Beberapa karakter di Marvel Universe pernah menjadi salah satu rekan dari Spider-man. Salah satunya adalah Spider-Woman, sejak pertama kali diperkenalkan di Marvel comics. Mulai Valerie hingga Jessia Drew pernah menggunakan titel Spider-Woman. Berikut adalah para karakter yang pernah menggunakan titel Spider-Woman di universe utama Marvel, Earth-616, dan kapan mereka mendapatkan titel tersebut.

Valerie the Librarian

Valerie merupakan Spider-Woman pertama yang muncul di Marvel Comics. Karakter Valerie the Librarian sendiri pertama kali muncul dalam sebuah program televisi edukasi The Electric Company. Sebenarnya, Valerie tidak memiliki kekuatan super tapi berkat kostum Spider-Man yang dia kenakan, Valerie bisa menempel di tembok dan menembakan jaring. Valerie juga muncul dalam “Spidey Super Strories,” sebuah cerita Spider-Man untuk pendidikan yang membantu para anak-anak untuk membaca.

Jessica Drew

Jessica Drew merupakan karakter yang paling lekat dengan titel Spider-Woman. Pertama kali muncul dalam komik Marvel Spotlight #32, Drew diberikan kekuatan dan dicuci otak oleh HYDRA. Karena itulah pada awalnya Drew merupakan salah satu senjata andalan Hydra, namun kemudian dia berubah menjadi orang yang menghancurkan organisasi tersebut setelah konfrontasinya dengan SHIELD yang menunjukan kepada Drew betapa hancurnya organisasi HYDRA.

Dengan menjadi Spider-Woman, Jessica Drew menjadi sosok penyelamat bagi semua orang dan menjadi seorang pahlawan dengan ikut memecahkan berbagai kasus. Jessica Drew juga sudah sering muncul di berbagai cerita Marvel lainnya, seperti membantu Carol Danvers menghadapi ancaman luar angkasa atau ikut dalam konflik di Spider-Verse saat melawan the Inheritors.

Julia Carpenter

Julia Carpenter pertama kali muncul sebagai Spider-Woman dalam peristiwa Secret Wars dan menjadi salah satu wanita yang paling ikonik yang pernah mengenakan kostum Spider-Woman. Sama seperti Drew, Julia Carpenter juga awalnya merupakan senjata bagi sebuah organisasi bernama The Comission. Namun, Julia kemudian berubah menjadi seorang superhero.

Dia pernah menjalankan misi untuk menangkap X-Men dan superhero lainnya, sebelum kemudian dia bekerja sendiri, dan kemudian bergabung dengan East dan West Coast Avengers. Sekarang Julia Carpenter bukan lagi Spider-Woman melainkan Madame Web. Dia adalah seorang ibu, yang terpisah dari anaknya saat peristiwa Civil War. Dia kemudian menjadi buta dan mengembangkan kemampuan psychic dan menggunakan nama Madame Web. Kostum Julia Carpenter menjadi pengaruh bagi desain kostum symbiote Peter Parker.

Mattie Franklin

Pertama kali muncul dalam komik Spectacular Spider-Man #262, Mattie Franklin merupakan seorang gadis yang diberikan kekuatan saat ritual The Gathering of Five, yang dibuat oleh Norman Osborn. Ritual tersebut memberikan dua kemungkinan yaitu efek baik dan buruk. Beruntung Mattie mendapatkan kekuatan super dari ritual tersebut, sedangkan Norman harus mendapatkan kutukan.

Mattie memiliki kemampuan telekinesis, kelincahan, dan hal lainnya yang mirip dengan kemampuan Spider-Man. Mattie sangat mengagumi sosok Peter Parker dan menganggapnya sebagai sosok pahlawan bagi hidupnya. Oleh karena itulah, ketika Peter memutuskan pensiun, Mattie yang kemudian mengajukan diri sebagai Spider-Woman. Sayangnya, Mattie merupakan Spider-Woman yang paling tragis setelah dia ditangkap oleh keluarga Kraven the Hunter dan dibunuh dalam sebuah ritual.

Charlotte Witter

Tidak semua Spider-Woman bekerja untuk keadilan atau kebaikan. Beberapa diantaranya merupakan seorang penjahat, seperti Charlotte Witter. Witter merupakan cucu dari Madame Web yang asli dan seorang desainer fashion yang memiliki keinginan untuk menjadi lebih kuat dibandingkan yang lain. Hasrat itulah yang kemudian membawa Witter pergi menemui Doctor Octopus dan membantunya mewujudkan mimpinya untuk menjadi monster hybrid manusia/laba-laba.

Dia juga memiliki kemampuan untuk bisa menyerap kekuatan orang lain. Ketika Witter berusaha untuk mengalahkan Spider-Man, Witter pernah menyerap kemampuan seluruh Spider-Woman, sebelum kemudian berhasil dihentikan oleh Mattie Franklin yang menyerap ulang seluruh kekuatan yang diambil oleh Witter. Hal tersebut membuat Witter tidak sadarkan diri dan harus dirawat secara intensif.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2