Robert Pattinson resmi dipilih Warner Bros. untuk menggantikan Ben Affleck sebagai pemeran Batman dalam film produksi Matt Reeves, The Batman. Film tersebut dikabarkan akan menjadi film Batman yang lebih banyak memperlihatkan sisi detektif seorang Batman. Selain itu, filmnya juga dikabarkan akan menghadapi banyak villain klasik seperti Batwoman, Penguin, dan beberapa nama lainnya.

Apakah Joker juga ada di filmnya? sejauh ini nama Joker tidak masuk dalam daftar karakter yang muncul di film pertama The Batman, tapi bisa saja WB mempersiapkan Joker untuk film sekuelnya. Dan dengan ketidak jelasan status dari Jared Leto sebagai Joker di DCEU memunculkan kemungkinan bahwa WB akan melakukan proses pencarian ulang untuk aktor yang akan berperan sebagai Joker. Dan berikut adalah beberapa nama yang bisa menjadi pilihan tepat.

Lakeith Stanfield

Lakeith Stanfield merupakan seorang aktor muda yang sangat vokal menyatakan keinginannya untuk berperan sebagai musuh utama Batman ini. Karir Stanfield di bidang akting juga terus meroket sejak beberapa tahun belakangan. Diawali dengan berperan sebagai Darius dalam series Atlanta, Stanfield juga pernah berperan sebagai L dalam film adaptasi produksi Netflix, Death Note.

Stanfield sudah lama mengumumkan ketertarikannya untuk berperan sebagai Joker, bahkan untuk menunjukan keseriusannya dia muncul dengan mengenakan cat di wajahnya yang mirip dengan Joker pada saat penayangan film Joker karya Todd Philiips. Para seniman digital kemudian mencoba untuk memberikan gambaran bagaimana jadinya jika Stanfield menjadi Joker, dan dengan karirnya yang penuhi dengan peran dari karakter unik dan eksentrik, Stanfield bisa jadi salah satu pilihan untuk berperan sebagai Joker di film The Batman.

Caleb Landry Jones

Landry sudah sejak lama membangun karirnya dengan memainkan berbagai karakter yang tidak biasa, dan diusianya yang ke 30 saat ini Landry bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berperan sebagai Joker di film The Batman. Perannya di film The Last Exorcism dan God’s Pocket cukup untuk menjadi pertimbangan Reeves, selain Landry juga sudah mengalami perkembangan teknik beraktingnya selama beberapa tahun belakangan.

Selain di film Get Out, Landry pernah muncul di film blockbuster seperti X-Men: First Class dimana dia perperan sebagai Banshee. Ini juga bisa menjadi tambahan pertimbangan, dimana dia pernah berperan di film superhero. Jika Landry terpilih untuk menjadi Joker, mungkin dia bisa menciptakan Joker vesinya sendiri setelah Jack Nicholson sebagai Joker mafia, Heath Ledger sebagai Joker kekacauan, dan Joker gangster seperti yang diperlihatkan oleh Jared Leto.

Willem Dafoe

Diantara  semua nama yang muncul dalam daftar ini, Willem Dafoe merupakan nama yang sudah sejak lama diinginkan para fans untuk berperan sebagai Joker. Bahkan, sebelum Warner Bros memilih Joaquin Phoenix sebagai Joker, para fans sudah banyak yang memberikan gambaran tentang bagaimana bila Willem Dafoe berperan dan berpenampilan seperti Joker.

Perannya sebagai Norman Osborn bisa menjadi gambaran kecil bagaimana Dafoe berperan sebagai Joker, dengan semua kegilaan yang ada dalam dirinya. Willem Dafoe dan Robert Pattinson sendiri pernah berkolaborasi sebelumnya dalam film The Lighthouse, yang artinya keduanya tidak perlu waktu yang banyak untuk saling mengenal dan beradaptasi satu sama lainnya.

Walton Goggins

Buat Geeks penggemar film Marvel, pasti wajah dari Walton Goggins sudah tidak asing lagi karena sebelumnya Goggins berperan sebagai Sony Burch dalam film Ant-Man and the Wasp. Penampilan dari Goggins di film tersebut mendapatkan tanggapan positif dari sang sutradara, Peyton Reed. Bahkan, Reed juga berharap jika Goggins bisa kembali muncul di film sekuel Ant-Man lainnya.

Goggins mungkin akan menjadi kuda hitam dibandingkan dengan nama-nama lainnya, tapi akan menjadi sebuah hal yang menarik jika Goggins kemudian terpilih menjadi Joker di film The Batman. Goggins akan bergabung dengan beberapa nama lainnya seperti Christian Bale atau Michael Keaton yang pernah berperan di film produksi DC Film dan Marvel Studios, jika terpilih untuk berperan sebagai Joker.

Aubrey Plaza

Selama tiga puluh tahun Joker muncul di layar lebar, karakter Joker sudah diperankan oleh empat orang yang berbeda dan semuanya adalah lelaki. Bagaimana jika kemudian Joker diperankan oleh karakter wanita? Mungkin hal itu akan menjadi sebuah gebrakan yang akan mengguncang para pecinta film superhero dan juga para fans buku komik. Dan nama yang pas untuk pemeran Joker wanita adalah Aubrey Plaza.

Salah satu karakter yang hampir mirip dengan Joker yang pernah diperankan Aubrey dalam beberapa tahun belakangan adalah Lenny, dalam series Legion. Series tersebut berkisah tentang anak dari Professor X yang secara mental tidak stabil, yaitu David Haller. Dalam perannya di series tersebut, Aubrey bermain sebagai sosok suara yang selalu menghantui kepala David. Aubrey sendiri pernah menyatakan ketertarikannya untuk bergabung di DCEU, dimana dia berminat untuk berperan sebagai Catwoman yang sekarang posisinya sudah diisi oleh Zoe Kravitz.

Nicholas Hoult

Nama Nicholas Hoult sempat mencuat saat proyek film The Batman baru dimulai, dimana selain Robert Pattinson aktor lainnya yang juga ikut proses casting sebagai Bruce Wayne adalah Nicholas Hoult. Hoult bahkan sudah sampai pada tahap screen-testing atau tes kostum dan muncul di layar. Sayangnya, Hoult tidak lolos dalam casting WB dan pilihan jatuh ke tangan Robert Pattinson.

Tapi, meskipun gagal untuk menjadi Bruce Wayne peran lainnya yang bisa dimainkan oleh Nicholas Hoult di film tersebut adalah sebagai Joker. Hoult memiliki pengalaman untuk tampil di film superhero sebagai Hank McCoy dalam franchise X-Men. Menjadi Joker adalah sebuah tantangan besar bagi setiap aktor yang memainkannya dan karakter ini juga bisa menjadi tangga kesuksesan bagi Hoult untuk terus berkarya di dunia akting dan industri film.