Sebagai karakter utama dan karakter pahlawan, bisa dipahami jika Masashi Kishimoto kemudian akan memberikan Uzumaki Naruto berbagai peningkatan yang berbeda dan jauh di atas karakter lainnya. Mulai dari Naruto sampai Shippuden, para fans sudah menyaksikan bagaimana Naruto berkembang melalui masa-masa sulit  dan memperkuat dirinya sendiri sambil juga mencoba untuk meraih simpati, dari orang-orang yang menganggapnya sebagai monster.

Perlahan, Naruto berubah dari seorang monster menjadi sebuah simbol bagi harapan dan juga perdamaian antara manusia dan bijuu atau para monster tailed beast. Naruto memang dikenal sebagai jinchuuriki atau orang yang menjadi wadah bagi para tailed beast dari serigala ekor sembilan, dan dengan berbagai kemampuan yang dia miliki saat ini banyak para fans yang menganggap Naruto bisa berpotensi sebagai jinchuuriki bagi monster ekor 10.

Sebelum dunia shinobi lahir, Hagoromo Otsutsuki merupakan jinchuriki pertama bagi monster ekor 10 setelah dia berhasil mengalahkan sang ibu, Kaguya Otsutsuki, bersama saudaranya yaitu Hamura Otsutsuki. Tapi, Hagoromo kemudian memecah chakra monster ekor 10 ke sembilan bijuu demi menghindari efek negatif dari monster tersebut dan menyebarkannya ke berbagai penjuru. Monster ekor 10 bisa kembali muncul, jika seluruh bijuu berhasil dikumpulkan.

Bertahun-tahun kemudian, Hashirama Senju berhasil menangkap semua bijuu yang ada dan menyebarkannya ke berbagai desa untuk menjaga keseimbangan. Kurama (serigala ekor sembilan), yang ditangkap dari kekalahan Madara berakhir di wilayah Konoha. Kurama kemudian dihadapi oleh Minato dan disegel di dalam tubuhnya dan kemudian kepada sang istri Kushina.

Ketika Kushina melahirkan Naruto, ada sebuah penyusupan yang membuat Kurama akhirnya bisa keluar dari segelnya dan akhirya dia membuat kekacauan besar di desa Konoha. Untuk menghentikannya, Minato kemudian menyegel Yang-Kurama (sebagian chakra Kurama) ke bayi Naruto yang baru lahir, dan bagian Yin-Kurama kepada dirinya sendiri sebelum Minato kemudian tewas.

Sempat mengalami kesulitan, akhirnya bertahun-tahun kemudian Naruto mampu mengendalikan dan menaklukan chakra Kurama, meskipun tanpa adanya bantuan dari chakra ibunya. Dalam perang besar ninja keempat, semua bijuu berhasil ditangkap terkecuali Kurama dan monster ekor delapan. Untuk menangkap dua bijuu tersebut, Tobi akhirnya terpaksa memerintahkan seluruh bijuu yang dia tangkap untuk menyerang Naruto.

Disinilah momen dimana Kurama akhirnya memberikan Naruto izin untuk menggunakan kekuatan penuh miliknya dan bahkan Naruto berubah secara penuh dalam chakra Kurama. Bersama-sama mereka bertarung menghadapi seluruh bijuu dan berhasil membebaskan para monster tersebut dari perintah Tobi. Kemenangan tersebut membuat Naruto akhinya mendapatkan kepercayaan dari para bijuu dan dia pun menerima bagian besar chakra dari masing-masing bijuu.

Naruto kemudian mendapatkan kekuatan tambahan dari Hagoromo. Kekuatan tersebut membuat Naruto bisa melakukan jutsu Truth-Seeking Ball dan juga kemampuan penyembuhan secara cepat. Biasanya, orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut adalah orang yang menjadi wadah atau jinchuuriki dari ekor 10 atau pengguna Tenseigan seperti Toneri Otsutsuki.

Itu artinya, Naruto bisa saja memanipulasi dan menggunakan chakra dari seluruh bijuu yang ada dalam dirinya. Dengan adanya porsi chakra dari seluruh bijuu di dalam tubuhnya, sebenarnya secara tidak langsung Naruto merupakan jinchuuriki dari monster ekor 10. Bedanya Naruto tidak memiliki doujutsu seperti Rinnegan. Bahkan, seluruh bijuu bisa melakukan pertemuan di dalam tubuh Naruto.

Saat perang besar ninja keempat, Obito bisa membangkitkan monster ekor 10 meskipun hanya dengan tujuh monster yang berhasil dia kumpulkan beserta potongan chakra dari monster ekor delapan dan sembilan. Hasilnya memang Obito berhasil membangkitkan monster ekor 10, hanya saja form yang berhasil dibangkitkan Obito tidaklah sempurna. Meskipun begitu, tetap saja monster ekor 10 tersebut bisa sangat merepotkan.

Berdasarkan penjelasan teori di atas, Naruto bisa saja menjadi jinchuuriki lainnya dari monster ekor 10 yang tidak sempurna. Dan pada momen perang besar ninja keempat, kita sudah diperlihatkan seberapa dahsyatnya kekuatan monster tersebut dan tentu ini bisa menjadi senjata andalan untuk menghadapi Otsutsuki lainnya, misalnya Isshiki Otsutsuki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.