Momonosuke akan menjadi penerus Kozuki Oden sebagai Shogun dari wilayah Wano. Mungkin Geeks sering mendengar teori atau prediksi tentang hal tersebut, dimana setelah peperangan yang sangat masif ini selesai Momonosuke akan menggantikan posisi Orochi sebagai Shogun yang sah dari wilayah Wano. Meskipun kita masih belum tahu apa yang akan terjadi, tapi kemungkinan bukan Momo yang akan menjadi Shogun Wano setelah perang ini selesai.

Dalam artikel beberapa waktu yang lalu, ada beberapa skenario yang mungkin akan terjadi setelah perang ini selesai. Pertama adalah Momonosuke akan mengambil tugas sebagai Shogun Wano, terlepas dari usianya yang masih kecil. Kedua, dia akan menyerahkan tugas tersebut kepada sang adik, yaitu Hiyori sedangkan Momonosuke akan pergi bersama Luffy atau setidaknya tidak menjabat Shogun Wano sampai Momo siap.

Tapi, setelah chapter 983 kemarin sepertinya skenario tentang siapa yang akan menjadi pemimpin Wano selanjutnya bertambah satu yaitu Yamato yang menduduki jabatan sebagai Shogun Wano sedangkan Momonosuke akan ikut berpetualang bersama Luffy. Ada beberapa alasan mengapa skenario ketiga ini bisa muncul.

Pertama, Momonosuke pernah mengatakan bahwa dia ragu terhadap dirinya sendiri untuk bisa menjadi pemimpin dari klan Kozuki, menjadi pemimpin Wano. Dia sadar bahwa orang-orang tidak melihatnya sebagai Momonosuke, melainkan sebagai pewaris dan penerus kejayaan Kozuki Oden. Lagipula, kembali, Momonosuke masih berusia sangat kecil sehingga dia masih butuh banyak pengalaman dalam segala hal apalagi ini menyangkut banyak orang.

Kedua, Momonosuke sudah “menghilang” selama 20 tahun dari wilayah Wano. Bagaimana mungkin Momonosuke memimpin sebuah negara yang dia sendiri tidak mengenalinya secara mendalam? Ketiga, kehidupan Yamato saat ini sepertinya dipengaruhi oleh sosok Kozuki Oden yang terlihat jelas dari bagaimana dia berpakaian. Mungkin, teori para fans yang menyebutkan bahwa Yamato muncul saat eksekusi Oden bisa jadi benar. Dan sejak saat itulah Oden menjadi inspirasi bagi Yamato.

Keempat, dengan asumsi bahwa Yamato memang dipengaruhi oleh sosok Kozuki Oden, maka hal itu akan menjadi alasan yang tepat mengapa Kaido mengirimkan pasukannya untuk mencari Yamato. Karena, Yamato selama ini membantu orang-orang atau para penduduk Wano, ketika Momonosuke dan anggota Red Scabbards tidak ada di Wano. Itu artinya Yamato tahu seluk beluk para penduduk dan wilayah di Wano, sedangkan Momonosuke tidak.

Perlu dicatat ya Geeks, bahwa kepemimpinan Wano mungkin akan dikembalian kepada penerus yang sah yaitu Momonosuke ketika memang sudah waktunya. Mungkin di akhir cerita nanti kita akan melihat skenario ini menjadi kenyataan. Dengan memberikan kekuasaan kepada Yamato, hal ini juga akan menghentikan “tradisi” dari Wano yang tertutup dan terbatas dari dunia luar.

Cara terbaik untuk merubah Wano secara drastis adalah memilih orang yang tepat untuk pekerjaan atau tugas tersebut. Sosok tersebut harus sangat mencintai dan mengetahui seluruh keadaan di wilayahnya, dan Yamato adalah orang tersebut. Momonosuke memang sosok yang penting dalam penyerangan dan pemberontakan ini, tapi dia hanya sebagai simbol saja. Momo tidak merencanakan semuanya, dia tidak mencari Red Scabbards, dan bahkan bukan dia yang memimpin penyerangan ini.

Setidaknya untuk beberapa waktu, meskipun Momo tidak akan menjadi Shogun dari Wano tapi dia akan mengalami sebuah pengalaman yang sangat dahsyat dengan berkeliling dunia di One Piece menjadi saksi bagi Luffy yang akan menemukan pulau Laugh Tale dan menjadi raja bajak laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.