Sudah bukan rahasia umum jika tahun 2020 menjadi tahun yang kurang menguntungkan untuk semua sektor, termasuk industri perfilman di Hollywood, akibat adanya wabah COVID-19 yang melanda seluruh dunia. Semua jadwal produksi film harus tertunda, dan sebagian besar jadwal perilisan film di tahun 2020 harus diundur selama beberapa waktu dari jadwal semula.

Ada banyak film-film baru yang pada awalnya akan dirilis pada 2020 ini, pada akhirnya harus diundur ke tahun 2021 mendatang. Tapi, ternyata ada juga beberapa film blockbuster Hollywood yang masih tetap dengan rencana awal mereka – setidaknya sampai saat ini, karena perubahan jadwal bisa saja sewaktu-waktu muncul kembali. Dan berikut adalah film-film yang rencananya masih akan dirilis pada 2020.

The Conjuring: The Devil Made Me Do It – September 2020

The Conjuring merupakan franchise horror modern yang paling sukses dan populer saat ini, dengan kesuksesan berbagai film dan spinoff mereka yang membukukan total pemasukan sampai USD 2 milliar. Meskipun trilogi dari Annabelle, The Nun, dan The Curse of La Llrona selalu membuat fans penasaran dan tidak sabar untuk menunggu, petualangan lanjutan dari Ed dan Lorraine tetap menjadi “menu utama” mereka.

Dua film pertama Conjuring berhasil mencatatkan hasil yang sangat baik, bahkan ulasan dari berbagai pihak pun memberikan nilai yang sangat baik. Selain itu, kedua film tersebut juga berhasil menelurkan spinoff, seperti The Nun yang merupakan spinoff dari film keduanya. Film ketiga ini diprediksi akan menuai kesuksesan yang sama dengan dua film sebelumnya, dengan racikan dan formula yang sama yang siap memberikan pengalaman horror luar biasa kepada para penonton.

Top Gun: Maverick – Desember 2020

Meskipun sudah disuguhkan oleh berbagai film dari franchise Mission: Impossible, sepertinya para pecinta film masih belum puas untuk melihat aksi dari Tom Cruise melakukan aksi menegangkan dan berbahaya. Menjadi sekuel dari film sebelumnya yang tayang di era 1980an, Top Gun: Maverick hadir dengan berbagai nuansa baru sambil juga tetap menghadirkan elemen lama dari filmnya.

Tom Cruise akan kembali berperan sebagai pilot handal di film ini, dan beberapa cast lama juga akan hadir dalam filmnya. Sejauh ini, plot untuk Top Gun: Maverick yang sudah diketahui adalaha Maverick kembali dipanggil oleh pihak angkatan udara Amerika untuk melatih para pilot tempur baru, termasuk anak dari bekas rivalnya yang masih menaruh dendam kepada Maverick.

Soul – November 2020

Pixar saat ini sedang tidak ingin mengerjakan proyek sekuel dan lebih cenderung fokus pada berbagai proyek orisinal. Film animasi, Soul, merupakan proyek film orisinal terbaru dari Pixar yang akan tayang pada tahun 2020 ini. Soul sendiri berkisah tentang seorang guru musik di sekolah menengah, yang berjuang untuk mewujudkan mimpinya sebagai seorang musisi Jazz.

Dengan pengecualian film Onward, yang dilanda oleh beberapa situasi yang tidak terduga, rekam jejak Pixar dalam hal kesuksesan filmnya selalu dalam kondisi yang stabil.  Dari delapan film yang pernah mereka buat, hanya dua film saja yang meraih keuntungan kurang dari USD 740 juta. Artinya film Soul memiliki peluang besar untuk mendapatkan angka yang tinggi ketika dirilis pada November mendatang.

Free Guy – Desember 2020

Proyek terbaru dari Ryan Reynolds ini mengangkat konsep yang sudah lama tidak diaplikasikan di film-film blockbuster dengan ongkos produksi besar di Hollywood. Sutradara Shawn Levy mungkin tidak terlalu dikenal sebagai sutradara yang biasa mengarahkan berbagai film-film blockbuster, tapi Levy tahu bagaimana caranya untuk “mempromosikan” dirinya kepada para rumah produksi di Hollywood melalui film ini.

Ryan Reynolds akan berperan sebagai NPC (Non-Playable Character) dalam sebuah permainan video bergenre open-world, dimana dia kemudian memutuskan untuk berhenti menjadi seorang NPC dan memutuskan untuk menjadi seorang pahlawan. Fillm ini rencananya akan dirilis pada Juli mendatang, tapi kemudian diundur menjadi Desember 2020 karena musim liburan akan menjadi masa yang ditunggu-tunggu oleh semua pihak.

The Legend Hunters – Juli 2020

Ekspansi yang sangat cepat dari box office Tiongkok dalam beberapa tahun belakangan membuat industri film mereka menjadi pesaing bagi industri film di Hollywood, dan berada di peringkat kedua untuk segmen pasar terbesar. Meskipun mereka lebih sering menjadi sasaran industri Hollywood, industri film Tiongkok juga tidak jarang ada yang masuk jajaran box office dunia.

The Legend Hunters menjadi contoh baru dari perwujudan tersebut. Simon West merupakan sutradara untuk film aksi fantasi epik ini, sebuah genre yang memang sangat populer bagi para pecinta film di negara tersebut. Bintang besar dari Tiongkok seperti Zhang Hanyu, Jiang Wu, dan Celina Jade akan menjadi pemeran utamanya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2