Tahun 2020 menjadi tahun yang “luar biasa” bagi industri film, karena banyak rumah produksi yang harus menggeser berbagai jadwal perilisan film dan jadwal produksi yang sudah tersusun akibat adanya pandemi COVID-19 yang menerpa seluruh dunia. Meskipun begitu, tidak sedikit diantara film-film yang ada tetap akan dijadwalkan dirilis pada tahun 2020 ini.

Sejumlah film horror besar pun siap untuk dirilis pada 2021 mendatang, dimana sekuel dan film perdana tetap menjadi dominasi utama. Ada juga beberapa film yang terpaksa dirilis pada 2021 karena mengalami menundaan dan perubahan jadwal. Berikut adalah berbagai film bergenre horror yang akan dirilis pada 2021 mendatang.

Escape Room 2 – 1 Januari 2021

Mengikuti kesuksesan film Escape Room, thriler psikologis yang disutradarai oleh Adam Robitel ini mendapatkan lampu hijau untuk memproduksi film sekuelnya. Robitel kembali menjadi sutradara untuk film kedua ini, yang mana pada awalnya akan dirilis pada April 2020 kemarin. Taylor Russell dan Logan Miller juga akan kembali ke peran mereka yaitu Zoey Davis dan Ben Miller.

Mereka akan bergabung dengan berbagai cast lainnya seperti Isabelle Fuhrman, Thomas Cocquerel, Holland Roden, Carlito Oliviero, dan Indya Moore. Untuk sementara ini, tidak banyak informasi plot yang bisa diketahui tentang filmnya tapi kemungkinan masih akan melanjutkan cerita akhir yang menggantung di film pertama dimana Ben dan Zoey harus terjebak dalam sebuah penerbangan yang mengerikan.

Morbius – 19 Maret 2021

Setelah merilis film Venom, Sony Pictures akan semakin memperluas jagat sinematik Marvel dengan perilisan film Morbius. Film superhero horror ini akan berfokus pada sosok Michael Morbius, seorang ilmuwan cerdas yang berubah menjadi vampir setelah mencoba untuk menyembuhkan penyakit darah langka yang dia derita. Jared Leto akan menjadi aktor yang memerankan karakter Morbius, karakter Marvel yang pertama kali diperkenalkan pada 1971.

Rencana pembuatan film ini sebenarnya sudah diketahui para fans sejak 2017, jauh sebelum Daniel Espinosa ditunjuk untuk menjadi sutradaranya. Proses pengambilan gambar kemudian dimulai pada awal 2019 dengan rencana perilisan awal pada Juli 2020 mendatang. Tapi, akibat pandemi virus Corona akhirnya jadwal perilisan ditunda.

Last Night in Soho – 23 April 2021

Setelah sukses dengan film Baby Driver yang dirilis pada 2017, Edgar Wright kembali duduk di kursi sutradara untuk memproduksi film horror psikologis Last Night in Soho. Selain menjadi sutradara filmnya, Wright juga menjadi penulis utama cerita filmnya. Last Night in Soho berkisah tentang seorang gadis muda yang sangat tertarik dengan dunia fashion kembali ke masa lalu, tepatnya pada 1960.

Setelah tiba di tahun 1960an, dia kemudian bertemu seoang penyanyi yang juga merupakan tokoh idolanya. Sama seperti film yang terdapat elemen perjalanan waktu, gadis tersebut harus menghadapi sebuah konsekuensi yang sangat besar. Dan yang paling penting era 1960an tidak seindah yang gadis tersebut pikirkan. Anya-Joy Taylor akan menjadi bintang utama filmnya, dan film ini rencana awalnya dirilis pada September 2020 mendatang sebelum kemudian diundur.

Spiral: From the Book of Saw – 21 Mei 2021

Film horror ini juga termasuk dalam daftar film yang pada awalnya akan dirilis pada 2020 sebelum kemudian diundur menjadi 2021. Lionsgate kembali memproduksi film untuk franchise Saw, dan menjadi film yang kesembilan untuk franchise tersebut. disutradarai oleh Darren Lunn Bousman, Spiral berfokus pada seorang detektif yang diperankan oleh Chris Rock yang menyelidiki kasus pembunuhan yang berkaitan dengan masa lalu yang ada di sebuah kota.

Sayangnya, ketika investigasi yang dilakukan sedang berjalan dia justru terjebak dalam sebuah permainan mengerikan yang menjadi ciri khas si pembunuh. Film ini sangat dinantikan oleh banyak pecinta film, karena mereka tidak sabar untuk menyaksikan penampilan Chris Rock dalam film horror gore seperti Saw. Chris Rock biasanya berperan dalam film drama atau film komedi, seperti pengisi suara di film animasi Madagascar.

Dark Harvest – 24 September 2021

Novel horror karya Norman Partridge yang dirilis pada 2007 silam diadaptasi dalam sebuah film layar lebar berjudul Dark Harvest. Film ini akan diproduksi oleh MGM dan akan disturadarai oleh David Slade. Dengan setting pada Helloween tahun 1963, Dark Harvest berfokus cerita di sebuah kota, di mana setiap tahunnya pada perayaan Helloween, kota tersebut harus menghadapi makhluk mengerikan bernama “Sawtooth Jack.”

Para remaja laki-laki yang berhasil mengalahkan makhluk tersebut akan mendapatkan hadiah “October Prize,” yaitu sebuah mobil baru dan satu tahun tanpa menerima tagihan apapun. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai cast yang akan bermain di filmnya serta berbagai informasi detail lainnya.

Halloween Ends – 15 Oktober 2021

Halloween Ends akan menjadi film ketiga dan film terakhir dari proyek reboot seri Halloween yang dikembangkan oleh David Gordon Green dan Danny McBride. Film pertama, Halloween, dirilis pada 2018 kemarin dan berhasil menggabungkan cerita dari setiap film-film Halloween sebelumnya yang dibuat oleh John Carpenter pada 1978.

Filmnya sendiri bersetting 40 tahun setelah pertarungan Michael Myers melawan Laurie Strode. Tidak lagi menjadi target utama, Michael Myers di film baru tersebut justru mengincar anak dan cucunya. Keluarga Strode kemudian kembali harus berhadapan dengan sosok mengerikan ini dalam film Halloweeen Kills. Dan cerita mereka akan ditutup dalam film Halloween Ends. Sampai saat ini masih belum ada kabar tentang penundaan Halloween Kills. Jika filmnya diundur, maka jadwal perilisan Halloween Ends pun akan tedampak.

Don’t Breathe Again – Musim Gugur 2021

Film Don’t Breathe menjadi film yang cukup sukses di jajaran box office pada 2016 lalu. Banyak kritikus yang memuji penampilan dari para cast dan juga cerita orisinal dari Fede Alvarez. Tidak lama setelah filmnya dirilis, kabar tentang film sekuel yang sedang dikerjakan pun muncul. Rodo Sayagues akan mengambil alih tugas sebagai sutradara film kedua yang berjudul Don’t Breathe Again.

Alvarez akan menjadi wakil penulis dan menjadi produser filmnya, Don’t Breathe Again rencananya akan dirilis pada musim gugur mendatang, tapi ada kemungkinan jika filmnya akan diundur akibat adanya pandemi Corona. Tidak banyak informasi detail yang diketahui, terutama mengenai cast dan plotnya.

Film Lainnya di 2021

Selain judul-judul di atas, di tahun 2021 juga menjadi tahun perilisan bagi beberapa film populer lainnya yang tadinya akan dirilis pada 2020. Contohnya adalah film produksi Guillermo del Toro, Antlers, yang rencananya akan dirilis pada tahun ini kemungkinan akan dirilis pada 2021 mendatang. Kemudian film horror produksi James Wan, Malignant, juga menjadi film lainnya yang akan digeser ke 2021. Rumah produksi Blumhouse juga rencananya akan merilis The Forever Purge pada 2020 mendatang setelah beberapa kali tertunda, tapi kemungkinan filmnya akan kembali digeser ke 2021.