Yamato akhirnya muncul di akhir chapter 983 kemarin saat dia mencoba untuk menyelamatkan Luffy dari serangan Ulti dan Page One. Setelahnya, Yamato langsung membawa kabur Luffy dari tempat tersebut. Tapi ada satu hal menarik ketika Yamato pergi bersama Luffy. Setelah Yamato memperkenalkan diri sebagai anak dari Kaido, dan mengatakan tidak akan menyakiti Luffy, Yamato mengatakan bahwa dirinya sudah menunggu kedatangan Luffy.

Berdasarkan terjemahan dari situs mangaplus, yamato mengatakan bahwa dia sudah sangat lama menantikan kedatangan Luffy. Kemungkinan jangka waktu yang dinantikan oleh Yamato berkisah 20-30 tahun, karena kalau hanya satu tahun atau beberapa tahun saja mungkin Yamato tidak akan sampai mengatakan bahwa dia sudah menunggu sangat lama. Kemudian juga Luffy dan dan kru Topi Jerami belum lama memasuki wilayah New World.

Tidak ada yang tahu bahwa Luffy akan menghadapi Kaido, sampai Doflamingo berhasil dikalahkan. Jadi, artinya, seperti yang disebutkan di atas, bahwa Yamato sudah sejak lama sekali menantikan kedatangan dari Luffy dan kru Topi Jerami. Hal ini tentunya memunculkan sebuah pertanyaan besar, apakah Yamato menemukan catatan harian atau jurnal milik Kozuki Oden yang ditulis 20 tahun yang lalu? Ataukah Yamato pernah membaca atau mendengarnya? Apakah dalam catatan tersebut terdapat informasi tentang D. atau bahkan tentang kembalinya Joy Boy?

Bagaimana bila Yamato mengenali sosok Luffy dari buku catatan tersebut, dan tahu bila Monkey D. Luffy adalah orang yang ditunggu-tunggu oleh Kozuki Oden selama ini? itulah beberapa pertanyaan yang masih belum terjawab sampai saat ini dan membuat banyak fans penasaran. Seperti yang kita tahu, sebelum Oden tewas dia sempat mengatakan kepada Toki bahwa akan ada sebuah ‘kekuatan besar’ yang muncul dan membawa perubahan kepada Wano.

Selain itu, ‘kekuatan besar’ tersebut juga akan menghancurkan Kaido. Oleh karena itulah Toki kemudian mengirimkan beberapa Red Scabbards beserta Momonosuke ke masa depan – tepatnya 20 tahun kemudian – untuk menjadi “pemandu” dan bantuan bagi sosok misterius tersebut, yang kemungkinan besarnya adalah Luffy. Oden dan Roger percaya bahwa akan muncul sosok penerus Joy Boy yang akan menyelesaikan apa yang tertulis di Poneglyph Laugh Tale.

Untuk apa Yamato menanti kemunculan Luffy? Kemungkinan selain untuk membantunya mengalahkan Kaido, Yamato juga meminta bantuan Luffy untuk membawanya keluar dari pulau tersebut. Kaido sendiri menjelaskan bahwa Yamato sering kali berusaha untuk keluar dari Onigashima atau wilayah Wano dan pergi ke wilayah lainnya. Tapi, sayangnya usaha tersebut selalu gagal dan Yamato selalu bisa kembali dibawa pulang.

Hal ini mungkin bisa menjelaskan mengapa ada borgol yang menempel di bagian lengannya, dan bagaimana Yamato berpenampilan seperti Oden. Apakah Yamato terinspirasi dan memiliki koneksi dengan Oden? Hal itu juga yang masih harus kita tunggu kebenarannya. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita Yamato dan Luffy dalam chapter selanjutnya dari One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.