkan di MCU dan menjadi bagian dari Phase 4 atau Phase 5 mendatang. Berikut adalah berbagai entitas kosmik terkuat di Marvel Universe selain Infinity Stones dan Thanos.

Galactus

Galactus dianggap sebagai karakter tertua di universe Marvel. Digambarkan dengan sosok pria dengan tubuh yang sangat besar dengan kostum berwarna ungu dan sama seperti Thanos, Galactus dikenal sebagai entitas kosmik yang selalu menghancurkan planet. Dia akan memerintahkan bawahannya untuk mencari berbagai planet yang bisa dia konsumsi.

Dalam cerita komiknya, Galactus pernah dikalahkan oleh Fantastic Four setelah Reed Richard berhasil membujuk Silver Surfer untuk membantu mereka melawan Galactus. Galactus pun pernah bertarung dengan Thanos karena memperebutkan Infinity Stone. Kemunculan Galactus bisa menjadi pintu masuk bagi MCU untuk memperkenalkan Fantastic Four.

The Beyonder

The Beyonder pada dasarnya adalah karakter yang bisa melakukan apapun di multiverse ini. Dia bahkan membuat sebuah peperangannya sendiri, dengan mengambil para pahlawan dan villain dari bumi dan memindahkannya ke sebuah dunia yang sudah dia bangun sendiri yaitu Battleworld. Inilah yang kemudian memunculkan peristiwa Secret Wars.

Beyonders bisa membuat dan menghancurkan sebuah universe sesuka hatinya. Dia bahkan berencana untuk menghancurkan universe ini dengan menciptakan Molecule Man. Secret Wars sendiri digadang-gadang akan menjadi cerita selanjutnya yang akan diadaptasi MCU, jadi artinya sosok The Beyonders kemungkinan juga akan mulai diperkenalkan kepada para fans.

Adam Warlock

Adam Warlock adalah salah satu karakter komik Marvel yang populer. Dia adalah manusia buatan yang diciptakan oleh sekelompok ilmuwan yang disebut The Beehive. Karakter buatan Jack Kirby dan Stan Lee ini awalnya bernama Him dan melakukan debut pada komik Fantastic Four #66. Namun pada komik Marvel Premiere #1 yang terbit pada 1972, Roy Thomas dan Gil Kane mengubah karakter Him menjadi Adam Warlock dan terus dikenal sampai saat ini.

Sosok Adam Warlock sebenarnya sudah pernah diberikan petunjuk akan muncul di MCU, di akhir film Guardians of the Galaxy 2. Sosok Adam Warlock juga banyak diteorikan akan muncul di film Avengers: Infinity War dan Endgame, tapi sayangnya karakter ini tidak muncul di kedua film tersebut. Padahal dalam komiknya, Adam Warlock adalah sosok yang penting dalam cerita Infinity Saga.

Cosmic Control Rod

Annihilus merupakan salah satu karakter kosmik yang sangat populer dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat. Annihilus sendiri pertama kali diperkenalkan di komik Fantastic Four, dan sudah menjadi salah satu sosok villain kosmik yang paling mengerikan dan paling kuat. Dia memiliki kemiripan dengan Galactus, mencari planet untuk dikuasai dan kemudian dihancurkan.

Annihilus merupakan penguasa dari Negative Zone, dan dia memiliki kendali dari pasukan di Negative Zone berkat bantuan dari Cosmic Control Rod. Cosmic Control Rod bisa menjadi benda kosmik baru yang menggantikan posisi Infinity Stones. Cosmic Control Rod sendiri merupakan benda yang bisa menghasilkan energi kosmik yang dahsyat dan menjadi senjata andalan dari Annihilus.

Nova

Sebelum X-Men, Guardians of the Galaxy, atau pun Avengers muncul dan melindungi alam semesta, ada pasukan khusus kosmik bernama Nova Corps yang sudah terlebih dahulu melakukan hal tersebut. Tapi, di tahun 1976, seorang pemuda dari New York, Richard Rider, kemudian dipilih untuk menjadi seorang superhero dan menjadi satu-satunya yang tersisa dari Nova Corps.
Setelah diberikan petunjuk tentang dirinya yang akan dipilih menjadi Nova terakhir, Richard Rider kemudian tumbuh dengan kekuatan super yang dia miliki. Semua kekuatan tersebut berasal dari para Nova Force. Dengan kemampuan tersebut Richard mampu mengakses kemampuan seperti terbang, kekuatan super, kecepatan, dan juga daya tahan yang tinggi. Nova menjadi salah satu karakter yang banyak diharapkan muncul di MCU selain Fantastic Four.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2