Berapa banyak spinoff Dungeons & Dragons yang ada di pasaran? Tentu jumlahnya sangat banyak. Secara teoritis, setiap permainan roleplaying yang ada di pasar adalah hasil spinoff dari Dungeons & Dragons. Keberhasilan dari Dungeons & Dragons memang telah mengispirasi studio game lain untuk menerbitkan game roleplaying mereka sendiri. Beberapa diantaranya adalah Tunnels & Trolls, RuneQuest, atau Empire of the Petal Throne, dan masih banyak lagi. Setiap tahunnya memang muncul sebuah game roleplaying baru, dan masing-masing membedakan dirinya dengan Dungeons & Dragons yang asli.

Nah artikel kali ini akan berfokus pada spinoff yang dikembangkan atau diproduksi oleh pembuat Dungeons & Dragons yaitu Tactical Studies Rules dan Wizards of the Coasts. Selain itu, artikel ini akan terbatas dalam membahas game atau cerita yang terjadi dalam setting Dungeons & Dragons, tetapi tidak dibangun di atas aturan roleplaying dari berbagai edisi Dungeons & Dragons.

Game Dungeons & Dragons Spinoff

Dari yang rilis di konsol Intellivision hingga ke konsol yang lebih modern, ada banyak sekali video game yang mencoba mennghadirkan kembali petualangan dari Dungeons & Dragons. Beberapa yang cukup populer adalah Baldur’s Gate, dan Neverwinter Nights. Nah tetapi yang menarik nih Geeks, bahwa akhir tahun 2019 lalu, sempat ada kabar yang menyebutkan bahwa 7 sampai 8 video game Dungeons & Dragons terbaru sedang dalam tahap pembuatan, termasuk game Baldur’s Gate 3 yang kabarnya akan segera dirilis.

Papan Permainan Dungeons & DragonĀ 

TSR dan WotC telah menerbitkan beberapa papan permainan Dungeons & Dragons selama bertahun-tahun. Lords of Waterdeep misalnya, adalah sebuah papan permainan yang mengambil latar tempat di kota yang sama dengan Dungeons & Dragons: Forgotten Realms, dengan berfokus pada skema politik dan manuver dari Masked Lords yang memerintah Waterdeep. Ada juga beberapa permainan kartu Dungeons & Dragons yang berfokus pada party conflicts. Di Dungeon Mayhem misalnya, para petualang bertarung satu sama lain dalam battle royale, sementara di Rock, Paper, Wizard, mereka bersaing untuk mendapatkan barang jarahan terlebih dahulu.

Buku Spinoff Dungeons & Dragons

Buku-buku dari Dungeons & Dragons juga menjadi hal yang wajib kalian miliki. Penulis seperti Margaret Weiss dan R.A. Salvatore bahkan telah menciptakan pahlawan ikonik dalam Dungeons & Dragons seperti Raistlin Majere yang merupakan penyihir kuat namun penyakitan, atau Drizzt Do’Urden, seorang ranger Dark Elf yang gagah berani dengan pedang kembarnya. Baru-baru ini Wizards of the Coast juga telah mengungkapkan buku petualangan Dungeons & Dragons berikutnya berjudul Icewind Dale: Rime of the Frostmaiden.

Komik Spinoff Dungeons & Dragons

Dungeons & Dragons juga telah menginspirasi banyak komik spinoff. Bahkan komik-komik tersebut sempat diterbitkan oleh DC seperti komik Dragonlance, Forgotten Realms, dan Spelljammer pada tahun 80an sampai dengan 90an. IDW Publishing juga telah menerbitkan dua komik Dungeons & Dragons utama, di mana mereka bekerja sama dengan Wizards of the Coasts, seperti Legends of Baldur’s Gate dan seri Rick and Morty vs Dungeons & Dragons yang cukup aneh.

Kartun Spinoff Dungeons & Dragons

Siapa pun yang lahir tahun 80an kemungkinan besar akan mengingat kartun Dungeons & Dragons, yang menceritakan beberapa remaja dari dunia nyata tersedot ke dalam dunia fantasi, dan mereka mengambil peran sebagai petualang fantasi ketika mencari jalan pulang. Mereka dibantu oleh seorang penyihir misterius yang disebut Dungeon Master. Pada tahun 2008, Paramount Pictures merilis film animasi adaptasi novel, Dragonlance Dragons of Autumn Twilight, namun sayangnya film itu berakhir kurang baik.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.